Beberapa Langkah Membuat Toko Online Berbasis Konten

Toko-Online-Berbasis-Konten

Kemunculan beragam #toko online di dunia maya tentu membuat efek persaingan tersendiri di dunia bisnis. Toko online berkembang begitu pesat dengan dukungan kecanggihan beragam fitur-fitur internet. Kini pendapatan toko online ternyata tak hanya bersumber dari aktivitas transaksi ecommerce saja namun juga mulai berkembang dengan menjadi content based commerce.

Toko online yang berkembang dengan content based commerce dan ecommerce biasanya mengembangkan kedua hal ini sebagai sumber pendapatan. Beberapa langkah yang harus dijalankan untk membuat toko online dengan content based commerce antara lain:

1. Menggunakan Konten Berkualitas

Konten yang berkualitas dapat menjadi hal yang menghubungkan relasi yang interaktif dengan para pengunjung toko online. Sebaiknya kita juga menghindari penggunaan outsourcing yang sering membuat konten-konten yang kurang berkualitas. Tak ada salahnya jika kita memuat konten premium berbayar pada toko online. Karena meskipun para pengguna internet menyukai segala informasi yang sifatnya gratis, namun ternyata masih ada juga pengguna internet yang menyukai konten berkualitas yang harus diperoleh dengan cara membayar.

2. Gunakan Email Marketing

Email marketing bisa digunakan sebagai salah satu cara yang efektif untuk membangun hubungan dengan para pengguna internet. Saat banyak gangguan marketing ketika menggunakan media sosial, menggunakan email marketing dapat membantu menjalin hubungan secara personal dengan para pengunjung toko online. Hasilnya, tujuan dan maksud yang ingin kita sampaikan bisa diterima secara efektif oleh para pengunjung toko online.

Artikel lain: Membangun Mindset Pebisnis Online ala Adryan Fitra

3. Membangun Kepercayaan dan Hubungan Baik

Suatu toko online konvensional mungkin hanya mengharapkan browsing produk agar para pengguna internet bersedia membeli produk atau jasa yang ditawarkan di tokonya. Namun hal ini tentu berbeda dengan toko online berbasis konten. Butuh perjuangan yang lama untuk meyakinkan para pengunjung.

Mungkin para pengunjung merasa tertarik mengikuti konten yangkita berikan selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sebelum memutuskan untuk membeli. Setelah para pengunjung itu memiliki kepercayaan dan hubungan yang baik dengan toko online kita, maka memperoleh loyalitas tentu tak lagi menjadi hal yang sulit.

4. Tetapkan Target Commerce

Toko online content based commerce tentu harus memiliki target tersendiri untuk mempopulerkan produknya. Sebagai contoh, suatu toko online dapat menargetkan ibu muda modern berusia 25 hingga 32 tahun. Untuk mencapai target tersebut secara maksimal, maka kita harus membuat konten-konten yang sesuai dengan karakteristik target tersebut.

Mungkin banyak sekali toko online yang berusaha mencapai target yang besar dan luas.Namun tentu tak ada salahnya jika kita mulai menetapkan target yang lebih spesifik agar pencapaian toko online bisa diraih secara bertahap.

5. Model Berlangganan

Salah satu contoh toko online content based commerce yang menggunakan konsep berlangganan adalah toko online di bidang fashion. Dengan demikian, para pelanggan toko online tak hanya memperoleh informasi dan konten yang berkualitas, namun juga dapat memperoleh informasi mengenai produk-produk rekomendasi.

6. Media Sosial

Bila kita ingin mencapai target pengunjung dan pelanggan toko online, salah satu cara yang harus kita lakukan adalah menggunakan #media sosial untuk memperkenalkan dan membangun branding toko online kita. Sistem branding ini tentu sangat efektif untuk membangun branding yang lebih kuat dan populer di kalangan pengguna internet. Bahkan melalui Facebook, kita dapat menetapkan karakteristik target yang menjadi fokus branding kita.




Cukup banyak contoh toko online yang memadukan prinsip e-commerce konvensional dengan content based commerce, salah satunya adalah DailyCandy.com. Buletin via email yang populer sejak tahun 2000-an ini menggabungkan konten fashion terupdate dengan produk-produk fashion. Bahkan tak hanya bergerak di bidang fashion, DailyCandy juga merambah ke bidang hiburan, kecantikan dan desain rumah. Hal tersebut berhasil membawa DailyCandy sebagai salah satu toko online yang amat berpengaruh terhadap perkembangan fashion di kalangan ibu-ibu sosialita. Di era modern ini tentu tak ada salahnya mengembangkan toko online berbasis content based commerce karena kebutuhan masyarakat modern akan memadukan unsur informasi dan penggunaan produk dan jasa secara praktis.

Baca juga: Memposting Konten Media Sosial, Bukan Hanya Teks Lho!

Bagi Anda yang saat ini berprofesi sebagai pengusaha dan terlalu sibuk untuk membuat dan mengelola website sendiri, Anda bisa menggunakan layanan jasa pembuatan website profesional dari Niagaweb.co.id. Mereka menawarkan jasa pembuatan website yang profesional, mobile friendly, seo friendly, dan berorientasi penjualan dengan harga terjangkau yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Harga tersebut juga termasuk biaya pengelolaan website, pengurusan registrasi domain, hingga hosting. Jadi, pemilik usaha tidak perlu repot membuat dan mengelola websitenya sendiri atau menggaji seorang staf IT khusus untuk melakukan pengembangan dan pengelolaan websitenya. Semoga artiktel ini bermanfaat.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud