Bisnis Properti: 11 Cara Mulai Tanpa Modal, Kelebihan, & Jenisnya

Bisnis Properti – Kebutuhan akan tempat tinggal yang semakin meningkat, membuat bisnis properti laris manis. Kendati demikian, untuk menjalankan bisnis ini dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Lalu bisakah memulai bisnis properti tanpa modal? Jawabannya adalah tentu saja bisa. Bahkan bagi anda yang ingin mencobanya untuk pertama kali bisa melakukan hal ini.

Caranya? Simak terus penjelasan terkait di bawah ini.

Peluang Bisnis Properti

Sebelum kita membahas bisnis properti tanpa modal, ada baiknya untuk memahami apa itu bisnis properti. Secara garis besar, bisnis ini bisa dilihat sebagai sebuah cara untuk mengembangkan aset dengan melakukan jual beli atau penyewaan properti. Umumnya bisnis ini bisa dilakukan secara individu atau dengan bentuk badan usaha.

Misalnya, anda membeli sebuah tanah dengan harga Rp10 juta per meternya. Nanti ketika angka ekonomi sedang meningkat, anda bisa menjual tanah tersebut dengan harga berkali-kali lipat dari harga beli. Atau anda juga bisa juga menyewa rumah atau tempat yang anda miliki kepada pelanggan yang membutuhkan.

Bisnis properti adalah Salah satu jenis bisnis yang menjanjikan keuntungan yang besar dan membutuhkan modal yang tidak sedikit juga. Meskipun begitu, banyak orang yang menjajal peruntungannya di ranah ini.

Selain itu, peluang bisnis ini juga ada banyak. Seperti makelar properti dengan menawarkan kerjasama dengan beberapa agen atau developer, lalu menjadi agen properti di beberapa developer rumah, hingga membuka atau menyewakan tempat penginapan. Tentunya prospek yang didapatkan sangat menguntungkan, bukan?

Kelebihan Menjalankan Bisnis Properti Tanpa Modal

Setiap bisnis yang dijalankan tentu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Tidak terkecuali dengan bisnis ini. Ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan ketika menjalani bisnis dengan prospek yang besar ini. Di antaranya adalah:

Harga Jual yang Meningkat dari Tahun ke Tahun

Sudah bukan rahasia umum lagi jika harga properti selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Tidak heran jika ada banyak orang yang ingin mencoba peruntungan dengan membuka bisnis properti tanpa modal.

Tidak Kena Inflasi

Kelebihan menjalankan bisnis properti tanpa modal berikutnya adalah tidak akan kena inflasi. Sehingga anda tidak perlu takut atau khawatir ketika Indonesia sedang mengalami inflasi. Hal ini sama sekali tidak akan mengganggu bisnis anda.

Nilai Jual yang Tinggi

Jika anda menjual properti di lokasi yang strategi, maka harga jualnya akan meningkat. Misalnya dekat dengan stasiun, sekolah, rumah sakit, tempat wisata, dan tempat publik lainnya. Meskipun dijual dengan harga yang tinggi dan mahal, nyatanya masih ada yang membutuhkan rumah di lokasi yang strategis.

Baca juga: Bisnis Musiman: Pengertian, Jenis, Tips, Contoh & Untung Ruginya

Jenis Bisnis Properti Tanpa Modal

Bisnis Properti: 11 Cara Mulai Tanpa Modal, Kelebihan, & Jenisnya
Cara memulai bisnis properti tanpa modal: 1. Manfaatkan Teknologi Internet, 2. Perhatikan Orang-orang di Sekitar Anda, 3. Bersikap Jujur

Ada beberapa jenis bisnis properti tanpa modal yang bisa anda lakukan. Bahkan beberapa di antaranya minim resiko. Di antaranya adalah:

Menyewakan Rumah

Jika anda atau orang di sekitar anda memiliki rumah yang tidak terpakai, anda bisa memanfaatkannya dengan menyewakan rumah tersebut. Di sisi lain, jenis bisnis properti tanpa modal ini bisa menjadi passive income. Anda bisa memilih sistem sewa bulanan atau tahunan.

Menyewakan Unit Apartemen

Selain rumah, anda juga bisa menyewakan unit apartemen. Sistem sewanya bisa dalam jam, harian, bulanan, hingga tahunan. Jika dirasa perlu, anda juga bisa memasarkannya melalui aplikasi pihak ketiga.

Menyewakan Villa

Villa merupakan salah satu properti yang paling sering dicari ketika ingin mengadakan acara keluarga. Terutama jika villa tersebut berada di lokasi yang strategis. Biasanya villa mulai dicari ketika musim liburan tiba. Kekurangan dari jenis bisnis properti tanpa modal yang ini adalah kesulitan mencari penyewa lainnya ketika sudah tidak musimnya.

Menyewakan Ruko

Ruko termasuk salah satu bagian properti yang dibutuhkan orang untuk membuka usaha. Biasanya harga sewa ruko tergantung pada lokasi dan luasnya. Jika anda memiliki ruko di lokasi yang strategis dan dengan luas yang mencukupi, kemungkinan besar harga sewanya bisa lebih tinggi. 

Menjadi Agen Properti Independen

Terakhir, anda bisa mencoba untuk menjadi agen properti independen. Beberapa developer atau agen properti menawarkan bentuk kerjasama bagi anda yang ingin memulai bisnis properti tanpa modal. Nantinya, anda akan menjadi pihak ketiga antara penjual dan pembeli. Besarnya komisi yang didapatkan tergantung pada kontrak perjanjian kerja.

Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

Mungkin sekilas nampaknya tidak mungkin jika memulai bisnis properti tanpa modal. Tapi nyatanya, anda bisa melakukannya. Bahkan beberapa cara di bawah ini bisa dilakukan oleh pemula atau bagi Anda yang ingin belajar mengenai industri properti. Di antaranya adalah:

1. Bisnis Properti Tanpa Modal dengan Memanfaatkan Teknologi Internet

Perkembangan internet telah menjadi salah satu fasilitas terbaik yang dapat kita gunakan untuk merintis bisnis properti. Rajin-rajinlah mencari informasi mengenai objek properti atau lahan yang ingin segera dijual.

Jangan lupa untuk mengambil screen shoot atau memotret objek properti tersebut dan mulailah memasarkannya melalui internet. Gunakan nomor kontak yang mudah dihubungi agar calon pembeli properti dapat segera menghubungi anda.

Beberapa media internet yang bisa anda manfaatkan, diantaranya:

  • Marketplace
  • Media Sosial
  • Blog
  • Forum

2. Perhatikan Orang-Orang di Sekitar Anda

Mengawali bisnis properti tanpa modal secara mandiri, kemungkinan besar anda tidak akan rugi sama sekali. Namun, tentu saja anda harus fokus dan rajin dalam mencari properti agar bisnis ini bisa berjalan.

Bisnis properti bisa kita mulai dengan memperhatikan kebutuhan akan properti dari orang-orang di sekitar kita. Mungkin ada orang-orang di sekitar kita yang sedang menjual atau mencari properti, anda bisa ikut nimbrung jika ada percakapan mengenai hal tersebut.

Kita bisa belajar menjalankan bisnis dari siapa saja dan kapan saja. Saat belajar, kita bisa lebih bebas bereksplorasi tanpa harus terbeban dengan perjanjian untuk mencarikan rumah sampai dapat.

3. Bersikap Jujur Pada Segala Situasi

Kejujuran adalah salah satu faktor penentu keberhasilan menjalankan bisnis properti, apalagi jika anda adalah orang yang berada pada posisi sebagai perantara. Jangan pernah berbisnis dengan cara berbohong, baik kepada penjual ataupun pembeli/ penyewa properti.

Satu kekecewaan dari pihak penjual atau pembeli atas kebohongan anda akan merusak seluruh kerja keras yang sudah anda bangun selama ini.

Sebaliknya, sikap jujur dan terbuka yang anda tunjukkan dalam berbisnis akan berdampak pada rasa percaya dari klien anda sehingga mereka kemungkinan akan menggunakan jasa anda kembali atau bahkan merekomendasikan jasa anda pada kerabat mereka.

4. Jalinlah Relasi yang Baik dengan Pihak Penjual

Bila kita memiliki hubungan yang baik dan terbuka dengan pihak penjual, maka kita tak akan kesulitan untuk menegosiasikan komisi penjualan objek properti. Berterus teranglah bila anda bermaksud menerima komisi dari keberhasilan penjualan tersebut.

Jangan lupa juga untuk menegosiasikan nilai komisi yang diinginkan, agar tidak ada kecurigaan dan ketidakjujuran selama proses transaksi jual beli objek properti.

5. Meyakinkan Investor

Ada orang-orang yang membeli objek properti bukan untuk tempat tinggal, melainkan sebagai bentuk investasi. Di sinilah celah kesempatan bisnis yang harus anda manfaatkan. Hendaknya kita dapat membangun relasi yang baik dengan pihak penjual dan pihak investor.

Setelah pihak investor berhasil membeli objek properti tersebut, carikanlah pihak pembeli lain yang ingin membeli kembali objek properti tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Dengan begitu, pihak investor akan mempercayai kita sebagai salah satu pemberi referensi yang tepat untuk masalah investasi properti.

10+ Cara Mulai Bisnis Properti Tanpa Modal, Kelebihan, & Jenisnya
Cara memulai bisnis properti tanpa modal: 1. Manfaatkan Teknologi Internet, 2. Perhatikan Orang-orang di Sekitar Anda, 3. Bersikap Jujur

6. Mencari Informasi Properti dari Surat Kabar

Selain melalui internet, mencari informasi tentang properti bisa juga dilakukan melalui surat kabar. Dengan modal dua hingga tiga ribu rupiah per hari, kita dapat mengakses informasi terkini mengenai objek properti apa saja yang sedang diperjualbelikan.

Ketika kita telah berhasil menghubungi pihak penjual objek properti, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mulai memasarkan objek properti tersebut.

7. Bekerjasama dengan Pihak Developer

Bekerjasama dengan pihak developer properti tentu memberikan kita kemudahan untuk mendapatkan informasi terkini tentang objek properti.

Bahkan kita dapat memperoleh informasi yang sangat lengkap dan aktual mengenai lokasi properti yang strategis, harga promosi, diskon, dan berbagai penawaran menarik lainnya.

8. Lakukan Mark Up Harga dengan Tepat

Walaupun berada di lokasi yang sama, harga objek properti bisa saja berbeda-beda karena pengaruh luas tanah, kondisi bangunan, keberadaan fasilitas serta akses kendaraan dan fasilitas umum. Oleh sebab itu, kita harus lebih cermat ketika mulai memasarkan suatu objek properti.

Mulailah meninjau kembali apakah harga yang kita tetapkan sudah sesuai dengan kualitas objek properti yang akan dijual. Bila kita menetapkan harga yang masuk akal, niscaya para pelanggan akan kembali menghubungi anda ketika akan melakukan proses jual beli objek properti.

9. Jadilah Perantara yang Baik

Dunia tak akan runtuh bila calon pembeli yang sedang menawar ternyata tidak jadi membeli objek properti yang anda pasarkan. Oleh sebab itu, berusahalah untuk menjadi perantara yang baik dan tidak annoying.

Jelaskan keunggulan objek properti yang anda pasarkan dengan kemampuan product knowledge yang baik. Namun, jangan memaksa bila sang calon pembeli ternyata tidak jadi membeli objek properti tersebut.

10. Membuat Website Bisnis Properti Anda

Manfaatkan teknologi untuk meningkatkan performa bisnis properti yang sedang Anda bangun. Selain mencari informasi properti di internet, kita juga harus mulai mempromosikan jasa dengan cara profesional.

Salah satu cara terbaik untuk promosi bisnis yang kita jalankan adalah dengan membuat website. Dengan adanya website bisnis, maka orang akan menganggap bisnis Anda profesional. Untuk membuat website, anda bisa memanfaatkan platform gratis yang mudah dimodifikasi, yaitu WordPress dan Blogger.

Dengan membuat website untuk bisnis anda, maka brand bisnis akan terbentuk dan diingat klien. Menjaga reputasi dan juga nama baik bisnis properti anda menjadi pekerjaan penting selanjutnya.

11. Aktif  Mengikuti Kegiatan Bisnis Properti

Dalam dunia bisnis properti, selalu ada perubahan dan perkembangan terbaru yang harus diikuti. Itulah alasan mengapa para pebisnis properti harus aktif, karena memang bisnis ini sangat dinamis.

Untuk menambah wawasan dalam dunia properti, maka anda harus selalu hadir dalam kegiatan yang berhubungan dengan bisnis, pameran properti, peluncuran properti, seminar tentang properti, dan juga pelatihan tentang bisnis properti.

Dengan mengikuti berbagai kegiatan tersebut, maka pengetahuan anda tentang bisnis properti akan terus uptodate. Selain itu, anda juga akan mendapatkan banyak insight tentang bagaimana cara menjalankan usaha properti yang menjanjikan dan jangka panjang.

Baca juga: Peluang Usaha Pulsa: Jenis Bisnis yang Tak Ada Matinya

Kesimpulan

Sama seperti bisnis pada umumnya, bisnis properti tanpa modal juga harus dijalankan dengan benar dan sungguh-sungguh jika ingin berhasil. Terlebih persaingan di sektor industri ini cukup ketat. Anda bisa mencoba berbagai cara yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba dan selamat berbisnis!

So, be a proactive and communicative person.

Advertisement
M Majid

Mochamad Majid adalah content writer sekaligus editor di Maxmanroe.com. Menyukai dunia digital media dan fotografi.

13 thoughts on “Bisnis Properti: 11 Cara Mulai Tanpa Modal, Kelebihan, & Jenisnya”

  1. Memang untuk berjalan di bidang property harus mengerti semuanya dan tidak bisa langsung berhasil. Tapi harus dijalani pelan pelan sambil menambah pengalaman.

    Reply
  2. Terima kasih. Sangat bermanfaat buat yang bisnis dibidang properti. Dengan pengetahuan, usaha, semangat disertai tips yg bagus, lebih cepat sukses. Iklan di internet banyak juga yang menyediakan iklan gratis. salah satunya yaitu rumahdewi.com

    Reply
  3. Binsnis properti cukup menjanjikan, terutama perumahan mengingat saat ini Indonesia mengalami bonus demografi. Indonesia sedang didominasi oleh usia muda yang membutuhkan properti, terutama perumahan.

    Masih terbuka lebar untuk bisinis ini

    Reply
  4. Bisnis properti memang bagus buat masa depan, bisa belajar banyak hal sekaligus dan hasilnya sebanding dengan usaha kita.
    Salam..
    Andra Panangian School of Properti.
    PropertiPortal.com

    Reply
  5. point nomor 5 harus di coba, biasanya orang developer lebih paham seluk beluk properti..apalagi kalau kita sudah dapat lahan, join sama orang developer bisa jadi kerjasama yang menguntungkan..

    Reply
  6. tips yang bermanfaat, namun berbicara tentang meyakinkan investor, meskipun nggak mudah awalnya tapi patut untuk dicoba :)

    Reply
  7. Tips yang menarik, dan sempat saya terapakan dalam bisnis saya. dan mebuahkan hasil yang positif. dengan artikel ini akan menambah wawasan saya tentang dunia properti.

    Reply
  8. Pasti bisa ya ? yaaah semoga aja deh, kita coba usahakan dulu. terimakasih atas artikel ini, sangat bermanfaat untuk pembaca khususnya saya sebagai orang pemula yangg ingin sukses di dunia properti, amiin

    Reply
  9. Untuk bisnis properti sendiri membutuhkan keahlihan khusus dalam merancang, mendesain dan mengelola properti. Semua harus diperhitungan secara matang terlebih dahulu agar prospek keuntungannya besar. :)

    Reply
  10. tips yang menambah wawasan mengenai bisnis properti, saya setuju untuk memulai bisnis properti tidak harus dari modal besar. tapi mulailah dulu dari ilmu dan pengalaman.

    Reply
  11. Tips yang sangat bermanfaat. Sedikit menambahkan, dari pengalaman. Bagi agen properti perlu jg untuk memperkaya pengetahuan tdk hanya soal teknis mengenai properti tetapi aspek2 lain seperti legalitas, pembiayaan, dll.

    Reply

Leave a Comment