BloobIS ~ Startup Penghubung Pencari dan Penyedia Darah yang Mudah dan Efektif

Founder BloobIS

Image dari Swa.co.id

Darah memang merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus segera dipenuhi pada beberapa orang yang membutuhkannya. Sayangnya keberadaan darah yang ada tidak selalu sesuai dengan harapan karena stok atau persediaannya bisa jadi kosong atau tak tersedia. Bahkan di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) sekalipun ketersediaan darah ini bukan tidak mungkin juga kita dapati.

Untuk menghubungkan ke PMI cabang lain hal ini juga seringkali kesulitan karena belum terciptanya sistem integrasi data antar PMI. Tentu saja hal ini membuat kesulitan pada orang-orang atau masyarakat yang sedang membutuhkannya.

Masalah inilah yang kemudian membuat dua orang mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh November-Surabaya menciptakan sebuah jalan keluar dengan menciptakan sistem yang bernama BloobIS. Lalu seperti apakah BloobIS (Blood Bank Information System) yang dikembangkan oleh Adhika ID Pratomo dan Yogantara S Dharmawan tersebut? Berikut ulasannya.

Berawal dari Tugas Kuliah dan Sebuah Survei

Sistem informasi bank darah ini yang diciptakan oleh Adhika dan Yogantara ini memang terbilang mengesankan. Bagaimana tidak sistem yang awalnya adalah tugas kuliah ini telah memenangkan sejumlah penghargaan dan salah satunya adalah Mandiri Young Technopreneur 2013. Di ajang ini sendiri BloobIS menjuarai atau menjadi pemenang pertama di kategori teknologi-IT. Jadi saat dosennya menyatakan ide ide yang bagus, maka Adhika dan Yogantara terus mengembangkannya.

Ide membuat BloobsIS sendiri datang dari hasil survei yanng dilakukan Adhika dan Yogantara dari case seniornya di PMI Surabaya. Dari sana Adhika dan Yogantara mendapati bahwa antar PMI tidak memiliki data yang terintegrasi. Inilah yang kemudian  membuat Adhika dan Yogantara membuat BloobIS.

Artikel lain: haiDokter ~ Startup Baru yang Menghadirkan Layanan Kesehatan Digital Untuk Para Generasi Muda

Pengerjaan BloobIS

Untuk membuat Sistem BloobIS ini Adhika mengaku menghabiskan dana sekitar Rp 6-7 juta. Untungnya ada dana dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang  merupakan bentuk dukungan dari kampus. Tidak hanya dukungan dana, Adhika dan Yogantara juga mendapat dukungan dari pengembangan riset melalui lab kampus.

Dari semua dukungan ini Adhika dan Yogantara pun bekerja membuat sistem BloobIS ini mulai akhir tahun 2011 dan selesai pertengahan tahun 2012.

Cara Kerja BloobIS

Seperti latar belakang dan ide yang tercetus, maka BloobIS ini bekerja untuk mengintegrasikan semua data stok darah dan data pendonor dalam sebuah sistem yang terpadu. Jadi semua pendonor akan mendapati beberapa data seperti berapa kali donor. Maka saat pendonor tersebut rutin tiga bulan sekali donor dan belum donor maka dengan sistem ini akan terlihat.

Nantinya sistem akan mengingatkan dan mengirimkan pemberitahuan via SMS pada pendonor tersebut untuk mau mendonorkan darahnya. Dengan sistem terintegrasi ini ini, BloobIS ini juga akan mampu menghubungkan antara PMI dengan rumah sakit melalui fitur manajemen pemesanan dan pengiriman darah.




Dengan fitur ini maka rumah sakit bisa melakukan pemesanan darah secara online. Saat rumah sakit melakukan pemesanan darah, sistem #aplikasi ini akan bekerja mencarikan di mana stok darah terdekat dengan rumah sakit. Beberapa PMI di sekitar rumah sakit juga akan mendapat pemberitahuan notifikasi bahwa ada yang sedang membutuhkan darah.

Dan ketika pemesanan diterima maka beberapa tempat yang menyediakan darah akan langsung memproses dan mengirimkan ke rumah sakit tersebut dengan lebih cepat. Dengan adanya cara kerja BloobIS ini maka keluarga akan terbantu mencari stok darah dengan lebih cepat dan mudah.

Baca juga: Chat Doctor ~ Aplikasi Mobile Fasilitasi Keluhan Kesehatan Kian Mudah Dan Praktis

Pengelolaan Sistem BloobIS

Secara operasional sistem BloobIS ini akan kelola oleh pihak PMI terutama unit donor darah. Namun meski operasionalnya dikelola pihak PMI bukan berarti masyarakat tidak bisa melihat dan mengetahui sistem aplikasi ini. Masyarakat tentu saja bisa mengetahui sistem ini dengan cara mengakses situsnya. Dari akses terhadap situs ini masyarakat bisa mendapatkan info stok darah yang ada beserta lokasinya.

Selain melihat info stok persediaan darah namun juga bisa melihat event-event donor darah terkini ada di mana saja. Dengan BloobIS ini masyarakat juga tidak hanya bisa sekedar melihat-lihat informasi saja namun masyarakat juga bisa berbagi informasi seperti orang yang sedang membutuhkan darah dengan menaruh informasi di situs.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud