Beberapa Inovasi Google yang Mencoba Mengubah Dunia

Inovasi-Google-yang-Mencoba-Mengubah-Dunia

Image dari CNN.com

Siapa yang tak kenal dengan #Google? Pengguna internet di seluruh dunia tentu tak merasa asing dengan perusahaan #teknologi yang satu ini. Mesin pencarian internetnya yang begitu powerful dan memudahkan penyebaran informasi di internet telah membuat banyak pengguna internet memperoleh kemudahan. Bahkan di sela-sela pengembangan mesin pencarian dan Google+, Google masih sempat menyisipkan beragam konsep ilustrasi menarik yang kita kenal dengan nama Google Doodle. Tapi ternyata seluruh inovasi tersebut tak membuat Google berhenti berkarya.

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa Google tak hanya berusaha memenuhi kebutuhan para pengguna internet melalui fitur yang canggih. Google juga berusaha membuat berbagai inovasi yang mampu memudahkan kehidupan masyarakat melalui kecanggihan teknologi. Ragam inovasi ala Google tersebut tercermin dari beberapa produk canggih berikut ini:

1. Google Glass yang Fenomenal

Kacamata pintar buatan Google ini mengusung teknologi wearable yang sangat canggih dan mudah digunakan untuk kepentingan militer, perusahaan dan kegiatan pemerintahan. Bahkan pada periode Juni 2014, pemerintah Nepal menggunakan kacamata pintar ini untuk melacak keberadaan flora dan fauna yang hampir punah di negara tersebut. Sungguh sangat canggih dan menakjubkan, ya.



Google glass ini sebenarnya sudah lama dirancang dan mulai diuji coba sejak tahun 2012. Kendati mengusung teknologi yang memudahkan navigasi dan proses pencarian, kacamata pintar besutan Google ini belum dirilis secara resmi untuk khalayak ramai.

Artikel lain: Kacamata Kardus 3D Google yang Unik dan Canggih

2. Kontak Lens Pintar

Kacamata pintar tampaknya terkesan agak jadul dan konvensional. Dan untuk menyiasati hal ini, rupanya Google sudah berupaya menyiapkan teknologi yang lebih canggih dan eye catching lagi. Secara teknis, perangkat kontak lens pintar ini memiliki sensor glukosa dan jaringan chip nirkabel yang mempermudah para penderita penyakit diabetes untuk mengukur kadar gula dalam darah melalui penggunaan sampel air mata. Kontak lens pintar ini sudah dikembangkan selama 2 tahun dan Google sedang berencana untuk menjalin kerjasama dengan divisi perawatan mata bernama Alcon untuk memasarkan produk canggih ini.

3. Komputer Dengan Kemampuan Berpikir ala Manusia

Memiliki komputer yang kecerdasannya menyamai pola pikir manusia adalah hal yang juga sedang berusaha diwujudkan oleh Google. Dua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin sangat yakin bahwa Google mampu mengembangkan mesin komputer yang kemampuan berpikirnya mampu menyamai manusia, bahkan lebih pintar. Wow, tampaknya kita harus belajar lebih giat dan kreatif agar tak tersaingi dengan kepandaian mesin canggih besutan Google yang satu ini.

4. Mobil Tanpa Setir

Inovasi teknologi yang satu ini akan membuat siapa saja yang tak mahir mengemudikan mobil menjadi senang. Perusahaan bernama X Labs tengah mengembangkan teknologi mobil tanpa setir slama 4 tahun belakangan ini dengan memanfaatkan dukungan dari laboratorium kecerdasan artifisial Stanford University. Dan baru-baru ini, Google sudah mulai membocorkan prototipe mobil tanpa setirnya kepada khalayak ramai.

5. Google Loon

Proyek Google yang satu ini memiliki tujuan yang sangat mulia, yakni membawa teknologi internet ke 2/3 bagian dunia yang belum pernah mengenal internet. Konsepnya sangat unik dan canggih, Google membawa perangkat wi-fi dengan menggunakan balon bertekanan tinggi.

Balon bertekanan tinggi tersebut mampu bertahan di lapisan udara stratosfer selama 100 hari dan jaringan wi-fi nya bisa digunakan untuk mengakses internet di berbagai penjuru dunia. Hingga akhir 2014 proyek Google Loon masih berada dalam tahap penyempurnaan dan pengembangan secara lebih detail.

6. Sumber Energi Terbarukan

Ternyata Google tak hanya berkonsentrasi pada pengembangan dan inovasi teknologi, namun juga menaruh perhatian pada pengembangan sumber daya energi untuk kepentingan masyarakat dunia. Hal ini dibuktikan Google dengan mengakuisisi perusahaan yang memproduksi turbin udara sebagai penghasil energi yang ramah lingkungan. Walaupun Google masih menghadapi tantangan yang besar dalam usaha pengembangan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan, namun perusahaan teknologi yang satu ini masih terus berupaya untuk mengembangkan prototipe nya.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Animasi Google Doodle

Wah, ternyata cukup banyak proyek Google yang fokus pada pengembangan teknologi maupun sektor kehidupan lainnya. Semoga semua inovasi Google mampu membawa masyarakat dunia ke arah kehidupan yang lebih baik, teratur dan mampu bersinergi dengan lingkungan.






1 comment on this postSubmit yours
  1. tanpa sadar kita semua telah dikuasai oleh google.
    tapi juga tidak bisa dipungkiri sedikit banyaknya google juga sangat bermanfaat untuk kehidupan zaman sekarang

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud