Bom Jakarta Mengguncang, Netizen Indonesia Kecam Serangan Terorisme via Media Sosial

bom jakarta

Image dari Sooperboy.com

Belum lagi reda ketenangan warga akibat serangan teror di Paris Perancis, kini masyarakat dunia kembali dihebohkan dengan aksi brutal terorisme di Jakarta, Indonesia. Berlokasi tepat di Sarinah, kawasan jalan Thamrin, Jararta Pusat, para teroris menggunakan senjatanya untuk hal yang sangat terkutuk. Akibat dari serangan bom dan tembakan dari teroris ini membuat dua warga sipil dan satu aparat kepolisian tewas serta 24 orang lainnya terluka.

Dari kejadian yang berlangsung pada hari Kamis, 14 Januari 2016 sekitar puluk 10.00 WIB kemarin kemudian membuat lini masa #media sosial ramai dipenuhi dengan postingan dan kicauan para netizen yang hampir seluruhnya mengecam tindakan aksi terorisme tersebut. Lalu apa saja reaksi netizen yang kemduian dituangkan dalam jejaring media sosial itu? Berikut ulasannya.

Munculnya Hasgtag #PrayForJakarta

Beberapa menit setelah kejadian, tagar #PrayForJakarta langsung bergema di media sosial, terutama #Twitter. Menurut pantauan beberapa media, ada beberapa kata yang juga meramaikan tagar #PrayForJakarta dalam waktu yang bersamaan. Beberapa kata yang meramaikan trending topic dunia di media sosial pada saat #PrayForJakarta ini muncul adalah Sarinah, Thamrin, dan Jakarta.

Sedangkan di Trending Topic Indonesia sendiri netizen banyak mengetik kata #PrayForJakarta, Sarinah, Thamrin, Palmerah, #BreakingNews, dan Pos Polisi. Pada tagar #PrayForJakarta sendiri netizen banyak yang menyerukan duka cita dan seruan harapan agar Jakarta bisa kembali aman dan kondusif.

Artikel lain: Tak Main-Main Perangi ISIS, Inilah Pesan “Say War” Para Hacker Anonymous

Bahkan saking intensnya #PrayForJakarta ini diketik netizen hingga Pukul 13.45 WIB terpantau tagar ini masih menduduki peringkat teratas trending topic dunia. Beberapa kicauan bertanda tagar #PrayForJakarta yang muncul kemarin antara lain seperti  “Please stay safe everyone #PrayForJakarta,” dan”Turut berduka untuk para korban ledakan yang terjadi di Jakarta. Stay safe, teman-teman! #PrayForJakarta,” tutur pengguna lainnya.

#KamiTidakTakut

Beberapa jam setelah tagar #PrayForJakarta muncul dan menjadi trending topic dunia, Media Sosial kemudian disuguhi tagar #KamiTidakTakut. Tagar ini memang kemudian hadir menggeser posisi tagar #PrayForJakarta yang telah menjadi trending topic selama beberapa jam. Hashtag #KamiTidakTakut sendiri memang sebuah bentuk respon atas kejadian terorisme di Sarinah, Jakarta. Dengan tagar ini para Netizen disini seolah menegaskan bahwa mereka sebagai masyarakat Indonesia tidak takut atas aksi teror tersebut.

Tagar #KamiTidakTakut ini sendiri terpantau hingga pukul 14:13 Kamis (14/1/2016) naik ke posisi paling atas Trending Topic Twitter dengan jumlah kurang lebih 17 ribu kicauan. Pada saat yang bersamaan dengan muculnya tagar #KamiTidakTakut, muncul pula beberapa tagar lain seperti tagar #SafetyCheckJKT yang ternyata juga berhasil menjadi trending topic.

Tagar #SafetyCheckJKT ini sendiri adalah tagar yang memberikan informasi antarnetizen terkait kondisi di sekitarnya. Kehadiran tagar ini juga digunakan untuk mengurangi kesimpangsiuran informasi yang sebelumnya terjadi.

Meme dan Komik Guyonan Bom Jakarta

Sehari setelah ledakan bom Jakarta, Netizen tidak menghentikan aktivitasnya meramaikan media sosial. Masih berkaitan dengan kejadian aksi teror di Sarinah, Jakarta para netizen kemduian membuat bebapa meme dan komik. Konten kreatif yang selalu membuat kita senyum-senyum sendiri ini hadir dalam bentuk banyak wjujud.




Salah satunya yang populer adalah meme dari tukang sate yang tetap tenang berjualan melayani konsumen meski daganganya berada hanya 100 meter dari lokasi kejadian teror. Selain tukang sate ada juga pedagang asongan penjual kacang dan camilan yang juga berjualan dan malah menghampiri lokasi TKP untuk mencari pembeli. Hampir rata-rata meme yang unik dan menarik dari kejadian ini muncul dari penegasan tagar #KamiTidakTakut. Namun selain tagar #KamiTidakTakut, meme tentang #PrayForJakata juga ramai menghiasi media sosial sehari setelah kejadian ini.

Baca juga: Teror Paris, Inilah Beberapa Reaksi dari Media Sosial Pasca Insiden Mematikan Tersebut

Aksi heroik polisi juga menjadi sasaran para netizen untuk membuat meme. Banyak yang menyatakan bahwa polisi yang menangani aksi teror di Sarinah sangat berani dan heroik untuk bisa melumpuhkan teroris dan mengamankan lokasi. Kehadiran masyarakat ke TKP dan melakukan selfie juga menjadi sorotan netizen dalam meraimakan media sosial lewat kreasi meme.

Komikus bernama “Faktap” juga tak mau ketinggalan meramaikan media sosial dengan komiknya. Ia sendiri mengunggah komik guyonan buatannya di #Facebook Page dan Instagram yang menggambarkan tukang sate yang tak takut apapun, termasuk dengan “sundel bolong”.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Semoga orang yang melaksanakan bom di Jakarta diberi balasan yang setimpal oleh Yang Maha Kuasa. Dan yang meninggal dunia, ditempatkan di sisi-Nya yang layak. Amin :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud