Bisnis Laundry Sepatu, Peluang Usaha Kekinian Dengan Omzet yang Menawan

Image dari Kontan.co.id

Image dari Kontan.co.id

Meskipun semakin ke depan peluang usaha akan semakin bertambah ketat persaingannya, namun di sisi lain pasti akan selalu muncul peluang-peluang baru dengan peluang mendapatkan keuntungan yang tak sedikit juga. Seiring dengan semakin kompleksnya kebutuhan manusia, maka di situ pasti ada peluang bisnis baru yang bisa Anda manfaatkan. Kita sendiri sebagai seorang pelaku usaha atau pebisnis harus mampu memanfaatkan peluang sekecil apapun yang ada.

Seperti misalnya laundry, pada beberapa tahun yang lalu mungkin usaha laundry masih dipandang sebelah mata. Ada banyak yang berpendapat bahwa apa ada orang yang bersedia pakaian, atau apapun yang dipakai dicucikan oleh pihak lain. Namun nyatanya saat ini laundry menjadi sebuah peluang usaha yang sangat potensial, dan ini bukan saja di kota-kota besar, di kota kecil dan pelosok pun juga sama.

Nah, berbicara laundry, saat ini ternyata bukan saja pakaian, sprey, gorden yang bisa di”laundry” kan, tapi sepatu pun juga perlu untuk dicucikan. Kebutuhan perawatan dan pencucian sepatu ini kemudian membuka peluang bisnis baru yang sangat potensial.

Artikel lain: 9+ Tips Menjalankan Bisnis Laundry Kiloan yang Sukses

Potensi Perkembangan Bisnis Laundry Sepatu

Jasa laundry sepatu atau cuci sepatu menjadi peluang bisnis yang mulai banyak digeluti oleh para muda. Omzet yang ditawarkan dari bisnis laundry sepatu ini pun juga terbilang cukup besar mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya. Banyak pelaku bisnis laundry sepatu ini mengaku bahwa pada awal mulai bisnis karena memang mereka kesulitan mencari jasa perawatan sepatu.

Sedangkan jika dipaksakan dicucikan pada laundry pada umumnya, bisa jadi sepatu justru menjadi rusak. Selain itu, banyak juga para pemilik sepatu yang tidak memiliki kemampuan dalam merawat sepatu miliknya sendiri. Nah, karena banyaknya pemilik sepatu yang tidak mampu merawat sepatunya inilah kemudian mulai ada yang mencium peluang bisnis di bidang ini.




Para pelaku bisnis ini umumnya bermula dari pengalaman pribadi mereka yang memang kesulitan mencari jasa perawatan sepatu. Dari situ kemudian mereka mulai belajar sendiri secara otodidak tentang bagaimana cara merawat dan mencuci sepatu yang baik dan benar. Berbekal belajar dan banyak berlatih itulah kemudian mereka memberanikan diri untuk secara terbuka membuka jasa laundry sepatu.

Perkiraan Harga Jasa Perawatan Dan Laundry Sepatu

Dalam melayani para konsumen untuk perawatan sepatu ini, ada banyak service yang ditawarkan pada konsumen. Dan masing-masing pengusaha jasa perawatan sepatu ini biasanya juga tidak sama. Umumnya, jasa service yang ditawarkan meliputi cleaning, pewarnaan sepatu kembali dan juga pengeleman sepatu, dari masing-masing service itu patokan harga untuk cleaning adalah Rp20.000 sampai Rp60.000, untuk re-colour Rp100.000 sampai Rp150.000 dan untuk re-glue adalah Rp40.000.

Dengan patokan harga sebesar itu, rata-rata omzet yang didapatkan dari bisnis laundry dan perawatan sepatu ini bisa mencapai Rp20 juta sampai Rp30 juta tiap bulannya. Omzet sebesar itu didapatkan dari banyaknya sepatu yang bisa dikerjakan dalam tiap bulannya yang mencapai 200 sampai 300 pasang sepatu. Untuk mendukung bisnis jasa laundry sepatu ini, bahan sabun atau pembersih yang digunakan adalah produk dari luar negeri. Namun ada beberapa yang berasal dari dalam negeri juga.

Baca juga: 6 Bisnis yang Menguntungkan Saat Musim Penghujan

Problem yang Sering Terjadi Pada Bisnis Jasa Laundry Sepatu

Sebenarnya menurut para pelaku bisnis di bidang ini, secara umum masalah yang sering timbul bukanlah masalah yang besar. Ini terkait pada kepercayaan konsumen sendiri, konsumen yang sudah menjadi langganan biasanya tidak menjadi masalah.




Namun untuk konsumen yang masih awam pada perawatan sepatu, sering menimbulkan masalah tersendiri. Masalah yang sering muncul adalah ketidak percayaan mereka pada sabun produk dari dalam negeri, mereka cenderung lebih percaya pada produk yang mahal dan berasal dari luar negeri.

Padahal, produk dari dalam negeri sebenarnya juga tak kalah kualitasnya dari impor. Selain itu, konsumen awam ini juga sering minta perawatan sepatunya ingin segera diselesaikan. Padahal, dalam merawat sepatu tidak bisa dikerjakan secara terburu-buru. Masalah seperti ini kerap menjadi problem para pelaku bisnis laundry sepatu, namun menurut mereka seiring dengan berjalannya waktu, para konsumen yang masih baru ini juga semakin mengerti.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud