Blogger Copy Paste Kenapa Masih Ada? Ternyata Inilah Penyebabnya

blogger copy paste

Image dari Feker.net

Dunia #blogging secara umum di dunia dan di tanah air kita memang bisa dibilang sudah banyak berkembang. Tidak hanya dari para pelakunya, namun ilmu blogging yang ada pun bisa dibilang terus bertumbuh dengan pesat. Inilah yang menjadi bukti bahwa perkembangan blog dewasa ini telah tumbuh dengan sangat baik. Nah dari perkembangan blog ini seharusnya para blogger sudah banyak mengetahui bahwa hanya konten orisinil tanpa copy paste adalah hal yang paling baik untuk blog.

Namun faktanya di lapangan kita ternyata masih mendapati adanya blog-blog yang dibuat dengan menampilkan artikel copy paste (copas). Tentu saja hal ini sangat bertentangan dengan kaidah dan pedoman penulisan dan ilmu blogging yang benar. Tapi yang perlu kita tanyakan hal ini adalah mengapa sampai masih ada blogger copy paste? Inilah penjelasannya.

1. Tidak Percaya Kepada Kemampuan Diri Sendiri

Hal pertama yang menyebabkan masih adanya blogger copy paste adalah adanya ketidakpercayaan pada kemampuan diri sendiri. Sikap tidak percaya pada kemampuan diri sendiri ini memang sangat mungkin membuat seorang blogger membuat artikel copy paste. Ini tentu saja sebuah hal yang sangat buruk dan tidak baik. Sebab blogger yang juga seorang penulis akan dianggap menodai kaidah dan pedoman penulisan maupun ilmu blog.

Seperti layaknya mengerjakan tugas sendiri saat sekolah, maka mengerjakan konten blog dengan orisinalitas sendiri adalah hal yang perlu dilakukan seorang #blogger. Ini bukan hanya soal orisinalitas, tapi juga tentang sebuah kejujuran. Bila Anda melakukan copy paste untuk memenuhi blog maka bisa Anda dianggap sebagai seorang yang tidak jujur dan pastinya seorang plagiat.

Artikel lain: Blogging Tanpa “Nyawa” ~ Kesalahan Dlm Pemasaran Online




Maka jangan sampai kegiatan copy paste ini Anda lakukan meski sekali. Karena jika Anda sudah kebiasaan maka Anda akan terdorong untuk melakukannya lagi dan lagi. Jika hal ini terjadi maka Anda bisa dipastikan akan mengalami ketergantungan pada orang lain untuk melakukan copy paste artikel. Jadilah yakinlah pada kepercayaan pada diri sendiri sehingga Anda akan terhindar dari tindakan copy paste.

2. Tidak Berminat Untuk Belajar Menulis

Berikutnya hal yang bisa menyebabkan adanya blogger copy paste adalah tidak adanya minat blogger untuk belajar menulis. Selain tidak percaya diri dalam menulis, blogger yang tidak memiliki minat untuk belajar menulis juga bisa menyebabkan mereka melakukan plagiat dengan cara melakukan copy paste. Saat seseorang terjun ke dunia blogging, memang mau tak mau mereka harus juga akan berhadapan dengan dunia tulis-menulis.

Nah dari sinilah seorang blogger juga minimal harus punya minat pada dunia tulis menulis. Tidak adanya minat menulis akan membuat seorang blogger instan ini melakukan copy paste. Penulis mengatakan blogger instan karena blogger yang melakukan copy paste tidak akan bertahan lama dan akan segera berhenti dengan sendirinya. Hal ini karena mereka tidak akan mendapatkan hasil apapun dari kegiatan blogging-nya.

3. Terlalu Mementingkan Kuantitas Daripada Kualitas

Selanjutnya hal yang bisa menjadi penyebab seorang blogger melakukan copy paste adalah terlalu berfokusnya mereka pada kuantitas (jumlah) artikel daripada kualitas artikel. Ya, semakin banyak artikel yang diterbitkan memang akan membuat sebuah blog akan cepat dan banyak dikunjungi visitor. Namun percayalah bahwa hal ini tidak akan berlangsung lama.

Pasalnya #Google sudah punya sistem sendiri untuk menempatkan blog-blog atau website yang punya nilai dan orisinalitas pada konten-konten yang dimiliki. Jadi sebanyak apapun konten artikel yang diposting jika ternyata konten tersebut copy paste maka hal ini akan percuma saja dan tidak akan membuat blog mereka jaya seterusnya. Maka dari itu utamakan saja kualitas yang baik dalam membuat artikel untuk blog. Meski sedikit asal berkualitas maka Google pun akan menyukainya.




Baca juga: Ini Lho Susahnya Ngeblog, Masih Minat Jadi Blogger?

4. Tidak Serius dan Hanya Mencari Recehan

Terakhir, hal yang menjadikan seorang blogger melakukan copy paste adalah karena tidak adanya keseriusan dan hanya mencari recehan. Tidak adanya niat dan keseriusan dalam menjalankan aktivitas blogging memang akan membuat seseorang tidak punya gairah dan semangat untuk menulis artikel dengan baik. Maka alih-alih menulis dengan artikel yang berkualitas, mereka kemudian cenderung melakukan plagiat atau copy paste. Dan kebanyakan blogger yang tidak ada  niat dan keseriusan mereka adalah orang-orang yang hanya mencari uang receh di dalam blog.



10 total comments on this postSubmit yours
  1. saya biasanya,ngutif 1 atau 2 bait tpi untuk selebihnya kratif sendiri.

  2. Kalo saya sendiri alasanya krna kesulitan mrangkai kta2 gan.pabaliut..

  3. Ada kok blog 100% copas yang masih hidup blognya. Hanya modal tengak- tengok sudah dapat banyak artikel alias artikel copasan sudah begitu blognya dimonetize lagi. Kadang saya jengkel juga jika tahu artikel yang saya buat dengan susah payah dicopas orang. Untungnya Google pinter dan bisa membedakan mana pemilik artikel asli dan mana pencuri.

  4. Menurut saya pribadi sebagai newbie mungkin artikel copas adalah hal tidak etis. Jadi mungkin alternatifnya adalah dengan membuat artikel yang sama tetapi tetap dengan cara penyampaian atau kata-kata kita sendiri.
    Mohon koreksinya kalau salah. sangat newbie banget

  5. Menurut saya, sebagai tambahan dari penjelasan di atas, ada sebagian melakukan copy paste karena ketidaktahuan saja. mereka menganggap sah-sah saja copy pasti asalkan memberikan sumber walaupun pemberian sumber masih salah. Walaupun memberikan sumber tetapi link mati, tentu masih membahayakan si pemilik artikel asli bila pemilik tidak menguatkan backlink

  6. malau pun saya masih newbi saya tetep tidak mau copas.

  7. blog dengan artikel copy paste tentu tidak akan bertahan lama hidupnya, bagaimanapun juga content is king. Usahain bikin artikel yang berkualitas, gak cuma ngejar keuntungan dari adsense saja, tapi harus ada value dari artikel yg dibuat.. ;)

  8. Kalau dulu tidak begitu tahu manfaat banyak trafik pada blog, awal ngeblog saya melakukan copas karena artikelnya menarik penting saya teruskan bagikan di blog saya, sekaligus jadi arsip online informasi-informasi yang bermanfaat. kalau lupa bisa buka blog sendiri dan membacanya. setelah itu manfaat menulis sendiri cukup dirasakan, dari situ mulai bangun blog sendiri tulisan sendiri. lainnya karena alasan tidak percaya diri seperti di ulasannya postingan ini.

  9. Mungkin sebagian blogger ingin jalan pintas aja mas marikxon, memang dalam melakuan copy paste tidak dapat meningkatkan kualitas blog tersebut dan di mata seacrh engine tidak terlalu di perhatian bagi para blogger yang melakukan copy paste

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud