BRANDING: Salah Satu Kunci Sukses Bisnis Kamu Lho!

Kamu punya usaha, dan pastinya banyak pesaingnya kan? Lalu bagaimana supaya usaha kamu bisa stand out dibandingkan dengan kompetitor kamu? Jawabannya adalah dengan melakukan branding!

Sayangnya, masih banyak orang yang bingung mengenai apa sih branding itu. Yuk kita kupas satu per satu tentang branding ini.

BRANDING: Salah Satu Kunci Sukses Bisnis

Branding Itu Apa sih?

Sebelum masuk pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan branding, kamu harus mengetahui tentang “Brand”.

Loh, Brand dan Branding memangnya beda ya? IYA. Mereka adalah 2 hal yang berbeda tapi tidak akan bisa terpisahkan. Supaya lebih mudah, mari kita illustrasikan dengan produk air mineral yang ada disekeliling kita.



Begitu banyak pilihan merek air mineral yang dijual di pasaran, sama-sama berupa cairan dan bening warnya. Namun kenapa kita bisa lebih memilih satu merek tertentu dari sekian merek yang ada? Coba kita bandingkan antara Aqua, Le mineral, Pristine. Kebanyakan orang menilai:

  • Aqua – sudah percaya karena produk lama dan aman untuk dikonsumsi
  • Le mineral – ada rasa manisnya sedikit
  • Pristine – bagus untuk meningkatkan kesehatan karena ada alkali

Penilaian inilah yang menjadi brand suatu merek produk/ jasa di masyarakat. Bisa disimpulkan bahwa brand adalah penilaian seseorang atas suatu produk atau perusahaan dan setiap orang punya versinya masing-masing. Hasilnya bisa positif dan negatif, tergantung dari bagaimana produk/jasa tersebut membangun brand mereka sendiri.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana orang-orang bisa sampai menilai suatu produk/perusahaan? Semua bisa terjadi karena adanya proses branding.

“Branding is endowing products and services with the power of brand” (Kotler & Keller, 2015) 

Gampangnya, branding adalah proses serta strategi pemberian value kepada perusahaan, produk, ataupun jasa dengan membentuk sebuah brand dalam benak pelanggan. Diharapkan dengan melakukan branding ini, para klien/pelanggan bisa tertarik kemudian bisa loyal pada suatu produk/jasa tertentu.

Baca juga: Branding Adalah

Siapa yang Akan Terkena Dampak dari Branding?

Yang akan paling terkena dampaknya adalah mereka yang sudah atau akan menjadi pelanggan, karyawan, investor, atau pihak ke-tiga manapun yang bersangkutan dengan jenis bisnis yang sedang dijalani.

Orang-orang cenderung memliih dan loyal pada suatu produk, jasa, atau perusahaan yang bisa menjawab kebutuhan mereka baik dari segi fungsional maupun dari segi kenyamanan/kepercayaan yang diberikan produk/jasa itu sendiri.

Kapan Kamu Harus Melakukan Branding?

Ketika kamu memulai sebuah bisnis, sudah pasti kamu harus melakukan branding untuk bisnis terserbut, Namun, sebelum itu, kamu harus membangun personal branding untuk diri kamu sendiri.

Bentuk dirimu sebagai sebuah brand yang dikenal positif oleh orang-orang disekeliling kamu. Ini akan memudahkan kamu untuk bisa bersosialisasi dan berbisnis dengan orang lain.

Mengapa Harus Melakukan Branding?

Sebenarnya jawaban untuk pertanyaan yang satu ini sudah dibahas sebelumnya. Dengan melakukan branding, bisnis kamu akan mempunyai nilai tersendiri alias menonjol dibandingkan kompetitor lainnya.

Tapi satu hal yang harus diingat, brand yang terbangun di masyarakat bisa positif dan negatif. Jadi kamu harus pintar dan berhati-hati ketika melakukan branding.

Baca juga: Pengertian Marketing

Bagaimana Cara Melakukan Branding?

Ada berbagai cara yang bisa kamu coba untuk membangun brand dalam bisnis kamu. Kamu bisa dari sisi:

  • iklan dan komunikasi
  • produk dan desain kemasan
  • in-store experience 
  • harga
  • sponsor dan partnership
  • identitas visual (contoh: logo, website, warna, dll)
  • dan masih banyak lagi

Melakukan brandig pada sebuah bisnis memang gampang-gampang susah. Semua bisa kamu explore sesuai dengan bisnis dan target market yang ingin kamu raih. Biar tidak salah langkah, kamu bisa buat survey sebelum melakukan branding. Hasil survey ini bisa jadi referensi kamu brand seperti apa yang ingin dibangun dan strategi branding seperti apa yang efektif untuk menjalankan bisnismu.

Artikel ini dikirim oleh Momentum Creative, branding consultant




19 total comments on this postSubmit yours
  1. Kalau dilihat dari cara-cara melakukan branding diatas, kayaknya budget sangat berpengaruh ke hasil branding nya nanti ya gan

  2. Pendekatan lewat sponsorship & endorse sepertinya yg bisa dicoba untuk pemula mas, tapi ya harus pinter-pinter itungan juga.

  3. Sayangnya ini tidak mudah untuk diimplementasikan…..
    Kecuali modalnya raksasa hahaha

  4. Ooooooooooooooooouhhhh
    Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin banyak cara branding yg bisa digunakan. biasanya yg paling inten dan kreatif yg berkuasa, Tetap semangat

  5. Branding memang memegang peranan yang sangat penting. Tergantung budget sih, semakin besar semakin baik biar brand meroket:)

  6. Branding nya cukup susah pak krna harus nyari2 pembeda

  7. Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin banyak cara branding yg bisa digunakan. biasanya yg paling inten dan kreatif yg berkuasa, Tetap semangat

  8. Brending merupakan strategy untuk menunjang kesukaan suatu bisnis namun terkadang pebisnis pemula bingung untuk memulainya. Thanks informasinya salam sukses

  9. Melakukan branding itu tidak sulit, yang membuatnya sulit adalah rasa MALAS

  10. Suatu pemahaman yang dalam.. thanks artikelnya mas..

  11. Bikin Postingan Tentang Branding Website / Blog dong Bang

  12. Wah kudu pelajari branding dulu, kyaknya susah ya kalau masih pemula.

  13. Branding selain membutuhkan biaya juga butuh proses yang panjang dan ulet kayaknya mas

  14. Memang branding menurut saya juga sangat penting mas

  15. Terimakasih, Menurut Saya, Secara Umum Branding Hampir Mirip Dengan Iklan ,Di Butuhkan Strategi Khusus Sesuai Dengan Type Bisnis Yang Di Luncurkan.

  16. Branding memang memegang peranan yang sangat penting. Tergantung budget sih, semakin besar semakin baik biar brand meroket,

  17. Klo kita ga mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, maka kita ketinggalan banyak dengan kompetitor kita. Maka perlu branding untuk itu.
    Salut Sob, terimakasih pencerahannya.

  18. Biasanya berapa lama waktu yang efektif untuk membuat sebuah branding gan?

  19. Branding cukup susah Mas kalau kurang berpengalaman

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud