Bocoran 8 Keputusan Penting Dari Konferensi Google I/O 2015

Raksasa Internet Dunia #Google, baru saja menggelar perhelatan tahunan Konferensi Google I/O pada Jumat (29/05) tengah malam. Pada event tersebut Google mengumumkan beberapa pembaruan yaitu sebuah teknologi anyar dari beberapa perangkat lunak yang mereka miliki. Pembaharuan tersebut dimulai dari sistem operasi Android, aplikasi Google, sampai dengan Internet of Things (IoT). Lalu apa saja pembaharuan yang diumumkan oleh Google pada event Google I/O 2015?

1. Penjelasan Tentang Android M

Informasi dari Google I/O 2015 yang pertama adalah terkait rilis seri Android M. Android M memang tengah menarik perhatian pasalnya Android L yang belum meunjukan peningkatan signifikan dari segi pemakaian, namun google sudah akan meluncurkan sitem operasi berbasis #Android baru dengan kode nama Android M.

Sistem operasi baru ini merupakan penerus dari versi Android Lolipop. Sebagai Vice President of Engineering Google, David Burke, tidak memberikan sebuah penjelasan detail mengenai penerus Android L ini. Namun ia menjelaskan bahwa nantinya Android M akan memiliki  sebuah pengaturan izin  untuk aplikasi yang lebih baik, Fitur Android Payment dengan Android Pay, memiliki sebuah sensor sidik jari, daya tahan baterai yang baik, kompatibelitas terhadap port USB Type C, dan banyak fitur lainnya. Namun untuk lebih detailnya David tidak menjelaskannya.

Artikel lain: Tidak Sabar Menunggu OS Android M? Google Akan Meluncurkannya Tahun Ini!

2. Pembaharuan Android Wear

Raksasa #Internet dunia ini nampaknya tidak mau kalah dari rivalnya Apple. Android Wear Google sudah diluncurkan pada bulan Juni 2014, dan sudah banyak mengalami pembaharuan. Pada pembaharuan kali ini yang akan diluncurkan selepas event Google I/O 2015, Android Wear akan diupdate lebih baru lagi dimulai dari Launcher baru, Emoji Recognition, fitur Wrist Gesture yang memungkinkan pengguna melakukan navigasi dengan melakukan gerakan pergelangan tangan dan fitur lainnya.




Yang tidak kalah menarik adalah versi terbaru ini sudah kompatibel dengan perangkat Android Wear yang lama, sehingga tidak perlu lagi membeli jam tangan pintar yang terbaru baru anda cukup melakukan update saja. Google juga mengklaim telah menyediakan 4.000 aplikasi khusus untuk pengguna Android Wear.

3. Fitur Baru Google Now

Aplikasi Google Now mungkin jarang dipakai oleh pengguna android. Pada event kali ini Google membekali  sebuah fitur baru yang disebut dengan  nama Google Now on Tap, fitur ini memungkinkan semua palikasi android dapat terintegrasi dengan Google Now. Product Management Director Google, Aparna Chennapragada, menjelaskan ada tiga aspek utama yang dimiliki oleh Google Now, yaitu Context, Answer, dan Actions. Google Now terbaru ini dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan tepat.

4. Project Brillo

Project Brillo adalah sebuah proyek yang digarap Google. Brillo adah sebuah sistem operasi untuk Internet of Things. Sistem operasi ini telah mendukung berbagai perangkat keras yang memiliki spesifikasi rendah dan sudah kompatibel dengan berbagai konektivitas seperti Wi-Fi, Bluetooth Low Energy dan lain sebagainya.

Di event tahunan Google I/O 2015 ini juga Google memperkenalkan bahasa komunikasi baru bernama weave, sebuah bahasa komunikasi antara komputasi awan, #smartphone Anda, dengan perangkat Brillo.

5. Google Maps

Kali ini Google Maps pun mengalami pembaharuan yang menarik. Kalau beberapa bulan lalu Google mengumumkan bahwa Youtube dapat diakses secara offline maka kali ini Google Maps dapat diakses secara offline. Dan update kali ini dirasa sangat bermanfaat terutama bagi anda yang senang berjalan – jalan.




6. Chrome Custom Tab

Untuk saat ini fitur ini hanya tersedia untuk Android M, fitur ini memungkinkan developer untuk mengubah tampilan Google Chrome menjadi seperti #aplikasi native pada android. Google berencana akan mengimplementasikan fitur ini pada quatal ketiga (Q3) pada tahun ini.

7. Virtual Reality

Informasi selanjutnya adalah diluncurkannya produk Virtual Reality pada tahun lalu bernama Google Cardboard. Perangkat ini telah mengalami pembaharuan, saat ini Virtual Reality besutan Google ini sudah mendukung smartphone dengan ukuran hingga 6 inci. Google juga menyediakan SDK dari Cardboard untuk platform #iOS, jadi pengguna iPhone dapat menggunakan alat ini. Dan alat ini pun sudah tersedia di Google Play Store.

Baca juga: Kacamata Kardus 3D Google yang Unik dan Canggih

8. Google Photos Di Google I/O 2015

Informasi terakhir di Google I/O 2015 yakni terkait fitur Google Photos. Google melakukan pembaharuan terhadap aplikasi Google Photos. Pada versi terbarunya, aplikasi ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan pencarian foto-foto mereka dengan fitur filtering/sortir berdasarkan waktu gambar tersebut diambil. Dan yang lebi menarik lagi adalah Google Photos mampu membedakan kategori foto yang ditelusuri dan mengkategorikannya sesuai kategori yang ada.

Aplikasi ini juga di bekali dengan mesin pencari gambar yang pintar, dapat mencari gambar dengan keyword tertentu dengan tingkat akurasi yang tinggi. Dan yang lebih menarik Google memberikan ruang penyimpanan tidak terbatas untuk penggunanya. Dan para pengguna bisa menyimpan foto mereka dalam kualitas tinggi dan bisa menyimpan #video dengan resolusi hingga 1080p.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud