4 Aplikasi yang Memudahkan Proses Pencatatan Keuangan Anda

Image dari Financialeconomyblog.com

Image dari Financialeconomyblog.com

Untuk mencapai sebuah kesuksesan finansial, seseorang atau pebisnis harus mengerti semua hal terkait #keuangan, temasuk dalam hal pencatatannya. Saya sendiri meyakini bahwa manajemen keuangan dengan sistem pencatatan merupakan hal yang sangat penting. Meskipun terdengar sangat sederhana, namun kegiatan pencatatan keuangan tak bisa diremehkan begitu saja.

Banyaknya pembelian kebutuhan yang seringkali dilakukan dengan tunai membuat transaksi yang telah terjadi tidak tercatat pada bank. Inilah yang membuat  fasilitas pencatatan dari bank tidak begitu bisa diandalkan. Maka dari itu, sebagai seorang yang profesional, Anda seharusnya mengerti keadaan ini dan segera bergerak untuk melakukan pencatatan keuangan secara mandiri bagi kemajuan keuangan Anda.

Selain bisa mengetahui detail keuangan yang keluar dan masuk, pencatatan keuangan juga akan membuat bisnis Anda lebih terkontrol dan stabil. Untuk melakukan pencatatan dengan lebih praktis dan efisien, kini Anda tak perlu lagi repot-repot dengan kertas dan alat tulis. Dengan #teknologi, sekarang Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi smartphone untuk aktivitas pencatatan keuangan Anda.

Sekarang mencatat kondisi keuangan memang menjadi lebih praktis dengan adanya teknologi. Anda cukup mengandalkan #smartphone yang selalu dibawa untuk melakukan hal tersebut. Dengan sentuhan jari sana-sini, Anda pun sudah bisa melakukan pencatatan keuangan dengan baik.

Artikel lain: 5 Aplikasi Canggih ini Akan Membantu Pemasaran Brand Bisnis Anda




Berdasarkan fakta ini, seharusnya sudah tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk malas melakukan pencatatan keuangan. Dengan berbagai aplikasi pencatatan keuangan berikut ini, Anda akan dimanjakan untuk melakukan kegiatan pencatatan keuangan keluarga atau bisnis Anda.

1. Aplikasi Toshl

Aplikasi pertama yang bisa Anda coba adalah Toshl. #Aplikasi pencatat keuangan ini memiliki fitur yang  lengkap. Dengan Toshl, Anda bisa mencatat setiap pendapatan dan pengeluaran serta membaginya dalam beberapa kategori. Dengan adanya pengkategorian ini, Anda bisa melihat segala transaksi yang berkaitan dengan kategori yang Anda ketikan dengan lebih mudah dan cepat.

Sebagain besar fitur yang ada pada Toshl bisa Anda dapatkan secara gratis. Namun jika Anda menginginkan fitur yang lebih komplit, Anda bisa mengupgrade layanan pelanggan berbayar. Dengan layanan berbayar bulanan ini, laporan pencatatan keuangan Anda dapat dibuat dalam bentuk Excel, PDF atau Google Docs. 

2. Aplikasi Expense   

Jika Anda ingin aplikasi yang tampilannya lebih sederhana, maka Expense adalah jawabannya. Meski memiliki tampilan yang sederhana, aplikasi ini memiliki fitur yang canggih dan komplit. Penambahan transaksi, chart, budget, dan account adalah sebagain dari fitur yang ada pada Expense. Pencatatan keuangan melalui aplikasi Expense bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Anda hanya cukup menambahkan transaksi dengan menekan tombol yang telah disediakan, maka pencatatan pun telah sukses dilakukan.

Untuk mendukung pencatatan keuangan berjalan lebih suskes, Expense menambahkan beberapa tool seperti kalkulator biasa untuk perhitungan, sales and taxes yang berguna menghitung pajak, calculator  tips yang memberikan perhitungan pemberian tip saat makan di sebuah restoran dan currency converter yang berfungsi untuk menghitung pertukaran mata uang.




3. Aplikasi NgaturDuit 

Aplikasi pencatatan keuangan berikutnya yaitu NgaturDuit. Dengan aplikasi NgaturDuit, pebisnis akan diajak untuk merasakan sensasi mencatat keuangan dengan menyenangkan dan tidak ribet. Aplikasi ini tergolong cukup detail, karena Anda bisa menambakan berbagai data yang Anda miliki dan memasukkannya dalam berbagai kategori.

Anda juga bisa menambahkan dua atau lebih rekening perbankan yang Anda punya. Pencatatan keuangan di aplikasi ini berlaku untuk transaksi bisnis, anggaran dan pengeluaran rutin seperti membayar listrik, air, atau gaji bulanan asisten rumah tangga sampai saldo investasi.  Yang menarik dari aplikasi ini adalah Anda bisa melakukan konsultasi keuangan secara gratis di #Website NgaturDuit.com.

Baca juga: 7 Aplikasi Smartphone Untuk Bantu Tenangkan Pikiran Dan Redam Stres

4. Aplikasi NeracaMobile

Terakhir, aplikasi pencatatan keuangan yang bisa Anda gunakan adalah Neraca Mobile. Yang perlu Anda ketahui dari aplikasi ini adalah penggunaan pencatatan periode yang bisa disetting secara manual maupun otomatis. Periode inilah yang digunakan sebagai keyframe pencatatan.

Ketika ganti periode, pencatatan periode sebelumnya secara otomatis terbawa pada periode berikutnya. Hal ini berlaku untuk cashflow, saving dan loan. Untuk allocation, akan selalu melakukan alokasi baru untuk periode berjalan.

Pada tampilan summary neraca mobile, ada ringkasan-ringkasan laporan yang dibuat oleh pengguna. Lalu ada tampilan daftar item dengan tipe debit (pengurangan) dan kredit (penambahan).  Anda juga bisa export dokumen laporan tersebut sehingga pengguna dapat menyimpan arsip-arsip laporan keuangannya pada perangkat lain.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Terimakasih informasinya
    Cuma ingin memberi tambahan sedikit, perlu juga di ketahui ada aplikasi keuangan gratis buatan anak bangsa yang sangat mudah sekali untuk pencatatan keuangan. simak disini untuk mendownloadnya akun.biz

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud