Beranda Bisnis Bisnis MLM Online ~ Apakah Model MLM Terbaru Ini Punya Potensi?

Bisnis MLM Online ~ Apakah Model MLM Terbaru Ini Punya Potensi?

bisnis-mlm

Bisnis MLM (Multi Level Marketing) adalah network marketing atau bisnis  di dalam jaringan yang sistemnya sangat berbeda dengan sistem bisnis konvensional. Produk yang dijual pada bisnis MLM ini biasanya langsung dipasarkan oleh dan untuk orang-orang yang ada di dalam jaringan tersebut atau orang di luar network mereka tanpa melalui jalur distribusi yang rumit seperti yang biasa terjadi pada bisnis konvensional. Ini membuat proses penjualan menjadi lebih efektif karena tidak membutuhkan biaya tambahan pada proses distribusi barang yang dijual.

Namun, banyak diantara kita yang menganggap bahwa bisnis MLM itu adalah sebuah bisnis yang hanya menguntungkan sebagian orang saja. Bahkan ada juga orang yang mengatakan bahwa bisnis MLM itu adalah sebuah bisnis money game karena dianggap hanya menguntungkan orang yang berada di atas saja. Apakah benar seperti itu?

Kalau kita bicara bisnis MLM (Multi Level Marketing), berarti harus ada produk yang dijual, baik itu produk fisik ataupun produk digital yang memang dibutuhkan banyak orang. Kalau ternyata MLM tersebut tidak punya produk atau produknya tidak jelas sama sekali, maka Anda sudah sepatutnya curiga. Model bisnis MLM tanpa produk disebut juga dengan arisan berantai, dimana orang-orang yang berada pada posisi atas akan mendapatkan keuntungan, sedangkan orang-orang yang terakhir mendaftar akan ‘gigit jari’ karena mereka tidak akan mendapatkan keuntungan.

Artikel terkait: Fakta Tentang Bisnis Online

Saya Menganggap Bisnis MLM Sudah Mati

Dulu saya pernah ikut bisnis MLM dan menjalankannya dengan cara yang lama, secara offline. Anda tahu kan bagaimana kegiatan orang-orang yang ikut bisnis MLM dalam membangun bisnis mereka? Ya, kita harus ikut pertemuan, training berkali-kali, cari prospek, follow up prospek, menjual produknya, dan masih banyak lagi kerjaan ‘printilan’ lainnya yang sangat menyita waktu, pikiran, dan tenaga. Terus terang, saya bukan tipe marketing seperti itu, dan hasilnya udah bisa dipastikan…. Saya gagal :P

Mengalami kegagalan di bisnis MLM waktu itu tidak membuat saya berpikir bahwa MLM yang saya kerjakan adalah scam atau money game. Semua jenis bisnis memang harus dikerjakan dengan serius secara kontinu termasuk MLM. Kegagalan saya waktu itu adalah karena kurangnya waktu dalam mengerjakannya dan saya merasa terlalu lelah untuk melanjutkannya. Selain itu, pekerjaan di kantor yang menguras banyak energi membuat saya tidak sanggup untuk membuat bisnis MLM yang saya kerjakan berjalan dengan baik.

Waktu itu saya menganggap bisnis MLM sudah mati karena hanya bisa dikerjakan orang-orang tertentu saja, bukan saya. Bisnis MLM tidak cocok buat saya karena saya bukan tipe orang yang bisa mempengaruhi orang lain, dan juga bukan tipe marketing offline yang bisa menjual sebuah produk dengan bahasa marketing yang disusun sedemikian rupa. Ditambah lagi, saya orangnya agak malas kalau harus merayu orang lain untuk membeli sebuah produk hehehe. Singkat kata, waktu itu saya jadi tidak suka bisnis MLM.

Bisnis MLM Online ~ Mahluk Apa Lagi ini?

Beberapa minggu yang lalu saya baru ketemu website BlakBlakan dari sebuah iklan. Web ini dibuat khusus untuk bisnis MLM yang katanya bisa dijalankan secara online, wah apalagi nih? Saya jadi penasaran dong. Menurut pengelola website tersebut, kita bisa mengerjakan bisnis MLM tanpa harus ketemu dengan calon prospek, tidak perlu follow up sendiri, tidak perlu repot ngurusin presentasi bisnis, dll. Yang perlu dilakukan adalah mempromosikan website replika milik kita kepada orang lain. Website replika ini akan disediakan oleh pihak pengelola bisnis MLM online tersebut. Pemilik website itu adalah Rudy Setiawan, seorang internet marketer kelas dunia.

Membaca sales letter dari Pak Rudy membuat saya tertarik untuk bergabung dalam bisnis MLM online yang dia kelola itu. Tidak lama setetelah membaca penawaran dari Pak Rudy, saya langsung bergabung dan mengambil salah satu paket yang agak murah. Bukannya tidak mau ngambil paket yang lebih besar, tapi waktu itu dana yang tersisa untuk pengeluaran tak terduga hanya cukup untuk paket yang murah hehehe.

Produk yang dijual pada bisnis Multi Level Marketing ini adalah produk-produk kesehatan dari Golden Life (P.T. Golden Inti Gemilang). Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2010 dan sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun dalam dunia network marketing. Selain itu, perusahaan ini dimiliki oleh konsorsium bisnis yang sukses selama lebih dari 10 tahun di bidang trading, kesehatan, transportasi, otomotif, food, sport industry, dan lainnya. Tentunya mereka ini bukanlah perusahaan ecek-ecek yang baru berdiri. Baca tentang perusahaan Golden Life di sini.

Kenapa bergabung dengan Pak Rudy Setiawan? Kenapa tidak langsung bergabung dengan Golden Life?

Bisnis MLM online yang ditawarkan oleh Pak Rudy memiliki kelebihan tersendiri. Dia sudah membuat sebuah sistem dalam bentuk web, dimana setiap orang yang bergabung dengan MLM Golden Life di dalam network/ jaringannya akan mendapatkan beberapa fasilitas dan support secara online yang tidak akan di dapatkan jika kita bergabung langsung ke Golden Life.

Salah satu support yang membuat saya sangat terbantu adalah sistem dari Blakblakan yang memfollow up calon member baru secara online yang dilakukan secara otomatis oleh sistem web yang telah dibuat oleh Pak Rudy. Setiap orang yang mendaftarkan emailnya melalui referensi saya, akan difollow up secara berkala oleh timnya Pak Rudy melalui email, jadi saya tidak perlu repot lagi untuk mengirimkan email pada calon member tersebut.

Bagaimana Potensi Bisnis MLM Online Ini?

Menurut saya semua model bisnis pasti membutuhkan kerja keras dan juga butuh waktu untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Sama halnya dengan bisnis Multi Level Marketing online. Baru satu minggu saya menjadi member aktif di BlakBlakan+Golden Life, downline saya sudah ratusan. Sayangnya downline ini masih belum bergabung di dalam MLM nya, baru mendaftar di BlakBlakan saja hehehe.

Ketika artikel ini saya buat, baru ada satu downline yang menjadi member BlakBlakan+Golden Life. Tapi ini adalah sebuah kemajuan yang positif, berarti sistem yang dibuat oleh Pak Rudy Setiawan berjalan dengan baik. Hanya tinggal menunggu waktu saja, dan member yang lain kemungkinan besar akan ikut bergabung dalam group saya. Menurut saya, ini adalah sebuah potensi bisnis yang sangat baik untuk jangka panjang.

Mungkin Anda tertarik untuk bergabung dalam sebuah bisnis MLM online. Sebaiknya jangan terburu-buru dalam memutuskan untuk bergabung, akan lebih baik bila kita mempelajari terlebih dahulu tentang perusahaannya, potensi bisnisnya, sistemnya, dan lain-lain.

Artikel terkait: Peluang bisnis online

Berikut ini adalah tips singkat buat Anda dalam memilih bisnis MLM, agar terhindar dari bisnis MLM yang merugikan:

1. Perhatikan produk yang dijual

Lebih baik bergabung dengan MLM yang fokus pada produk sejenis tapi memiliki varian produk. Misalnya bisnis MLM yang fokus pada produk kesehatan, dan memiliki beberapa jenis produk untuk kesehatan. Mengembangkan bisnis seperti ini lebih mudah dibandingkan MLM yang jenis produknya sangat berfariasi. Perhatikan juga harga produknya, sebaiknya pilih MLM yang tidak mengharuskan membernya untuk menginvestasikan uang dalam jumlah yang besar.

2. Pastikan produk yang dijual berkualitas

Tentunya kita tidak ingin bergabung dengan MLM yang produknya tidak berkualitas, tidak punya paten, dan tidak punya kredibilitasnya di mata konsumen. Ini akan sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan pembeli/ customer yang akan menggunakan produk tersebut. Selain itu, pastikan produk tersebut adalah produk yang selalu dibutuhkan oleh pelanggan, misalnya obat-obatan, produk kesehatan, dan kosmetik.

3. Pilih perusahaan MLM yang punya reputasi baik

Akan lebih baik bila Anda memilih perusahaan MLM yang sudah cukup bonafit. Perusahaan ini biasanya memiliki banyak distributor yang sudah sukses dan sudah dikenal masyarakat luas.

4. Pastikan MLM tersebut memberikan support

Setiap orang yang bergabung dalam MLM pasti membutuhkan support, baik itu untuk membantu follow up, membantu untuk promosi, atau hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis MLM yang diikuti. Inilah yang saya sukai dari sistem yang dibuat oleh Pak Rudy, saya tidak perlu melakukan proses follow up pada calon member baru – tapi kalau saya mau sih bisa saja.

Nah, dari uraian singkat saya di atas, kita sudah bisa sedikit memahami tentang bisnis MLM online, dimana kita bisa menjalankan bisnis tersebut secara online. Bisnis MLM ini tentunya membutuhkan modal, namun modal dan waktu yang dikeluarkan tidak sebesar jika kita memulai bisnis MLM konvensional. Selain itu, sistem yang dibuat sedemikian rupa sangat memudahkan kita untuk menjalankannya. Terimakasih sudah membaca artikel saya, salam sukses :)

Tentang MLM di Wikipedia

62 KOMENTAR

  1. Saya juga pernah mengikuti Bisnis MLM Jual dan Beli Produk tapi menurut pendapat pribadi saya banyak kelemahannya Bisnis MLM Produk:

    1. Persaingan Harga antara MLM satu dengan yang lain

    2. Harga Jual tidak bisa di kontrol

    3. Masing2 member bisa jual harga di bawah harga distributor

    Coba cari barang MLM di Toko Online seperti buka lapak, tokopedia dll banyak barang MLM yang dijual murah

    Kesimpulan saya kalau produk dan kwalitasnya memang bagus tapi Bisnisnya hanya beberapa orang yang meraih kesuksesan itupun suatu saat juga akan rontok kalau member-member tidak ada yang tutup poin

    Biasanya Pemain MLM pindah dari satu MLM ke MLM lain

  2. Waspada dan Hati-hati dalam Memilih Bisnis,Sekarang Lagi Semaraknya Bisnis MLM Bodong dan Ilegal, Jika Anda Ingin Terjun Ke Dunia MLM, Pastikan Productnya laku dan Di butuhkan oleh Masyarakat dan Harga Productnya Pun juga Masuk Akal, dan Pastikan Perusahaannya Memiliki Izin Resmi Yg Jelas,Seperti SIUPL,Karena Setiap Perusahaan MLM Wajib Memiliki SIUPL Demi Guna Mempertanggung Jawabkan Antara Perusahaan dengan Member dan juga Konsumen Baru, Jika Perusahaan Tidak Memiliki SIUPL,Berarti Perusahaan Tsb boleh dikatakan Bisnis MLM ILEGAL / Alias TIDAK RESMI dan Tidak Dapat di Pertanggung Jawabkan,SARAN SAYA, Pastikan Productnya Terdaftar di BPOM dan Memiliki SIUPL dari BKPM,dan Lebih Bagus Lagi Terdaftar Resmi Keanggotaan APLI,dan Pastikan Anda Memilih Bisnis yg legal dan Aman,

  3. Program MLM (Network Marketing) terbaru.

    LAUNCHING 27 Juni 2016.

    Menggabungkan antara Binary, Trinary, Quartenary dan Quinary menjadi satu kesatuan dalam sistem.

    Ini yang PERTAMA di Dunia bisnis MLM.

  4. berbicara mengenai bisnis MLM, pasti terkait dengan bisnis money game atau bisnis jaringan, tapi anggapan seperti itu merupakan pendapat yang salah karena tidak semua bisnis mlm seperti itu karena masih ada diluar sana bisnis mlm yang benar terpercaya dai segi bisnis maupun produknya asalkan anda berusaha pasti akan memperoleh kesuksesan. Terlebih lagi dengan bantuang media online pasti akan sangat cepat proses pencapaian tersebut.

    • Pak Supono minta dong info mlm yg dikembangkan bersama pak Rudi, termasuk marketing plan nya

  5. Bisnis adalah bisnis, berhasil tidaknya semua bisnis tergantung pelakunya, bisnis mlm pun jik dilakukan dengan benar akan memberikan hasil.

  6. Pemasaran Herbal

    Bisnis pemasaran jaringan atau MLM layaknya bisnis lainnya yg memiki peluang berhasil dan gagal tergantung pelakunya. Saya rasa bisnis jenis ini akan tetap hidup selama populasi manusia masih ada. Artinya tidak ada matinya karena sejatinya mengandalkan manusianya sebagai media pengembangan jaringan. Saya sendiri kurang lebih 2 tahun menggelutinya. Alhamdulillah hasilnya mulai terasa. Terimakasih atas ulasannya.

  7. Saya sendiri bergabung dgn salah satu MLM yg sudah lama berdiri di Indonesia, dan sampai saat ini masih banyak membernya terutama saya yg mendapatkan bonus sesuai dgn apa yg telah kita jual.
    Salam sukses untuk admin Maxmanroe

  8. Jannes Hasibuan

    Apa yg mau dicoment, sy mau coba cari tau yg jelas

  9. Bisnis Dari Rumah

    Untuk saat ini mending mlm yg produknya mudah di pasarkan & kebutuhan masyarakat jadi repeat ordernya tinggi . Meski tanpa tupo .

  10. menurut saya MLM itu sangat bagus untuk berwiraswasta yg bisa di katakan tanpa modal besar seperti mendirikan usaha2 lainnya,
    saya sekarang ini juga bergabung dalam salah satu MLM yng menjual produk minuman kesehatan,,

  11. New blakblakan 2015

    Support yang di berikan pak rudi emang mantap apalagi bisnis terbarunya yang prelaunching bulan januari di tahun 2015 ini. banyak inovasi yang terus di kembangkan untuk mensupport anggota blakblakan.

    memilih blakblakan sebagai websupport untuk bisnis mlm merupakan pilihan yang tepat

  12. Menurut saya, MLM selagi masih berbentuk penjualan suatu produk dan bukan hanya menjual mimpi / iming2 besar dan cepat dapat uang, masih layak untuk dicoba dan dijalankan.

  13. Tahun 2014 kemarin ada program MLM bernama (MMM) yang ternyata hanya merupakan permainan uang oleh kalangan atas, dengan sistem yang tidak stabil dan keuangan yang tidak terpercaya akhirnya empirisme MMM pun runtuh dan diperiksa oleh BPK karena tidak ada produk yang dijual.
    Saya ingin menawarkan bagi anda yang berminat untuk bergabung dengan bisnis MLM yang sudah berjalan lebih dari 3 tahun yang memiliki sistem yang sangat stabil dan terpercaya, didukung dengan Produk Kesehatan yang Baik bagi kesehatan keluarga.
    Program Bisnis Moment memberikan anda banyak bonus dan keuntungan, semua tergantung konsistensi anda dalam menjalaninya.
    Bila anda tertarik silahkan hubungi kami di Kontak yang tertera. Terima Kasih

  14. kalau menurut saya mlm itu sah2 saja gak selamany kita berada pada tangga bawah asalkan kita mau berusaha toh upline kita juga dari bawah karena kerja keras upline bisa menikmati hasilny begitu juga dengan kita jika kita mau berusaha maka kita juga bisa menikmati hasil kerja kita seperti upline kita.
    untuk bisnis mlm yang menghasilkan silahkan klik link di atas

  15. www.BioGreenScience4U.com

    Dear Pak Max Manroe,

    Saya sangat tertarik dengan ulasan bisnis di blog Bapak ini. Mohon infonya bagaimana caranya jika saya ingin blog saya juga diulas di blog Bapak ini.

    Terima kasih,
    Henry

  16. wah”, isi nya orang” pinter semua nich, jadi takut mau coment apa… semua bisnis itu bagus, scam dll biar aja lahh, hati” dan pasang waspada pada diri sendiri, ndak usah saling menonjolkan mana yg terbaik dan menjatuhkan yg terburuk.. stiap insan punya pertimbangan masing” dan penilaian sebatas dri kacamata pengetahuan masing” insan.. yg terbaik dri yg terbaik adalah bisnis yg tanpa perlu menonjolkan keunggulan dan tanpa menunjukkan kekurangan yg lain.. jaman demokrasi bisnis broooo, bangga kok nunjukin hasil pribadi… mobil,rumah,ratusan jt per bulan… basiiii brooo.. besok lu matiii gak ada gunanya… tunjukin donk, berkat mlm ini nih.. aku berhasil membangun 10masjid kekk, 10gereja kek… vihara kek.. bisa ngumpulin anak yatim piatu 100 dan aku kasih makan dri mlm ini…. ada kah yg mampu kasih tesimoni semacam itu.. boro”… mentri agama aja korupsi dana haji… salut dech buat orang” pinter…

  17. jujur saya benci, tapi suka jg yg namanya MLM. Ada 2 alasan saya benci MLM tsb, pertama karena bnyk perusahaan yg emg sengaja mencari keuntungan dgn iming2 multilevel marketing atau bs d bilang bahasa kasarnya ya nguntungin upline krn tidak punya sistem yg pasti, dan pastiny bnyk org bodoh yg terkena dlm hal ini karena emg d iming2in hasil yg bnyk. Kedua kurang lebih sama seperti nomor 1, kalau kita mau bergabung d bisnis MLM ya lihat dulu productnya dan company perusahaan tersebut, googling dulu tidak ada salahnya cari buktiny, apakah company tersebut bersih atau memang tidak jelas. Bnyk bukti nyata bisnis MLM itu yg bersih seperti amway, nu skin, herbal life, prudent dll. Jadi saya d sini hanya megubah cara pandang jgn menyama ratakan yg namanya MLM itu jelek, mungkin hanya kurang pemahaman saja. MLM itu arti singkat dan padatny yaitu cara memasarkan product scr cepat dan langsung ke konsumen untuk menghemat biaya cost yg besar seperti iklan, tempat real penjualan dll. Mungkin kalo mau konsultasi tentang MLM bs hubungi saya di 08170106377

  18. Pebisnis Online Marketing

    Ya. Asalkan dijalankan dengan sepenuh hati bisnis apapun itu maka akan menghasilkan yang terbaik. Lakukan yg terbaik dari hati, lalu kesuksesan menghampiri saya. Salam Silaturahmi

  19. pak bingung pak????….mksudnya gmna cara kerjanya????….

  20. ada yg punya info MLM yg punya potensi Long Life Business ? Jika baik, saya akan ikutan dengan GERBONG group member MLM yg pernah saya ikuti….. ditunggu infonya…. silahkan invite saya : 7DFFDD81

    • jozef ficus tedja baskara

      no hp mas Joe berapa? saya telp.

  21. Yang bilang MLM dilarang di amerika dan eropa, datannya dari mana? mantan penasehat gedung putih Doug Wied skrng bisnis MLM, Donald triump, Bill clinton tokoh dunia yg dukung MLM, menteri kesehatan malaysia jg ikut MLM, kerja di perusahaan konglomerat yg untung jg konglomerat, jaman skarang MLM banyak yg online, 90% bisa dikerjakan di rumah

  22. Madu Asli High Desert

    Bisnis MLM itu bagus!, sayangnya di Indonesia ini yang mengerti MLM kurang dari 5%. Kebanyakan yang disangka MLM itu adalah Money Game dengan berbagai variasi yang disangka oleh kebanyakan orang adalah MLM. Atau si Money gamenya yang nyamar dan pura-pura berkedok MLM.

    Mereka yang ngaku pernah dan tahu MLM kebanyakan yang dimaksud adalah Moneygame.

  23. ALFIAN ABDULLAH

    DI AMERIKA DAN EROPA MLM SUDAH DILARANG, HANYA MENGUNTUNGKAN SEGELINTIR ORANG, PENUH TIPUAN, IMING CEPAT KAYA PASTI BOHONG, DAN DALAM ISLAM HARAM, WAHAI UMAT ISLAM JANGAN TERTIPU JANJI JANJI MLM

    • Wah ga perlu capslock dong hurufnya mas Alfian, masa mau tulis komen aja tekan capslock hahaha. Terkait komentar Anda mengenai MLM yang dilarang di Eropa dan Amerika, sebaiknya Anda membaca beritanya secara menyeluruh biar Anda ga salah mengerti. Di Indonesia juga melarang MLM yang tidak sehat, sama halnya seperti di Amerika dan Eropa. Makanya saya sebutkan di artikel ini, tidak semua bisnis yang mengaku MLM adalah MLM yang sehat.

  24. maaf agan, kalau menurut pandangan masyarakat nih ya, katanya yang namanya bisnis MLM itu lebih banyak menguntungkan bagi upline. Saya pernah ikut bisnis online di dunia nyata, tapi gagal terus, apakah ada perbedaan antara MLM dunia nyata dengan MLM online?

  25. Udh tau MLM yg pke sistem syariah blm..? MLM ini lbh bisa dkatakan MPS (Mobile Payment Service), menjadikan pengeluaran pokok kita sehari-hari jdi pemasukan/income..? VSI(Veritra Sentosa Internasional) owner & foundernya Ust.Yusuf Mansyur… Klo di teliti dgn kajian positif “Gile bener nih peluang usaha”.. Mantabb and super maximal Dahsyat…

  26. love poems for her

    bagusan mana nih. Affiliate marketing dengan MLM online? terus apakah benar – benar aman?

  27. Bisnis yang sperti artikel ini sangat sesuai dgn bisnis yang saya jalani skarNg,ada yang minat gabung hub 082147265415

  28. madu asli - high desert

    jadi penasaran…MLM apa sebelumnya yang pernah diikuti…

    kegagalan pertama biasanya akan diikuti oleh kegagalan selanjutnya..
    obatnya hanya berpenampilan seolah-olah sukses.

  29. Bisnis MLM bukan merupakan bisnis yang menjanjikan makan siang gratis, maksudnya tanpa kerja kerja dan upaya yang serius mustahil mendapatkan apa yang dijanjikan

    Yang membedakan adalah apakah kerja keras yang diupayakan sudah diimbangi dengan kerja cerdas, dengan katalain upaya kita sudah diberi, nilai kali dan daya ungkit yang maksimal?

    Beruntung saat ini dunia online sudah menjadi konsumsi target pasar bisnis MLM ini, sehingga bisa menjadi alat bantu untuk mendapatkan nilai kali dan daya ungkit bisnis kita

    Adapun ketika ingin memilih bisnis MLM jangan lupakan aspek peluang dunia online ini, pastikan bisnis yang kita pilih memiliki suport sistem yang memberikan perhatian terhadap peluang yang sangat luar biasa ini

    “GO ONLINE atau BANKRUT”

  30. wah bener itu bro.lebih lengkapnya ada 5 hal yg fundamen dlm memilih usaha MlM 1.Profile perusahaan nya 2.Producnya 3.sistem plan nya,4.suport systemnya.5.Mentoring sistemnya.kalo ana IMPRO (immunotecprofarmasia) pilihannya.

  31. Semua bisa sukses dengan kekuatan gotong-royong.trim salam sukses

  32. Semoga semua sukses dg bisnisnya masing2 ya…

  33. semoga komentar komentarnya tidak saling menjatuhkan antar pemain MLM silahkan bersaing secara sehat, asal keabsahan MLM nya resmi..why not?

  34. bisnis miiiasb yang paling spektakuler, dg bergabung 1 hak usaha yang dibayar 23% dari nilai produk yang di dapat, dan dengan komisi sponsor 500 juta, komisi level 1 juta dan komisi pasangan 60.000. informasi kantor cabang malang: 085755400105/ pin bb: 75ADCBEC

  35. VSI yusuf mansur yg paling keren ayo gabung hub: 085731140536 pin bb: 24c42569

  36. kok nasibnya mirip dengan saya dulu….bisnis mlm itu seperti kita mendorong sebuah kereta ke atas bukit, awalnya pasti berat jika kita yg mendorong sendirian..tetapi jika sudah bisa sampai atas bukit….maka kereta itu akan melaju ttak terhentikan….Begitulah kira2 sedikit gambaran Bisnis MlM….tetapi sekarang semuanya bisa lebih mudah…yA dengan sistem Online

  37. bisnis MLM saat ini memang mulai muncul dipermukaan. Bagi sy yg penting pilih MLM yg punya produk manfaat dan harga masuk akal.
    MLM oflline butuh orang yg handal, bermental baja plus senjata marketing yg tok cer.
    MLM online butuh support system yang canggih, mudah diakses dan banyak peminatnya.
    Apapun MLM-nya jika KO, hrs siap dng resikonya. So.. Teliti, selidiki dan cermati sebelum gabung di MLM pilihan anda.

  38. Salam kenal mas, saya Rosyidi seorang pelaku MLM online. Senang sekali ternyata Seorang Blogger besar seperti anda gabung juga di bisnis MLM (online). Tentu ini sebuah fenomena cukup bagus, karena sampai sejauh ini masih banyak sekali yang alergi terhadap bisnis yang namanya MLM.

    Saya setuju dengan statement anda tentang legalitas seperti TDP, SIUP, NPWP, namun untuk bisnis MLM legalitasnya mesti harus ditambah dengan SIUPL, atau lebih lengkap lagi jika tergabung dalam asosiasi pengusaha langsung (APLI).

    Karena untuk memiliki SIUPL, masuk ke APLI tentu melalui pengujian dan marketing plan harus lolos dari unsur money game, tentu jika itu lengkap kita akan lebih nyaman dalam menjalankannya seperti yang mas afif kurniawan sampaikan

    Memang proses pengajuan SIUPL dan APLI memerlukan proses, biasanya company MLM memerlukan waktu 2-3 tahun, yang paling penting company mempunyai visi dan misi untuk melengkapi aspek legal bisnis MLM tsb

    Sukses buat anda pak!

  39. Isnu Aji Saputro

    MLM yg saya jalanin bener2 menghasilkan uang. Bisnis VSI milik ustad yusuf Mansyur terbukti ga menipu gan..
    Penghasilan luar biasa dari bisnis ini.

  40. Saya paling ga suka sm orang yg ngebanggain bisnis yg lg dijalaninnya apalagi pake bawa2 APLI & SIUPL. Janganlah suka menjelek jelekan bisnis org lain mas Afif.

    • Halo mas Bendot, Thanks buat komentarnya ya… tapi maaf komennya sudah saya edit. Mungkin mas Afif maksudnya baik, dia mengatakan pendapat dari sudut pandangnya, saya pikir tidak ada masalah dengan itu. Kita bisa menganggapinya dengan cara yang lebih bijaksana mas Bendot, ga usah marah-marah hehehe Piss Yooo :)

  41. Akhdian Oky Iskandar

    Mantap, bisnis MLM memang sangat menjanjikan ….
    akan tetapi perlu dipertimbangkan juga modal dan kesiapan kita untuk menjalankan bisnis tersebut, baik dikerjakan secara full online, semi online dan offline maupun full offline semua butuh “kerja” dan biaya. tanpa “kerja” atau membangun bisnis semua “NOL”
    Salam Smart

  42. Enaknya bisnis MLM online otomatis jalan sendiri sperti TUYUL2 yg siap bekerja untuk kita….hehehehehehe, Gak Percaya ??? lihat aja sendiri

  43. Permisi gan ikut berbagi,setau saya Apli itu ga penting bg member karna ga kasih jaminan bagi para member mlm,APLI HANYA KELOMPOK YG MENAUNGI USAHA MLM,sebab saya jg ikut mlm yg sudah berjalan 10th dan trs eksis bahkan sudah siupl tetap,tp ga mau gabung ke APLI karna ga ada untungnya buat member.sedang siup aj bnyk yg bsa punya asal ada usaha,tapi SIUPL APALAGI TETAP itu yg ga mudah karna hrs ada jaminan uang yg tdk sedikit ke pemerintah.untuk harga produk hrs lbh murah dr harga pasar kl lbh tinggi itu money game,jg untuk dpt bonus tdk boleh embel2 tutup poin yg ujung2nya merugikan member.pilih yg transparan smga bermanfaat.

  44. Menyambung tentang MLM nih sy punya MLM baru dan Fress pendaftaran sudah di buka launching juni 2014 waktunya masih cukup untuk mempersiapkan diri segera gabung di bisnis MLM yang baru dg Marketing Plan beda dengan yang lain

  45. Said Niel Khairi

    Mitra Bisnis Yang saya Hormati.

    Jika anda ingin Mengawali Bisnis di Bidang Multi Level Marketing.perlu anda sadari dalam Memilih MLM yang anda pilih.
    Karena akan Terasa sakit Jika gagal dalam Bisnis MLM.
    Bukan semua Perusahaan akan Bertanggung jawab Terhadap Kesejahteran Mitranya.namun ada juga yang Unsurnya Mencari Keuntungan.perusahaan.

    Jika ingin memilih MLM.
    1.pilihlah MLM yang mengutamakan Perjualan Produk di Banding jaringan.
    2.Pililah Perusahaan Dengan Produk sudah di Rekomendasikan Orang Terkemuka jadi konsumen tidak merasa khawatir dalam mengkonsumsi produk.

    semoga rekan mitra usaha tidak terjebak dalam MLM yang salah.

    semoga bermanfaat

  46. Menanggapi pernyataan Bapak Afif kurniawan

    saat ini tidak semua MLM harus masuk Apli mereka juga bisa masuk AFI asosiasi franchise indonesia,yang menjadi pertanyaan barangkali saudara Afif Kurniawan ketahui juga.

    Apabila perusahaan telah terdaftar di APLI lantas apabila perusahaan yang terdaftar di Apli bermasalah/kolapse,apakah APLI akan membantu hak dari setiap member untuk memperjuangkan hak para member nya ?

    Maaf Tidak ada Jaminan untuk Anggota/member terkecuali suatu saat ad asosiasi perlindungan Hak member MLM.

    Kalau begitu buat apa di permasalahkan untuk saat ini,kalau perusahaan MLM harus masuk APLI karna selama belasan tahun sejak th 94 sy bermain di mlm.masih banyak pro dan kontra mengenai APLI.

    oleh karena itu kenapa saat ini,banyak leader yang tidak mempersoalkan apakah perusahaan anda ada APLI atau tidak.perihal perijinan APLI sering digembar – gemborkan oleh perusahaan untuk member baru yang awam di dunia MLM.sehingga mereka merasa yakin kalau perusahaan yang berada di bawah APLI adalah aman dan bukan penipuan(scam)

    Ada juga perusahaan yg bernaung di bawah APLI yang tutup pada akhirnya dan itu sama dengan perusahaan yang tidak ikut dalam APLI.

    Saran ane Gan..yang penting saat ini cari extra income yang mudah dapat bonusnya..bukan yang sulit…ntar pangkat jendral gaji kopral.

  47. Uraian anda benar.. Bahwa bisnis MLM bukanlah scam, tetapi bisnis ini real karena mempunyai produk. Lebih-lebih produknya sangat bermanfaat. Tetapi jika nilai jual produk tidak realistis. Misalnya jauh dari harga pasar, misalnya harga di pasar 100 rupiah, tetapi kemudian di jual 5000, sedangkan nilai jual kembali tidak laku, hal itu ada unsur scam.

    • Setuju sekali mas Abas, harga yang terlalu mahal bisa menjadi salah satu indikasi bahwa sebuah MLM itu ada unsur SCAM nya.

  48. salam kenal ya…
    setahu saya goldenlife belum mengantongi ijin sebagai perusahaan network marketing yaitu setiap perusahaan MLM wajib punya ijin resmi SIUPL – Surat Ijin Penjualan Langsung (tidak boleh ijin SIUP saja) & sudah pasti goldenlife belum anggota APLI (asosiasi penjualan langsung indonesia) sebab setiap anggota APLI wajib sudah mengatongi ijin resmi dari pemerintah yaitu SIUPL.

    silahkan di crosscheck ke goldenlife.

    pastikan bergabung di MLM yang sudah mengatongi ijin resmi SIUPL & sudah anggota resmi APLI (tidak setiap MLM bisa masuk APLI karena sangat ketat karena menyangkut kehidupan banyak orang)

    info lengkap APLI di : http://www.apli.or.id

    mengapa APLI sangat penting? dan apa itu SIUPL? silahkan cek di :
    http://www.abenetwork.com/apli.php

    semoga bermanfaat,
    karena saya dulu buta MLM & harus belajar banyak agar tidak terjebak MLM ilegal.

    Afif Kurniawan
    IM & networker

    • Hi Bang Afif, thanks buat komentarnya.

      Untuk saat ini, Golden Life memang belum terdaftar di APLI, hingga saat ini pihak Golden Life sedang mengupayakan hal tersebut. Namun yang paling penting yang perlu Abang ketahui bahwa bisnis BlakBlakan + Golden Life ini bukanlah bisnis ilegal karena bisnis mereka telah mendapatkan ijin resmi dari pemerintah RI.

      Berikut saya berikan uraian jelas mengenai Profile Golden Life:

      Nama Perusahaan : P.T. Golden Inti Gemilang
      Notaris : R.A. Indraswari, SH., S.S.
      SIUP : 503/2176.A/436.6.11/2010
      TDP : 13.01.1.51.22078
      NPWP : 02.993.756.2-615.000
      Pengesahan Menteri Hukum & HAM RI Nomor : AHU-0030066.AH.01.09. Tahun 2010

      KANTOR : Panji Makmur B-5 Jl. Panjang Jiwo 46-48, Surabaya.
      Website: Goldenlifenet.com

      LANDASAN:

      Golden Life dibangun atas landasan kemudahan, transparansi, kejujuran, keyakinan, kepedulian dan kerjasama tim yang kompak serta pelayanan yang terbaik.

      ORIENTASI:

      Berorientasi pada keharmonisan, kesehatan keluarga serta Kesejahteraan para Mitra Usahanya, GOLDEN LIFE berkomitmen tinggi untuk menciptakan banyak keluarga yang Harmonis, Sehat dan Sejahtera di Indonesia sehingga pada akhirnya turut mendorong laju pembangunan dan perekonomian Bangsa dan Negara.

      Pembaca maxmanroe.com bisa mengkonfirmasi data-data yang saya tuliskan di atas, informasi yang saya sebutkan di atas semuanya valid. Semoga sukses selalu buat bang Afif :)

Tinggalkan Balasan