6 Bisnis yang Menguntungkan Saat Musim Penghujan, Layak Untuk Dicoba!

Bisnis-yang-Menguntungkan-Saat-Musim-Penghujan

Musim penghujan merupakan satu diantara dua musim tahunan di Indonesia. Musim hujan yang memiliki karakternya sendiri memang menyimpan hal-hal tertentu jika kita mau mengeksplorasinya. Salah satu hal yang tersimpan itu adalah potensi keuntungan bisnis. Yup, inilah sebuah kesempatan bagi siapa saja yang ingin mencoba berbisnis saat musim hujan seperti sekarang ini.

Meskipun ini bisnis musiman, namun jika anda mampu memaksimalkan peluang dengan jangka waktu kurang lebih enam bulanan ini, tentu keuntungan anda bisa berlipat-lipat. Dan keuntungan yang besar ini bisa menutup pengeluran Anda saat musim hujan berganti atau bisa Anda gunakan untuk berbisnis yang lain sambil menunggu musim berganti lagi. Lalu apa saja bisnis yang menguntungkan di saat saat musim hujan? Berikut ulasannya.

1. Bisnis Jasa Cuci Kendaraan

bisnis-jasa-cuci-kendaraanPada musim penghujan, umumnya bisnis jasa cuci kendaraan akan memperoleh omzetnya yang berlipat-lipat dan yang paling besar. Bagaimana tidak, musim hujan yang membuat kendaraan cepat kotor karena air hujan yang membekas atau karena jalanan yang tergenang dan becek, membuat orang-orang akan enggan dan malas untuk berkali-kali membersihkan kendaraanya. Maka solusinya ia akan mencari tempat yang bisa membersihkan kendaraannya meski ia harus mengeluarkan uang sebagai balas jasanya.

Nah disinilah peluang besarnya. Sebenarnya jasa cuci kendaraan ini sudah mulai marak, malah ada beberapa jasa pencucian yang melancarkan beragam strategi seperti garansi cuci gratis jika kendaraan pelanggannya kotor dalam 3 hari. Tentu saja ini adalah sebuah tantangan, namun jika anda berminat, maka anda harus segera bergerak, karena waktu musim penghujan ini juga tak lama.

Artikel lain: Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

2. Bisnis Jualan Perlengkapan Kendaraan

bisnis-jualan-perlengkapan-kendaraanBeberapa toko perlengkapan kendaraan juga banyak diserbu oleh para pemilik kendaraan setiap musim hujan tiba. Saat musim hujan, mereka membutuhkan perlengkapan yang bisa mendukung aktivitasnya saat berkendara meski dalam situasi hujan. Beberapa perlengkapan yang laris saat musim hujan itu seperti jas hujan, kanebo, sepatu boat, busi, karet wiper, dan lain sebagainya.

Perlengkapan inilah yang seringkali dicari orang saat musim hujan tiba. Maka jika Anda memiliki dana cukup dan memiliki link untuk agen dan distibutor untuk perlengkapan-perlengakapan tadi, tak ada salahnya Anda coba untuk mulai berbisnis perlengkapan kendaraan.

3. Bisnis Jasa Transportasi

bisnis-jasa-transportasiHujan akan seringkali membuat orang keluar rumah untuk bepergian. Namun orang akan mencari berbagai cara untuk keluar rumah saat hujan jika ia punya acara yang penting diluar sana. Umumnya orang akan mencari transportasi yang bisa melindungi mereka dari hujan. Maka omzet jasa transportasi umum saat musim hujan biasanya melesat jauh lebih besar daripada bukan musim hujan. Ini tentu peluang bagus buat yang ingin membuka bisnis saat musim hujan.

Meski pelaku jasa transportasi ini sudah cukup banyak dan artinya tingkat persaingan cukup ketat, namun Anda bisa berbuat lebih dari pesaing anda seperti dengan membuat jasa panggilan atau antar-jemput pada pelanggan anda. Memang bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar, namun jika Anda punya strategi dan pengelolaan yang baik Anda bisa membuat bisnis eksis sampai kapan pun.

Artikel lain: Peluang Usaha Kecil yang Menguntungkan di Sekitar Kampus

4. Bisnis Jualan Pakaian Hangat

bisnis-jualan-pakaian-hangatMusim penghujan yang seringkali membuat suhu udara menjadi lebih dingin, membuat orang lebih nyaman mengenakan pakaian yang lebih hangat. Maka biasanya produk pakaian hangat dan asesorisnya seperti sweater, jaket, syal dan penutup kepala akan sering kali muncul dan marak dikenakan saat musim penghujan seperti sekarang.




Jika anda memang memiliki passion di bidang fashion, maka tak ada salahnya ada bisa membuka usaha pakaian hangat dan asesorisnya saat musim penghujan seperti sekarang ini. Atau bila Anda tadinya tidak punya bisnis, Anda bisa memanfaatkan momen musim hujan ini untuk memulai bisnis sampingan dengan menjual pakaian hangat.

5. Bisnis Kuliner Hangat

bisnis-kuliner-hangatMusim hujan yang dingin seringkali membuat kita juga merasa kedinginan. Tubuh yang kedinginan ini tentu membutuhkan asupan yang hangat agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang dingin. Maka pada musim penghujan umumnya kuliner yang menyajikan menu-menu yang hangat akan laris manis diserbu pembeli.

Aneka kuliner hangat yang bisa anda jadikan bisnis antara lain bajigur, sekoteng, wedang jahe, STMJ (Susu, Telor, Madu, Jahe), jagung bakar, soto, bakso dan lain sebagainya. Umumnya aneka kuliner hangat ini laris saat malam hari, dimana suhu udaranya yang semakin dingin.

6. Bisnis Laundry

bisnis-laundryDi saat musim hujan dengan curah hujan yang tinggi pasti akan membuat pakaian yang dicuci sulit kering. Nah, alternatif terbaik yang sering dipilih masyarakat untuk masalah pakaian yang sulit kering adalah menggunakan jasa laundry.

Bisa dipastikan bahwa pada momen musim hujan para pengusaha bisnis jasa laundry akan meraup untung yang jauh lebih besar dibanding musim kemarau. Karena pada saat musim hujan biasanya orang lebih memilih menggunakan jasa laundry ketimbang mencuci pakaian sendiri, terutama para pekerja kantoran dan profesi yang mengharuskan untuk selalu berganti pakaian bersih.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis yang Cemerlang di Bulan Ramadhan

Nah itulah beberapa jenis bisnis yang menguntungkan di saat musim penghujan seperti saat ini. Berniat menjalankan salah satu dari bisnis yang disebutkan di atas?



6 total comments on this postSubmit yours
  1. Alhamdulilah di musim hujan kali ini saya bisa menjual jas hujan dan pakaian yg hangat seperti switer,jaket semuanya laris di beli konsumen.emang benar ternyata di balik semuanya pasti ada hikmahnya,terima kasih tuhan,kou telah memberikan rezekiku yg halal.

  2. Terimakasih artikelnya, nambahin bisnis laundry ramai saat musim hujan.

  3. Nambahin satu lagi bisnis Laundry pas musim hujan biasanya orang lebih suka memanfaatkan jasa laundry.terima kasih artikelnya.

  4. bisnis seperti menjual minuman hangat memang sudah terbukti laris pada saat musim hujan seperti di kedai kopi saya,..

  5. Biasanya banyak orang yang harus mengantarkan atau mengirim barang tapi malas keluar karena hujan, jasa kurir juga perlu dipertimbangkan karena bentuk barang yang akan dikirim urgent apalagi sekarang bisnis online sudah mulai banyak di indonesia

  6. Wah usaha jualan saya kalau musinm hujan gini sepi,,, tapi itu betul juga 5 point diatas..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud