Baterai Smartphone Anda Cepat Habis? Mungkin Saja Aplikasi Ini Biang Keroknya

Image dari Fox6now.com

Image dari Fox6now.com

Perangkat mobile seperti #smartphone saat ini sudah menjadi hal yang sangat umum dimiliki masyarakat, utamanya yang tinggal diperkotaan. Selain bisa menunjang aktifitas harian dengan beragam fungsinya, gadget mobile ini nyatanya kini juga menjadi media kerja bagi sebagian profesi seperti pebisnis online, Internet Marketer hingga yang berhubungan dengan seni seperti photographer.

Namun, dalam menjalankan fungsinya tak jarang timbul satu masalah yang kerap menjadi momok banyak pengguna smartphone yakni daya tahan baterai yang lekas habis. Ini nampaknya telah menjadi masalah klasik yang banyak menyerang perangkat #teknologi mutakhir. Karena ternyata kecanggihan perangkat tersebut juga berbanding lurus dengan besarnya konsumsi daya yang dibutuhkan.

Penyebab Baterai Smartphone Mudah Habis

Dalam artikel yang mengulas tentang #gadget telah banyak disinggung perihal masalah yang satu ini. Sebenarnya apa sih yang membuat baterai smartphone cepat habis? Secara umum ada beberapa penyebab utama dan salah satunya yang akan kita bahas kali ini yakni penggunaan aplikasi mobile yang memang “rakus” dalam memakan daya baterai.

Setiap #aplikasi mobile yang dikembangkan oleh setiap developer pada dasarnya telah dirancang dengan fungsi serta jumlah konsumsi daya yang beragam. Lebih khusus membahas jajaran aplikasi populer, nyatanya ada beberapa aplikasi yang disinyalir paling banyak menghabiskan daya baterai. Akibatnya jika kita rajin menggunakan aplikasi ini, otomatis daya baterai kitapun akan lebih cepat habis.

Artikel lain: 8 Aplikasi Mobile Terbaik Untuk Para Hipster yang Aktif




Alasan mengapa aplikasi tersebut rakus daya baterai bisa karena memang fungsinya yang kompleks atau karena berhubungan dengan kualitas tampilan visual seperti contohnya aplikasi game. Nah sebagai informasi bagi rekan-rekan semua, dirangkum dari laman Jalantikus, berikut ini daftar 7 aplikasi mobile populer yang paling banyak menyedot daya baterai smartphone.

1. Aplikasi Facebook for Android

Duduk di posisi pertama aplikasi yang disinyalir paling banyak menghabiskan daya baterai smartphone yakni adalah aplikasi Facebook for Android. Dari sisi popularitas, aplikasi media sosial yang satu ini sudah pasti menjadi yang terdepan.

Namun siapa sangka “prestasi” aplikasi #Facebook ternyata juga jago dalam menyedot habis daya baterai smartphone kita.  Alasan mengapa Facebook sangat butuh banyak daya kemungkinan karena aplikasi ini mempunyai banyak fitur dan terkoneksi dengan layanan lain. Namun dengan fungsinya yang kompleks nampaknya masih wajar aplikasi sejuta umat ini butuh asupan daya lebih banyak.

2. Aplikasi Blackberry Messenger (BBM)

Aplikasi chat khas pabrikan Blackberry ini juga menjadi salah satu yang banyak memakan daya. Dengan fitur notifikasi yang selalu online, tak layak aplikasi populer yang satu ini juga membutuhkan banyak daya.

3. Aplikasi Google Maps

Aplikasi berikutnya adalah #Google Maps for Android. Alasan utamanya tentu sudah jelas, karena aplikasi pencitraan peta digital tersebut cukup banyak mengunduh data selama proses pengoperasiannya. Bahkan dalam waktu penggunaan yang relative singkat dan tidak terlalu instens, aplikasi Google Maps tetap saja akan memaksa kita untuk sering-sering menge-charge smartphone.




4. Aplikasi Waze Social GPS & Maps

Di bawah Google Maps, aplikasi dengan fungsi serupa yakni Waze Social GPS & Maps juga disinyalir menjadi aplikasi yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai. Dari sisi fitur, aplikasi ini memang cukup kompleks walaupun secara rata-rata kualitas masih di bawah layanan Google Maps.

5. Aplikasi Path Talk

Selanjutnya masuk ke jenis aplikasi instant messaging yakni Path Talk. Aplikasi dengan fitur unggulan personalisasinya tersebut juga dirasa banyak menghabiskan daya baterai. Alasannya kemungkinan selain adanya fitur live notification, dari sisi konten, aplikasi ini juga lebih beragam sehingga daya yang dibutuhkan juga semakin besar.

6. Aplikasi Google Earth

Di posisi ke enam hadir aplikasi produk Google yang lain yakni Google Earth. Secara fungsi sebenarnya aplikasi ini sebenarnya bisa dibilang tidak terlalu vital. Oleh karena bagi yang tidak terlalu perlu atau hanya ingin coba-coba “melihat” dunia dengan aplikasi ini, sebaiknya tidak memakainya dalam jangka waktu lama.

Baca juga: 4 Aplikasi yang Memudahkan Proses Pencatatan Keuangan Anda

7. Aplikasi Youtube

Dan yang terakhir adalah aplikasi #Youtube. Dengan fungsi sebagia media streaming video, sudah pasti aplikasi Youtube membutuhkan daya baterai yang cukup besar. Namun dengan fungsinya yang cukup penting, nampaknya masih banyak pengguna yang lebih memilih sering mengisi ulang daya baterai daripada meninggalkan aplikasi yang satu ini.



6 total comments on this postSubmit yours
  1. Kayaknya ada typo deh mas di bagian Google Maps

    cukup banyak “menyunduh” data

    Menyunduh atau mengunduh? Hehehe

    Aplikasi yang running dibackground biasanya yang paling rakus.

    • Terimakasih koreksinya mas Tiwo

  2. selain menguras baterai, aplikasi diatas juga memakan banyak RAM yang besar gan… Thanks artikelnya..

  3. Keren banget tutorialnya ..smartphone problemnya selalu di battery .. artikel ini sangat membantu .

  4. Lalu bagaimana min cara menanggulanginya? Kalau di hapus aplikasinya juga sayang, contohnya BBM, itu aplikasi kan sangat penting banget min buat komunikasi online.

  5. Artikelnya bener banget, itu yang selama ini saya alami, sehari bisa cas hp beberapa kali… ya karena semua aplikasi itu, tapi mau gimana lagi ya he he he

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud