Beranda Bisnis Cara Cek Resi J&T Express Akurat dan Cepat Dengan Post Track

Cara Cek Resi J&T Express Akurat dan Cepat Dengan Post Track

cek resi j&t dengan posttrack

Bagaimana cara cek resi J&T dan J&T Express? Pertanyaan ini akan muncul setiap kali kita berbelanja online dan memilih J&T sebagai jasa pengiriman barang.

Kita dapat mengetahui status pengiriman barang dengan menggunakan situs-situs tertentu, salah satunya adalah Posttrack.com. Misalnya kita membeli/ menjual barang secara online di toko online luar negeri, maka untuk mengetahui progres pengirimannya kita dapat menggunakan situs Posttrack.com.

Post Track adalah sistem pelacakan paket universal termasuk serangkaian fitur dan layanan gratis: pelacakan paket, manajer paket, dan pemberitahuan status paket saat dikirim ke penerima.

dan dapat membantu melacak pengiriman dari toko online dari luar negeri seperti; Aliexpress, Wish, GearBest, eBay, ASOS, Lazada, DHGate, dan lainnya.

Cara Cek Resi J&T dan J&T Express

Post Track memiliki cara mudah untuk melakukan tracking pengiriman dari berbagai jasa pengiriman di Indonesia, dan dapat membantu melacak pengiriman dari toko online di luar negeri seperti; Aliexpress, Wish, GearBest, eBay, ASOS, Lazada, DHGate, dan lainnya.

Berikut ini cara cek resi J&T dan J&T Express melalui Post Track;

1. Buka Website PostTrack

Langkah pertama adalah membuka situs Posttrack.com agar dapat melakukan pelacakan nomor resi. Posttrack memiliki layanan cek resi universal parcel, sehingga Kamu bisa melacak proses pengiriman dari berbagai jasa pengiriman.

Sebagai catatan, hampir semua jasa pengiriman dapat dilacak dengan Post Track ini, baik dari luar negeri atau dalam negeri.

2. Masukkan Tracking Number Pada Kotak yang Disediakan

Saat membuka situsnya, kita akan melihat halaman antar muka yang sederhana seperti gambar di atas. Setelah itu pengguna hanya perlu memasukkan tracking number atau resi.

Masukkan nomor resi sesuai dengan yang ada pada kertas tanda bukti dari jasa pengiriman atau bisa melihatnya melalui aplikasi market place tempat Kamu berbelanja produk tersebut.

3. Pastikan Nomor Resi yang Dimasukkan Sudah Benar

Pastikan telah memasukkan setiap digit nomor resi dengan benar dan berurutan. Pasalnya, satu angka saja ada nomor yang salah, maka proses pelacakan yang Kamu lakukan akan gagal.

4. Klik Tombol Track

Ini adalah langkah terakhir cara cek resi J&T Express. Setelah memastikan tracking number atau nomor resi sudah benar, selanjutnya Kamu klik tombol track yang ada tepat di sebelah kanan kotak tempat penulisan nomor resi.

5. Perhatikan Hasil Tracking Number di Bawah Kotak Pencarian

Tidak berbeda dengan mengecek nomor resi dari situs lainnya, hasil tracking number Posttrack.com berada tepat di bawah kolom penulisan nomor resi.

6. Untuk Mengulang Cek Resi Lain, Hapus dan Masukkan Resi yang Baru

Untuk mengulang proses tracking, Kamu hanya perlu menghapus nomor resi sebelumnya dan menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang

Status Pelacakan J&T dan J&T Express

Saat melakukan cek resi J&T atau J&T Express, kita perlu mengetahui beberapa istilah yang digunakan oleh J&T. Berikut ini adalah beberapa istilah tersebut:

NoStatusDeskripsi
1GATEWAYIstilah ini menunjukkan kode lokasi, dengan format (KODEKOTA_GATEWAY). Contohnya, SUB_GATEWAY yang berarti paket sedang berada di Surabaya sebagai gudang J&T Express. Paket kiriman di gudang ini akan disortir sebelum diteruskan. J&T menggunakan daftar kode bandara di Indonesia sebagai referensi Gateway atau gudang proses sortir mereka.
2SPRINTER / SPRINTER SEDANG MENGIRIMPada sistem J&T, Sprinter artinya kurir. Ini artinya paket telah tiba di Drop Point J&T daerah tujuan dan sedang dalam proses pengiriman oleh kurir. Nama kurir akan disebutkan dalam hasil cek resi.
3BERMASALAHMenunjukkan status ada masalah dalam pengiriman. Beberapa masalah yang mungkin terjadi adalah alamat yang tertera salah, atau kurir belum menemukan alamat tujuan.
4SIMPANIstilah ini menunjukkan bahwa paket Kamu tidak memungkinkan untuk diantarkan saat itu juga, biasanya karena kendala waktu dan jarak, sehingga harus disimpan dulu di cabang (Drop Point).
5SCANInformasi yang menjelaskan bahwa paket telah diproses dan diperbarui statusnya.
6SEDANG MENJALANKAN SIMPAN SCANInformasi ini menunjukkan bahwa paket telah tiba di Drop Point J&T namun belum dapat langsung diproses karena di luar jam kerja atau kurir sedang overload antaran sehingga paket disimpan sementara dan baru akan diproses keesokan harinya.
7SEDANG MENJALANKAN BERMASALAH SCANPaket telah tiba di Drop Point J&T, tetapi belum dapat diproses karena adanya masalah internal maupun eksternal. Biasanya masalahnya adalah sistem error, alamat tidak jelas, paket berisi barang yang dilarang oleh hukum, paket tercecer di gudang atau paket salah drop dalam proses sorting, dll.
8SUDAH DITERIMAPaket sudah sampai di tujuan dan diserahkan kepada penerima
9INVALID AIRWAY BILLInformasi ini akan muncul ketika kita memasukkan nomor resi yang salah, atau server tracking J&T Express sedang mengalami gangguan (down). Jika server sedang down, kode resi tidak akan berhasil dilacak baik lewat website desktop, browser smartphone, maupun aplikasi pihak ketiga.

Demikianlah penjelasan ringkas cara cek resi J&T dan J&T Express secara akurat dan cepat dengan menggunakan Posttrack. Situs tersebut bisa menjadi salah satu opsi untuk melacak proses pengiriman barang, baik domestik maupun dari luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here