Teror Paris, Inilah Beberapa Reaksi dari Media Sosial Pasca Insiden Mematikan Tersebut

Image dari Theonlinecitizen.com

Image dari Theonlinecitizen.com

Peristiwa mencekam di kota Paris, Perancis pada Jum’at (13 November 2015) kemarin memang telah menggemparkan dunia. Bagaimana tidak, sebuah teror mematikan yang terjadi di beberapa lokasi di Ibu kota Perancis ini telah menjatuhkan korban meniggal sebanyak 153 orang. Dari aksi brutal yang belum diketahui pelakunya ini akhirnya membuat masyarakat dunia bersimpati dan berkabung.

Tak hanya dari kalangan pejabat dunia, kini dunia digital (media sosial) pun telah meluapkan reaksinya atas tragedi yang memilukan tersebut. Apa saja reaksi dunia digital dari kejadian Jum’at malam waktu setempat tersebut?

Twitter Dibanjiri #PrayForParis

Beberapa jam setelah kejadian, #media sosial pertama yang menunjukan reaksinya adalah Twitter. Media sosial yang identik dengan penggunaan 140 karakter ini memunculkan sebuah hashtag #PrayForParis yang memuncaki posisi pertama trending topic Indonesia dan dunia. Sejak beberapa jam pasca kejadian, memang para pengguna Twitter beramai-ramai melalukan tweet atau berkicau tentang tragedi di Paris yang menewaskan ratusan korban tersebut.

Tak sampai satu hari, hashtag yang bertuliskan #PrayForParis telah membanjiri lini masa #Twitter untuk menyampaikan duka mendalam terhadap ratusan korban tewas. Beberapa tweet yang muncul menyerukan ‘peace for Paris’ atau ‘damai untuk Paris’ atas kejadian ini.

Artikel lain: Jorge Lorenzo Juara Dunia Moto GP 2015? Tunggu Dulu Twitter dan Wikipedia Punya Jawabannya Sendiri

Bos Facebook dan Apple Sampaikan Duka Atas Teror Paris

Gayung pun bersambut, dari reaksi yang muncul dari Twitter itu, beberapa pemimpin perusahaan digital ikut menyampaikan reaksinya atas serangan membabi buta di kota Paris tersebut. Pada hari Sabtu (14/11/2015) itu atau sehari setelah kejadian, Mark Zuckerberg, pendiri #Facebook, dan Tim Cook, CEO Apple, menyampaikan rasa sedih dan duka citanya yang mendalam di platform media sosial berbeda.

Tim Cook sendiri menyampaikan dukacitanya itu lewat akun Twitternya @tim_cook. Dalam kicauannya pada 14 November 2015 itu pria 55 tahun itu berdoa untuk para korban di Paris dan orang-orang tercinta yang ditinggalkannya.

Beda Tim Cook beda Mark Zuckerberg. Zuckerberg yang merupakan pemimpin dan CEO Facebook saat ini menuliskan status dalam halaman Facebook pribadinya dengan isi, “Doaku selalu ada untuk kalian yang berada di Paris malam ini. Kekerasan semacam itu tidak akan pernah mendapat tempat di kota atau negara manapun di dunia.”

Dalam statusnya itu, pria kelahiran New York, 14 Mei 1984 ini juga menyebutkan bahwa pihaknya telah mengaktifkan Safety Check. Melalui fitur ini, para pengguna Facebook yang masih berada di Paris dapat menandai dirinya atau keluarga bahwa mereka dalam keadaan aman.

Facebook Aktifkan Fitur Safety Check

Seperti yang dinyatakan Mark Zuckerberg dalam statusnya di laman Facebook pada Sabtu (14/11/2015) itu, memang diketahui bahwa saat itu juga telah hadir sebuah fitur Safety Check yang dikeluarkan pihak Facebook. Fitur ini dihadirkan oleh Facebook untuk membuat pengguna yang masih berada di kota Paris untuk mampu memberikan kabar kepada keluarga dan kerabat bahwa dirinya dalam keadaan aman, usai serangan yang terjadi pada pada Jumat malam (13/11/2015) itu.




Untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur Safety Check ini pengguna hanya diminta menuju laman Safety Check di Facebook. Link atau tautan untuk menuju halaman fitur ini telah diberikan Zuckerberg dalam postingannya yaitu .

Fitur ini juga memberikan solusi dan alternatif kepada siapa saja yang kesulitan menelepon karena berada di lokasi kejadian untuk menandai dan mengabarkan bahwa mereka selamat. Hanya dengan satu klik yaitu mengklik tautan tadi maka mereka langsung terbaca bahwa Anda masih ada dan berada sebuah lokasi.

Baca juga: Bobol Situs Kencan, “Nyawa” Kelompok Hacker Ini Dihargai 5 Miliyar!

Dalam sebuah kesempatan wawancara dengan salah satu media massa, juru bicara Facebook memang menyatakan bahwa pihaknya sangat kaget dengan terjadinya peristiwa ini. Mereka juga menyatakan rasa duka citanya atas peristiwa teror mengerikan yang terkajadi di kota Paris tersebut.

Dalam kondisi yang genting seperti ini, komunikasi memang akan menjadi momen penting dan krusial bagi siapapun, terutama bagi para kerabat yang ingin mengetahui kondisi atau kabar anggota keluarganya. Maka dengan menggunakan fitur Safety Check ini para pengguna pun akan bisa mengabarkan bahwa dirinya aman dan dalam kondisi selamat dan baik-baik saja.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Turut berduka cita untuk korban teror di Paris. Entah apa yang ada di pikiran para penyebar teror itu hingga bisa bertindak sekejam itu. entah sengaja atau kebetulan kenapa teroris memilih tanggal 13 (jadi seperti film friday the 13th). dulu pas peristiwa 11 september 2001 WTC (911).

  2. Turut berduka cita aja lah, buat warga prancis yang jadi korban. Semoga tidak terjadi lagi di kemudian hari, Aamiin

  3. karena teror paris tsb jadi banyak perang kata2 di sosmed, banyak yg menganggap diri paling suci dan kelompok paling benar :( .

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud