15 Brand Terkenal yang Menggunakan TikTok sebagai Platform Pemasaran

Brand Terkenal yang Menggunakan TikTok

“Saat ini ada banyak brand terkenal yang menggunakan TikTok sebagai salah satu media pemasaran mereka”. 

Apakah pernah berpikir untuk menggunakan TikTok dalam strategi pemasaran Anda? Kalau belum, maka sebaiknya Anda berpikir ulang dan mulai mempertimbangkannya.

Tahun 2020 kita kenal sebagai awal pandemi Covid-19, yaitu tahun yang mengawali masa-masa sulit, mulai dari work from home, lockdown, rasa kebosanan, dan TikTok!

Banyak orang menyerbu TikTok untuk mengikuti tren dan mengatasi kebosanannya. Tidak hanya itu, kita juga melihat brandbrand yang tidak pernah kita duga juga mulai membanjiri “feed” para pengguna TikTok.

Inilah yang mendasari TikTok mulai digunakan berbagai brand sebagai platform pemasaran mereka.

Brand Terkenal yang Menggunakan TikTok untuk Pemasaran

TikTok diketahui memiliki jangkauan organik yang sangat besar dan dapat diarahkan ke website bisnis. Dikutip dari Wallaroomedia dan Internet Influencer Marketing Hub, berikut adalah 15 brand terkenal yang menggunakan TikTok sebagai platform pemasaran.

1. Ryanair, Mengubah Trend Menjadi Momen Viral

Siapa yang menyangka kalau sebuah maskapai di tengah pandemi justru membuat iklan di TikTok? Dari sini saja, kita bisa ambil kesimpulan kalau sebenarnya platform ini bisa digunakan siapa saja terlepas dari siapa penggunanya.

Perusahaan maskapai bernama Ryanair membuat akun sekitar Mei 2020 yang tumbuh memiliki follower lebih dari 139K dan 2,4 juta like. Kalau diakumulasi, hashtag #ryanair mencapai sekitar 90,7 juta view.

Konten mereka umumnya berbicara tentang apa yang sedang tren dan kemudian menghubungkannya dengan pesawat serta cuplikan behind the schene.

Alasan kenapa maspakai ini mendapatkan banyak sekali kekaguman adalah karena kemampuannya memanfaatkan tren.

Mereka selalu berusaha relevan sehingga membuat para pengguna terkejut bagaimana mereka bisa membuat sesuatu menjadi sangat lucu, keren, dan sesuai dengan gen Z.

Salah satu video yang paling populer dari maskapai ini adalah ketika salah satu pesawat mereka bergerak maju menuju instrukturnya. Tapi mereka menambahkan video ini dengan lagu viral “Walk” yang dinyanyikan Saucy Santana.

Video ini muncul di TikTok saat itu dan mampu menarik 4,3 user dan 1.1 juta like.

@ryanairTell me I’m not a bad bitch #fyp #foryou #foryoupage #ryanair♬ WowWoah – Joe

Video populer lainnya berisi tentang klip sebuah pesawat di langit yang dipasangkan dengan lagu populer di TikTok bersama text Memes.

Yang membuat lucu adalah kerena dari video ini memiliki “text memes” dan sound yang ditambahkan menjadi kekuatan kenapa konten ini bisa viral.

@ryanairyou don’t understand the pain I feel #fyp #foryou #foryoupage #ryanair♬ original sound – KenDogTikToks

Dari dua contoh ini kita bisa ambil kesimpulan:

  1. Selalu perhatikan “sounds” populer dan tren di TikTok.
  2. Berikan meme text yang notabene menjadi bahasa umum di TikTok untuk menyampaikan pesan yang dimaksud.

Karena kepopulernnya ini, orang mulai bertanya siapa yang memegang akun TikTok perusahaan ini dan memberikan dukungan melalui komentar.

2. Yahoo: Menyediakan Berita Politik Terhangat Bagi Gen Z

Yahoo mulai membuat video di TikTok pertama kali pada bulan Maret 2020 dan sejak itu mereka mampu menarik 52.9 juta like dan mungkin sekarang lebih.

Mereka menyajikan berbagai berita hangat seperti politik di Amerika Serikat, inagurasi Presiden terbaru, dan juga memberikan kesempatan bagi follower mereka untuk berinteraksi dengan perusahaan ini dengan memancing follower tentang pendapat mereka soal topik yang sedang hangat dengan memanfaatkan “stiches dan duets”.

Akun Yahoo di TikTok ini selalu digawangi oleh seorang jurnalis @juliamunslow. Karena dia sering muncul di TikTok, jurnalis ini dianggap sebagai wajahnya Yahoo News di TikTok. Tidak hanya Yahoo, portal berita lainnya seperti @washingtonpost yang memasang wajah Dave Jorgenson juga mendapatkan julukan yang sama.

@yahoonewsWe want to feature responses from YOU on our TikTok, so tell us your thoughts about the future of the U.S. @juliamunslow #news #politics #yahoonews♬ original sound – Yahoo News

Di sini kita bisa ambil kesimpulan, kalau cara ini cukup efektif untuk meningkatkan awareness karena mereka mampu membedakan konten mereka dengan brand lainnya mengingat Julia dan Dave berfungsi sebagai maskot.

Ini adalah salah satu video mereka yang berhasil menarik 5.4 juta penonton dan 1,2 juta like. Julia membicarakan apa yang Biden lakukan di hari ke-dua setelah menjadi Presiden Amerika.

@yahoonewsHere’s what Biden did on Day 2 in office. @juliamunslow #news #politics #biden #covid19 #yahoonews♬ original sound – Yahoo News

Dan dari kolom komentar, jelas kalau pengguna TikTok ini melek politik karena mereka terlihat tertarik dengan ceramah politik di platform ini.

Memanfaatkan TikTok untuk mengekspresikan pandangan politik terlihat populer di tahun 2020; tahunnya pandemi, panasnya politik dan protes.

Kita juga bisa melihat kalau pengguna di sini sangat “engage” dan mereka menunjukkan afiliasinya dengan grup politik tertentu dan membela apa yang mereka percaya. Jadi jelas kalau TikTok bisa dijadikan tempat untuk komunitas seperti ini.

3. Little Moons, Brand Makanan Terbaik di TikTok

Di Indonesia kita mungkin jarang mendengar merk ini. Tapi siapa tahu kalau brand ini sudah tumbuh jadi besar. Salah satu yang membuat brand ini terkenal adalah trend TikTok terbaru mereka dan ice cream mochi yang viral di seluruh dunia.

Meskipun Little Moons sempat muncul, terlihat kalau TikTok menyajikannya pada user dimanapun dan memaksa mereka untuk keluar rumah mencari produk Little Moon untuk membuktikan apa yang sedang hype di internet.

Brand ini mulai muncul di TikTok pada Agustus 2020 dengan follower lebih dari 63,7K follower dengan 932.2K Like. Konten yang mereka bawa mudah sekali trending seperti yang dimiliki oleh Ryanair dengan menggabungkan sound yang populer dengan trend.

Meski demikian, konten mereka lebih dinikmati oleh komunitas tertentu di TikTok yang suka melihat konten berjenis makanan.

Little Moons memiliki dua video yang sangat populer dan berhasil menarik lebih dari 3,6 juta penonton dan 251,9K like. Keduanya mengkombinasikan viral sound dengan squishy mochi yang kemudian menjadi populer di TikTok sehingga memicu user membuat konten sejenis dengan video konten bertema brand mereka yang dikemas ASMR.

Video ini sempat populer dikalangan pengguna TikTok dan Little Moon memang pintar memanfaatkan momen ini.

@littlemoonsmochiNothing better ? #fyp #mochieis #eis #mochi #littlemoons♬ original sound – Alec Townsend

Tidak hanya itu, mereka juga sukses membuat dua hashtag organik yang mengikutkan brand mereka #littlemoons (mampu menarik 26,5 juta penonton dan #littlemoonsmochi yang menarik 23.9 juta penonton.

Begitu banyak pengguna yang tertarik dengan bola-bola mochi mereka sehingga mereka harus membeli produk ini dan mereview-nya di TikTok.

@glambyflotrying the little moons mochi everyone’s obsessed with…#littlemoons #mochi#littlemoonsmochi♬ Monkeys Spinning Monkeys – Kevin MacLeod

Makanya, Anda akan sering melihat video berisi ulasan dengan menggunakan hashtag ini. Karena itulah, penjualan mereka meroket sampai 700%.

4. Spikeball

Bagi Anda yang belum tahu mengenai Spikeball, mereka adalah brand yang menawarkan permainan yang sangat menyenangkan.

Spikeball memiliki 300.000 pengikut di TikTok, lebih dari 5 juta like, dan lebih dari 50 juta view.

Bagaimana mereka bisa tumbuh begitu cepat? Spikeball ternyata memanfaatkan tren, membuat konten khusus platform TikTok, serta berusaha mengenal dan berinteraksi dengan audiens mereka.

Perhatikan video yang diposting di profil TikTok mereka berikut,

@spikeballHey buddy, ball’s over here ?? #petbff #gotmagic♬ Bro Try not to laugh – try not to laugh

5. Chipotle

Chipotle adalah jaringan bisnis restoran cepat saji di Amerika Serikat, Inggris Raya, Kanada, Jerman, dan Prancis, yang mengkhususkan diri pada taco dan burrito.

Chipotle baru saja menggunakan TikTok sebagai salah satu kanal pemasaran mereka. Mereka memilik perkembangan yang sangat baik di platform ini.

Berikut adaah contoh video yang mereka unggah di TikTok.

@chipotleTesting, testing (new quesadilla in Cleveland and Indianapolis) ? #foryou #chipotle♬ QUESADILLA PARODY – Kyle Shaffer

6. Vessi

Vessi adalah adalah perusahaan rintisan yang berbasis di Vancouver, Canada, yang mengkhususkan diri pada sepatu kets yang ringan, dapat bernapas, dan 100% tahan air.

Mereka baru mulai membuat akun TikTok pertengahan tahun 2020 lalu dan dengan cepat pertumbuhannya mendekati 100.000 pengikut.

Bagaimana mereka tumbuh begitu cepat? Giveaways.

Mereka menggunakan strategi giveaway unik untuk menghasilkan User Generate Content, follower, dan pendapatan. Lihat contoh video mereka berikut ini.

@vessi#duet with @agajillian Show us your #vessifootwear and you could win a free pair too! #giveaway #nomorewetsocks #waterproofshoes #tiktokwellness♬ my strange addiction – Billie Eilish

7. Elf Cosmetics

Elf Cosmetics telah melakukan sesuatu yang luar biasa di TikTok sejauh ini. Elf memesan lagu khusus untuk kampanye di TikTok yang mengambil inspirasi dari lagu “Ice Me Out” dan mengubahnya menjadi “Eyes Lips Face” setelah akronim nama merek.

Merek kemudian bekerjasama dengan beberapa influencer untuk memulai kampanye, dan hasilnya sangat mengejutkan.

Ketika artikel ini dibuat, ada 7,2 miliar views untuk semua video yang menggunakan hashtag #eyeslipsface.

@brittany_broskiI TOLD YALL TO HYPE ME UP !!!!! Smh #eyeslipsface @elfcosmetics #ad♬ Eyes. Lips. Face. (e.l.f.) – iLL Wayno & Holla FyeSixWun

8. Guess

Akun TikTok Guess baru memposting 90 video sejauh ini, tapi mereka memulai dengan sangat baik. Ketika artikel ini dibuat, akun TikTok Guess memiliki 57 pengikut, dan 159 ribu likes.

Sejauh ini Guess merupakan satu-satunya merek fesyen terkenal di TikTok. Ini suatu kesalahan bagi kompetitor mereka.

Guess bekerjasama dengan TikTok untuk menjalankan sebuah tantangan dengan hashtag #InMyDenim.

Sejauh ini, kampanye tersebut menghasilkan 52,7 juta views.

@kuhleeuhHad a fun day #inmydenim ✨?✨ @guess #style #OOTD♬ original sound – Kalia ?❤


9. NBA

NBA (National Basketball Association) adalah liga bola baske profesional di Amerika.

NBA merupakan salah satu pengguna awal TikTok yang secara konsiten memposting konten bagus dan sesuai tren di platform tersebut.

Mereka memiliki 12,4 juta pengikut dan 284,4 juta like saat artikel ini dibuat. NBA memposting video-video yang cukup lucu di TikTok.

Seperti video berikut.

@nbaLeBron James is always clowning ?#photobomb #tbt #throwbackthursday♬ There’s Nothing Holdin’ Me Back – Shawn Mendes

10. The Washington Post

Untuk ukuran sebuah situs berita, The Washington Post sebenarnya melakukan pekerjaan yang bagus di TikTok. Mereka sering memposting video yang lucu dan menarik.

@washingtonpostIs this how ASMR works? #helloautumn #cursedtiktoks #pumpkinspice♬ Double Trouble – John Towner Williams

11. HP (Hewlett-Packard)

HP adalah perusahaan teknologi informasi multinasional Amerika yang berkantor pusat di Palo Alto, California, yang mengembangkan dan menyediakan berbagai macam komponen perangkat keras, serta perangkat lunak dan layanan terkait kepada konsumen, usaha kecil dan menengah (UKM) dan perusahaan besar, termasuk pelanggan di sektor pemerintahan, kesehatan dan pendidikan.

Saat artikel ini dibuat, akun TikTok HP baru memposting 6 video di profil mereka, memiliki 23 ribu pengikut, dan 99 ribu like.

Mereka melakukan tantangan hashtag yang hebat tahun ini yang disebut tantangan #HPCoachellaDreamland.

Mereka meminta beberapa influencer TikTok besar untuk membantu memulai tantangan. Yang terbesar adalah OurFire, yang memiliki 5,3 juta penggemar.

Video di bawah ini dari OurFire. Secara keseluruhan, video tantangan #HPCoachellaDreamland telah ditonton lebih dari 182 juta kali.

@ourfiresometimes we need to step into our dream to make it a reality like us at #HPCoachellaDreamland ☁️#ad♬ Underwater – RÜFÜS DU SOL

12. Gymshark

Gymshark adalah merek, produsen, dan retailer pakaian dan aksesori kebugaran yang berkantor pusat di Solihull, Inggris Raya.

Mereka memiliki cukup banyak penggemar di TikTok, yaitu 2,4 juta followers dan 38,3 juta likes.

Mereka memposting kombinasi video latihan yang bagus, meme tentang workout, dan inspirasi.

@gymsharkTag a friend that supports you like this ?? @beccasillss #gymshark #foryou #clapchallenge♬ Calabria 2007 (Radio Mix) – Enur, Natasja

13. Calvin Klein

Calvin Klein telah menggunakan TikTok selama sekitar satu tahun. Mereka telah memposting cukup banyak video yang menarik dan unik di akun TikTok mereka.

Saat artikel ini dibuat, Calvin Clein memiliki 43,8 ribu pengikut dan 97 ribu like. Ini salah satu video terbaik yang mereka posting di TikTok.

@calvinkleinwhere will #shawnmendes be in #10years? our now. #mycalvins #calvinklein♬ original sound – CALVIN KLEIN

14. Levi’s

Levi Strauss & Co. adalah perusahaan pakaian Amerika yang terkenal di seluruh dunia karena merek jeans denim Levi’s.

Levi’s menjalankan kampanye pemasaran di TikTok dengan menggunakan opsi tombol “Shop Now” yang memungkinan konsumen melakukan pembelian melalui tautan di TikTok.

Berikut adalah contoh video yang dibuat oleh influencer yang bekerjasama dengan Levi’s.

@callenschaubIn my Montreal studio putting my spin on the Levi’s® Future Finish jeans – Shop online from home! #stayhome #oddlysatisfying #levishausmiami #ad♬ original sound – Callen Schaub

15. Crocs

Crocs, Inc. adalah perusahaan Amerika yang berbasis di Niwot, Colorado yang memproduksi dan memasarkan sandal busa dengan merek Crocs.

Saat artikel ini dibuat, akun TikTok Crocs memiliki 339 ribu pengikut, dan 1,8 juta like. Crocs telah melakukan sesuatu yang hebat di TikTok. Mulai dari challenges, video viral, hingga iklan.

Mereka pernah membuat challenges bekerjasama dengan Post Malone yang disebut dengan tantangan #ThousandDollarCrocs. Sejauh ini video dengan hashtag tersebut telah menghasilkan 3 miliar views.

@crocsJust Crocin’ with our peeps ✌️ #PEEPSxCROCS available now in Crocs retail stores!♬ original sound – Crocs

Kesimpulan

Itulah beberapa brand terkenal yang menggunakan TikTok sebagai media pemasaran. Perkembangan TikTok begitu pesat sehingga menciptakan berbagai kesempatan bagi pemilik brand untuk mengembangkan strategi pemasarannya.

Meskipun TikTok lebih banyak digunakan oleh Gen Z, platform ini dinilai sangat layak untuk dipertimbangkan sebagai salah satu kanal pemasaran.

Dengan kemasan yang tepat dan selalu mengikuti trend, kesempatan Anda untuk mendapatkan perhatian dari Generasi Z akan sangat besar.

Lalu, bagaimana dengan Anda, apakah belum mau mencoba?

Nanik Tri Widiyawati

2 pemikiran pada “15 Brand Terkenal yang Menggunakan TikTok sebagai Platform Pemasaran”

  1. Kalo saya perhatikan memang ada perbedaan yg sangat jelas penggunaan setiap sosial media.

    Twitter untuk melihat berita terbaru dan trend global.
    Facebook untuk bersilaturahmi dengan kawan lama.
    Instagram untuk ajang pamer.
    YouTube untuk belajar dan hiburan.
    TikTok khusus buat generasi Z.
    Pinterst untuk koleksi foto hobi.
    LinkedIn untuk networking para profesional dan pebisnis.

    Semua bagus, asal tahu kapan dan untuk apa digunakan.

    Balas

Tinggalkan Balasan