6 Tips Berkomunikasi Dengan Rekan Kerja yang Sok Hebat

Di dalam lingkungan kerja, kita pasti memiliki banyak rekan sekantor dengan karakter yang berbeda-beda. Jika karakter teman kerja positif, tentu tidak masalah bagi kita. Namun jika karakter negatif, pasti akan sedikit banyak membuat kinerja kita terpengaruh.

Salah satu karakter rekan sekantor yang bisa mengganggu kinerja kita adalah teman kerja yang bersikap sok hebat, merasa lebih hebat dari orang lain. Sikap ini tentu akan membuat kita tidak nyaman saat bekerja, dan semakin sulit ketika kita harus bekerja sama dengan si sok hebat ini.

Lalu apa yang harus kita lakukan, bagaimana cara membangun komunikasi yang baik dengan orang seperti ini. Perhatikan tips singkat di bawah ini;




  1. Jangan Ikut-ikutan Sok Hebat

Rekan kerja yang sok hebat seringkali memamerkan pencapaian atau apapun sesuatu yang mereka miliki. Nah, Anda jangan sampai terpancing dan ikut-ikutan memamerkan yang Anda miliki atau Anda capai.

Jika Anda ikut terpancing, maka hal ini berpotensi menimbulkan konflik dengan si sok hebat. Tidak akan membuat pekerjaan menjadi lebih maksimal sehingga akan membuang-buang waktu dan energi Anda saja.

Akan jauh lebih baik jika Anda fokus pada hal-hal yang produktif dan kontributif untuk perusahaan. Dan akan lebih baik lagi jika Anda juga bisa mengajak teman Anda yang sok hebat tersebut untuk turut juga meningkatkan kinerja dari pada hanya pamer sana-sini.

  1. Jangan Ragu Memberi Pujian

Tidak bisa dipungkiri, bagi seorang yang sok hebat dan suka pamer, pujian adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, jangan ragu dan sungkan untuk memberikan pujian kepada meraka.

Memberikan sedikit pujian kepada mereka bisa jadi membuat orang seperti ini mudah Anda kendalikan untuk kemudian akan lebih mudah untuk diajak bekerjasama.

Jika pun Anda tidak begitu menyukai sikap dan perilakunya, Anda harus tetap bisa mengendalikan diri agar bisa tetap bekerjasama dengan orang seperti ini. Tujuannya tentu saja untuk bisa meningkatkan kinerja Anda dan tim di kantor.

Artikel lain: Tips Bekerja Dengan Rekan Kerja yang “Bermuka Dua”

  1. Jangan Abaikan Kelebihannya

Setiap karyawan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan dalam bekerja. Maka dari itu, meski Anda sebal dengan perangai dan perilakunya, cobalah cari kelebihannya.




Tujuannya apa, tentu saja untuk meningkatkan kinerja bersama dalam rangka peningkatan pencapaian perusahaan secara keseluruhan. Orang yang sok hebat ini biasanya memiliki jaringan dan relasi yang cukup luas.

Anda bisa memanfaatkan hal tersebut, dengan mengenali kelebihannya, tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk membangun komunikasi dengan mereka dan “memanfaatkan” kelebihannya.

  1. Ambil Pelajaran Dari Mereka

Meski Anda benci dengan sikapnya, namun jangan membuat Anda kemudian menjauhi mereka. Kenapa, karena kita bisa juga mengambil banyak pelajaran dari mereka.

Sebagai seorang yang ingin selalu berkembang, tentunya Anda harus bisa mengambil ilmu dari siapa saja, bahkan bagi orang yang Anda benci sekalipun. Nah, orang yang sok hebat ini kan biasanya sering memamerkan dan bercerita tentang segala sesuatu termasuk mungkin juga pengalamannya.

Dari banyak cerita yang ia sampaikan, Anda bisa mengambil ilmu dan sangat mungkin bisa Anda terapkan pada karir Anda.

  1. Anda Bisa Minta Solusi

Selain kita bisa mengambil ilmu dari orang seperti ini, sekali waktu Anda juga bisa meminta pendapat kepada mereka tentang masalah yang mungkin sedang Anda hadapi di kantor.

Tidak ada salahnya meminta pendapat, barangkali dari seikan banyak pengalaman yang ia ceritakan bisa membantu menyelesaikan masalah Anda. Dengan cara ini kita bisa mendapatkan dua poin penting, pertama kita bisa mengambil ilmu darinya sekaligus masalah yang kita hadapi mendapatkan contoh solusi dari sudut pandang yang berbeda.

Ia sendiri juga terpuaskan karena bisa memamerkan kepiawaiannya.

  1. Tetaplah Bergaul Dengan Mereka

Sebaiknya Anda tetap bergaul dengan baik kepada mereka. Jangan menghindari mereka, membangun hubungan baik dengan banyak orang akan membuat jaringan Anda semakin luas.

Dan mungkin saja Anda membutuhkan orang seperti ini untuk membantu meningkatkan karir Anda. Tetap bergaul dengan mereka bukan berarti harus selalu menghabiskan waktu bersama, namun intinya jangan memutus silaturahim.

Baca juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Wajib Anda Tiru Jika Mau Berhasil



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud