4 Cara Meningkatkan Personal Branding Secara Online Bagi Pemilik Nama Pasaran

Cara-Meningkatkan-Personal-Branding

Bagi seorang professional, sebuah nama memang sangat penting untuk meningkatkan personal branding. Namun apa jadinya jika nama yang kita miliki merupakan nama yang sudah banyak dimiliki orang atau nama pasaran?

Bagi pebisnis, sebuah personal branding jelas merupakan hal penting untuk meningkatkan nilai di mata klien, mitra bisnis, dan para pelanggannya. Namun dengan nama yang terlalu umum, pebisnis atau para professional ini terkadang terhambat untuk bisa menjadikan namanya mencapai personal #branding yang kuat. Haruskah kita ganti nama? Saya rasa kita tidak perlu melakukan ini.

Lantas, bagaimana caranya agar keberadaan dan jati diri (personal branding) kita yang memiliki nama pasaran menjadi kuat dan dapat terbaca mesin pencari dalam satu kali pencarian? Berikut adalah beberapa teknik yang bisa Anda jalankan:

1. Cari Tahu Spesialisasi Anda Dan Bagikan

Langkah pertama untuk meningkatkan personal branding bagi Anda yang memiliki nama umum atau pasaran adalah dengan mencari tahu spesialisasi keahlian yang Anda miliki. Manusia memang diciptakan dengan keahliannya masing-masing. Anda bisa menelusuri spesialisasi keahlian Anda ini dengan cara menanyakan secara khusus pada secara pribadi atau dengan mengumpulkan portofolio pengalaman professionalisme Anda sejauh ini.

Setelah mengetahui spesialisasi Anda, maka waktunya Anda untuk membagikannya di berbagai media online yang ada, dari blog, website, #media sosial atau instant messaging. Dengan mengetahui spesialisasi keahlian Anda sendiri, kita dapat menjadikannya sebuah amunisi untuk membuat nama umum kita meningkat dan bernilai kuat di dunia online.

Artikel lain: 7 Tanda Anda Berbakat dan Berpotensi Jadi Pengusaha Sukses




2. Bangun Identitas Anda Di Linkedin

Cara berikutnya untuk membangun branding pada nama umum di pasaran adalah membangun identitas diri di media sosial LinkedIn. LinkedIn kini memang telah menjadi jejaring sosial yang populer dengan konsep professionalisme-nya. Bagaimana tidak, sekarang jutaan para professional telah menjadi pengguna media sosial yang didirikan oleh Reid Hoffman ini.

Dengan LinkedIn, Anda dapat mempromosikan diri serta membagikan informasi mengenai keahlian yang Anda miliki kepada orang lain di seluruh dunia. Lengkapi identitas diri Anda dengan data yang akurat dan sedetail-detailnya, mulai dari bidang keahlian, pengalaman, hingga portofolio di media sosial LinkedIn tersebut.

Setelah semua data Anda lengkapi, LinkedIn akan membawa Anda pada branding secara otomatis melekat pada diri Anda meski nama Anda merupakan nama yang umum di pasaran.

3. Bergabunglah Dengan Komunitas Online

Setelah Anda mengetahui spesialisasi dan bergabung di media sosial #LinkedIn, cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan branding nama umum Anda dengan bergabung dengan komunitas online. Tentunya komunitas yang Anda pilih haruslah yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

Dengan bergabung dengan komunitas atau forum professional, Anda akan mendapatkan teman-teman baru dan jaringan yang akan membuat branding Anda semakin kuat dan meningkat. Usahakan Anda menjadi anggota yang aktif didalam komunitas tersebut, bukan hanya sekedar ikut-ikutan saja.




Ikutlah berbagai kegiatan dan temu muka yang diadakan oleh forum dan komunitas tersebut. Dalam sesi diskusi, usahakan Anda ikut aktif berpartisipasi dan berdialog supaya Anda semakin dikenal dan branding nama Anda menjadi semakin kuat.

Baca juga: 6 Tips Menjadi Pebisnis Yang Pandai ‘Bercerita’ (Storytelling)

4. Buatlah Blog atau Website Branding Anda

Terakhir, teknik yang bisa digunakan untuk meningkatkan personal branding bagi para pemilik nama pasaran adalah dengan membuat blog dan #website buat Anda. Blog atau website kini memang menjadi sebuah media yang efektif untuk menampilkan kesan (branding) seseorang.

Jika nantinya Anda sering mengisi blog atau website tersebut dengan konten olahraga, maka Anda akan dikenal dengan seorang olahragawan. Jika Anda mengisi blog atau website tersebut dengan konten-konten bisnis maka akan secara otomatis branding Anda terkonsep sebagai seorang pebisnis. Maka blog atau website yang efektif akan menciptakan branding buat Anda jika Anda mau dan aktif mengelolanya. Semoga artikel ini bermanfaat.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Terimakasih untuk ide dan ilmunya
    saya mau tanya cara praktis apa untuk Membangun ‘Personal Branding’ ??
    dan mempertahankan ‘Personal Branding’ itu??
    terimasih sebelumnya….

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud