Cara Convert Video Menjadi Full HD Tanpa Aplikasi Android

Advertisement-Scroll to Continue

Ada yang menganggap bahwa cara convert video menjadi full HD tanpa aplikasi itu praktis. Tidak perlu aplikasi android untuk edit video, tetap bisa mengedit sampai kualitas jadi High Definition.

Mereka yang hobi edit-edit video untuk akun media sosialnya. Atau para Youtuber pasti sudah paham banget bagaimana langkah-langkah membuat video agar bisa HD.

cara convert video menjadi full HD tanpa aplikasi

Walau yang paling praktis pakai aplikasi android, ternyata ada cari lain yang juga gampang untuk para pemula. Dengan keahlian mengedit sendiri, tentu ini akan sangat berguna karena tidak perlu lagi pakai jasa editing video.

Memahami Kualitas Video HD, Spesifikasi dan Cirinya

Video HD menjadi format video yang paling banyak peminatnya. Terutama untuk tontonan YouTube, membuatnya jadi lebih bagus. Walaupun kuota internetnya pun saat streaming akan jauh lebih banyak.

Sebuah video yang berkualitas tinggi ini tidak akan mengecewakan kalau Anda mendownload filenya karena sudah pasti bersih hasilnya. Kualitas grafiknya benar-benar mulus, tanpa blur sedikit pun.

Selain itu ada beberapa poin keunggulan lain dari video High Definition, antara lain:

1. Berbeda dari Format SD

Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa itu HD? Video HD memiliki spesifikasi dan ciri yang membuatnya berbeda dari format video SD atau lainnya.

Dengan resolusi tinggi high definition ini, sebuah video akan tampak jernih, jelas, tidak pecah, dengan suara yang lancar.

2. Gambarnya Tidak Burik

Terkadang memang bagi pemula untuk memproduksi sendiri video HD itu seperti tidak mungkin. Apalagi kalau tidak ada dukungan perangkat yang mumpuni.

Sebuah gambar tidak hanya akan goyang atau pecah, orang-orang bahkan bercanda bahwa videonya tampil sangat “burik”. Itulah yang bisa terjadi pada video kualitas rendah.

convert video HD MP4

Istilah burik itu menandai suatu kondisi yang jelek, kusam dan seperti tidak terawat. Begitulah video bukan HD akan membuat siapapun melihatnya terkesan burikan. Tidak ada usaha untuk memfilter atau mengeditnya sedemikian rupa supaya tampak “smooth” dan “clean”.

3. Resolusi Video HD

Sebuah video HD memiliki resolusi setidaknya 720p (1280×720) atau 1080p (1920×1080). Ciri khas dari video HD yaitu memiliki citra gambar sangat bagus, tidak pecah, goyang, semutan atau tersendat dan terpotong.

Resolusi tinggi pada video memang akan membuat file jadi berukuran lebih besar. Bahkan jika durasi video panjang, sebuah video HD bisa memakai kapasitas memory sampai ratusan MB hingga 1 GB sendiri.

3. Easy Listening

Sebuah video HD juga memiliki kualitas audio yang bagus sehingga enak terdengar. Bandingkan saja dengan kualitas video resolusi rendah, tidak hanya gambar jelek, suaranya pun seringkali tidak selaras, terlalu lirih atau justru sangat besar volumenya.

Dengan begitu, konversi video ke format HD tidak hanya memberikan hasil maksimal pada gambar. Namun juga suara yang tetap dalam kualitas terbaiknya. Ini sangat cocok untuk tipe video yang menggunakan efek suara yang tidak terlalu banyak atau masih banyak pakai suara asli.

Kiranya itu tiga poin keunggulan lainnya yang sangat terasa saat menonton maupun mengunduh video HD. Asalkan Anda mengunduhnya secara langsung via browser, niscaya file akan tetap bagus.

website convert video HD

Namun terkadang saat mengunduh via aplikasi atau pihak ketiga, bisa jadi videonya akan terformat bukan HD lagi karena ada penurunan kualitas resolusi.

Selain itu, Anda juga bisa mengompres video HD agar lebih kecil, walau ini sama seperti memangkas lagi resolusinya sehingga tetap nantinya hasil menjadi buram.

Baca Juga: Stabilisasi Video Otomatis vs Manual: Mana yang Tepat untuk Anda?

Cara Convert Video Menjadi Full HD Tanpa Aplikasi Ponsel

Mari memberi batasan bahwa convert video menjadi kualitas HD, jika tanpa aplikasi, maka maksudnya tidak gunakan aplikasi android yang bisa Anda unduh melalui proses ponsel.

konversi video HD

Dengan begitu proses mengunduhnya akan melalui website atau software yang terinstal ke komputer. Tapi untuk hasil terbaik memang sebaiknya menggunakan cara-cara instal tanpa aplikasi begini.

Ukuran file yang besar membutuhkan penanganan khusus melalui perangkat yang juga mendukung bagi penyempurnaan file HD sendiri. Apalagi bila Anda ingin mengedit video tersebut dengan efek-efek suara maupun penambahan tulisan.

Sisipan audio, gambar maupun penggabungan video-video pendek menjadi panjang. Agar hasilnya maksimal, sudah tentu butuh cara convert video menjadi full HD tanpa aplikasi yang sudah terbukti handal.

Berikut adalah beberapa cara yang lazim dan populer digunakan oleh banyak orang. Hasil dari proses konversi mungkin berbeda-beda, tergantung pada input videonya sendiri yang tadinya bagaimana kondisinya.

cara bikin video HD

1. Adobe Premiere Pro

Bagi Anda yang sudah lama terjun dalam dunia editing, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Adobe Premiere Pro. Software keren ini bisa merender video hingga sampai kualitas HD.

Untuk menghasilkan video ringan yang kecil ukurannya dan tidak memberatkan proses rendering maupun upload dan downloadnya nanti. Maka saatnya untuk memilih format MP4 saja. Jadi nantinya video yang Anda konversi berekstensi .mp4.

2. Hdconvert.com

Sebuah website converter video menjadi HD yang sangat lengkap. Mereka bisa konversi dalam beragam format, seperti: MP4, AVI, MOV, etc. Jika Anda menginginkan file menjadi 8K Ultra HD, web keren ini juga sanggup.

Keunggulan dari HDconvert yaitu tidak perlu instal aplikasi atau software apapun. Jadi semua proses cukup Anda lakukan via website saja.

3. Freeconvert.com

Sebuah situs website yang dapat menjadi alternatif cara convert video menjadi full HD tanpa aplikasi. Anda dapat mengakses situs ini melalui beragam OS komputer. Mereka support terhadap Windows, Linux, Max dan tentunya ponsel android juga bisa.

Anda dapat meng-upload file video mentahan hingga maksimal 1 GB. File dapat Anda ambil dari penyimpanan PC, Dropbox, Google Drive maupun URL yang Anda miliki.

4. AnyMP4.com

Sangat canggih website ini karena Anda dapat mengambil file konversi beresolusi tinggi. Mulai dari 8K, 5K, 4K UHD Video. Selain itu terdapat fitur blueray player mulai dari Windows hingga Mac version.

Fitur DVD Ripper juga memungkinkan mengubah file kepingan DVD yang Anda miliki agar menjadi HD 1080p. Dengan ekstensi yang populer, seperti MP4, AVI, FLV, MWV, MOV, MKV, M4V dan lain sebagainya.

Baca Juga: Bisakah Login Snack Video Tanpa Aplikasi? Simak Penjelasannya

5. Convertio.co

Cara convert video menjadi full HD tanpa aplikasi lainnya yaitu dengan menggunakan website Convertio ini. Anda dapat mengambil file yang telah Anda siapkan dalam Google Drive maupun Dropbox.

Situs ini mengklaim telah mengonversikan lebih dari 25k video dalam 300-an format berbeda. Wah, sepertinya memang dapat kita andalkan.

6. Cloudconvert.com

Sebuah online file converter yang dapat membantu kompresi file video pula hingga menjadi HD Quality. Website ini support terhadap 200 jenis file berbeda-beda format. Bentuk filenya juga macam-macam, mulai dari video, audio, dokumen, gambar dan bahkan spreadsheet dan format presentasi juga ada.

Memiliki sertifikat ISO 27001, Cloudconverter mengupayakan data security yang mumpuni. Selain itu juga ada dukungan API yang powerfull yang secara khusus mampu bersifat integratif dengan aplikasi yang Anda miliki.

Beberapa website converter tersebut dapat menjadi cara convert video menjadi full HD tanpa aplikasi. Namun jika Anda memiliki software PC Adobe Premiere Pro jauh lebih bagus karena sudah banyak testimoni.

Advertisement
M Zam

Leave a Comment