Melihat Lebih Dekat Animasi Google Doodle

Animasi-Google-Doodle

Anda pasti tidak asing lagi dengan Google! Seluruh pengguna internet di penjuru dunia tak asing lagi dengan perusahaan teknologi yang begitu powerful tersebut. Perusahaan yang berbasis di daerah Mountain View, Amerika Serikat tersebut begitu terkenal dengan mesin pencariannya serta berbagai produk-produk teknologi inovatif lainnya.

#Google yang suksesnya sudah mendunia tak pernah berhenti untuk berinovasi dan menyajikan yang terbaik bagi seluruh para penggunanya. Mesin pencarian dengan tampilan yang sederhana dan algoritma yang terbilang nyaris menyentuh sempurna tak membuat Google cukup puas dengan pencapaiannya. Salah satu inovasi unik yang akan kita temukan saat mengunjungi halaman mesin pencarian Google adalah Google Doodle.

Apa itu Google Doodle?

Google Doodle adalah sebuah tampilan gambar unik yang diletakkan di halaman beranda Google. Google Doodle biasanya dibuat sebagai logo Google sekaligus sebagai bentuk ucapan spesial yang dibuat oleh Google untuk memperingatievent-event tertentu, seperti hari raya, ulang tahun tokoh dunia atau hari-hari bersejarah lainnya. Kata Doodle sendiri memiliki arti “menyenangkan, membuat terkejut atau perubahan spontan”. Dari filosofi kata Doodle tersebut akhirnya Google berusaha menyajikan sesuatu yang bersifat spontan, namun unik dan mampu menghibur para penggunanya.

Konsep Google Doodle biasanya didesain secara khusus oleh tim Doodler yang dimiliki perusahaan Google. Suatu gambar Doodle akan dirilis pada jam 12 dini hari menjelang hari spesial tersebut dan akan bertahan selama 24 jam di halaman beranda Google hingga jam 12 dini hari pada esok harinya.



Artikel lain: Silicon Valley ~ Tempat Kelahiran Pusat Teknologi Dunia

Awal Mula Munculnya Google Doodle

Konsep Google Doodle pertama kali lahir saat kedua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, pergi ke festival Burning Man di Gurun Nevada pada tahun 1998. Kala itu mereka berdua memutuskan untuk melakukan sedikit modifikasi logo Google dengan menambahkan tongkat di belakang huruf O pada kata Google. Modifikasi tersebut bertujuan untuk hiburan semata dan sebagai pesan unik pada para pengguna Google untuk menunjukkan bahwa kedua pendirinya sedang pergi berlibur dan tak berada di tempat kerja.

Pada tahun 2000-an, seorang webmaster Google bernama Dennis Hwang sedang melakukan proses magang di perusahaan Google. Larry Page dan Sergey Brin kemudian kembali teringat dengan konsep Google Doodle dan mengajukan permintaan pada Dennis Hwang untuk membuat logo Google spesial bertema hari Bastille. Dennis pun menyanggupi permintana tersebut dan membuat coretan-coretan logo Google bertema hari Bastille. Gayung bersambut, hasil kreasi Dennis disukai oleh Larry Page dan Sergey Brin dan hal tersebut membuat Dennis Hwang diangkat menjadi kepala tim Google Doodle.

Seiring dengan perjalanan waktu, hasil kreasi tim Google Doodle mendapat sambutan yang baik dari masyarakat internasional. Hal tersebut membuat Google membentuk tim penanggung jawab khusus yang terdiri atas para ilustrator pembuat Google Doodle. Tim ilustrator tersebut kemudian dikenal dengan sebutan Doodlers. Bagi Doodlers, “mencorat-coret” halaman beranda Google menjadi salah satu cara untuk berkomunikasi secara interaktif dan ceria dengan seluruh pengguna Google di berbagai belahan dunia.

Doodlers: Berbagi Pendapat dan Mencari Ide

Anggota Doodlers biasanya akan melakukan pertemuan secara berkala untuk memutuskan acara apa yang akan turut dirayakan dengan Google Doodle. Proses seleksi ini akan dilakukan secara ketat agar Google Doodle yang dihasilkan kian menarik dan mencerminkan pribadi perusahaan Google yang gemar berinovasi.

Selain berasal dari brainstorming para anggota Doodlers, ide untuk membuat Google Doodle biasanya juga berasal dari para pengguna Google di seluruh dunia. Bahkan kita juga bisa turut berpartisipasi menyumbangkan ide dengan mengirimkan email ke [email protected]. Setiap harinya Doodler bisa menerima ribuan ide seputar Google Doodle yang akan dibuat. Meskipun tak semua ide tersebut bisa diwujudkan, namun Doodlers tetap membaca satu per satu ide dengan seksama untuk menemukan inspirasi yang tepat sebelum membuat Google Doodle.

Baca juga: Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet Anda

Hingga tahun 2014, tercatat sudah lebih dari 1.000 Google Doodle yang dirilis untuk halaman beranda Google di seluruh dunia. Semoga Doodlers tak henti menuangkan imajinasi kreatifnya lewat coretan-coretan Google Doodle yang keren dan inspiratif.






3 total comments on this postSubmit yours
  1. Tolonk ajarin saya donk membuat doodle ya gan………

  2. Animasi-animasi yang dibikin google emang selalu keren gan, dan animasinya tuh selalu ada maknanya dan biasanya untuk memperingati hal tertentu

  3. Perusahaan google emang keren ya gan, kreatif. ane jadi pengen kerja di google :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud