Asuransi Mobil All Risk vs TLO, Mana yang Lebih Baik Dipilih?

Asuransi Mobil All Risk vs TLO

Asuransi mobil menjadi solusi untuk mengatasi rasa khawatir setiap pemilik kendaraan roda empat saat berkendara di jalan raya. Sebab, kita tak pernah dapat memprediksi apa yang akan terjadi di sepanjang perjalanan.

Dengan asuransi mobil, kamu memiliki perlindungan atau produk proteksi pada mobil pribadi atau untuk penggunaan bisnis dari beragam risiko seperti kecelakaan, bencana alam, kebakaran, kerusakan, hingga kerusuhan.

Selain menjamin perbaikan akibat benturan dan kerusakan, kendaraan kesayangan juga bisa terlindungi dari bencana alam dan kehilangan jika polis asuransi mobil yang dipilih meliputi bencana alam dan kehilangan. Karena itu, penting bagi setiap pemiliki kendaraan roda empat melindungi dengan asuransi mobil.

Seperti diketahui, asuransi mobil yang umumnya dipilih terdiri dari asuransi All Risk atau Comprehensive dan asuransi TLO (Total Loss Only).

Buat kamu yang tertarik dengan perlindungan menyeluruh, maka bisa pelajari asuransi mobil All Risk dalam artikel berikut ini.

Mengenal Lebih Dalam Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil All Risk atau Comprehensive memiliki keunggulan mencakup hampir seluruh risiko, yaitu  menanggung segala jenis kerusakan mulai dari baret, penyok sampai kehilangan mobil akibat pencurian.

Karena cakupan yang ditanggung lebih luas, kamu harus merogoh kocek yang banyak untuk membeli premi asuransi All Risk yang cenderung lebih mahal.

Sebab, kerusakan mobil akibat banjir, huru-hara dan bencana alam juga ditanggung oleh asuransi All Risk, sehingga kamu tidak perlu cemas apakah klaim akan ditolak atau tidak.

Asuransi mobil All Risk juga cocok untuk jenis mobil baru karena menawarkan masa pertanggungan yang lebih pendek, misalnya dari 0 bulan hingga 5 tahun.

Pilihan Asuransi Mobil All Risk Terbaik

Buat mengetahui apa saja asuransi mobil All Risk terbaik di sini, marketplace asuransi terbesar dan terlengkap di Indonesia, Lifepal.co.id memberikan pilihannya:

1. Asuransi Mobil Sinar Mas

Asuransi Mobil Sinar Mas all risk disebut juga Simas Mobil Gabungan/All Risk memberikan pertanggungan lengkap termasuk jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL).

Keunggulan dari asuransi ini salah satunya adalah dapat menanggung usia mobil hingga 12 tahun, namun ketentuan ini hanya berlaku untuk jaminan TLO saja.

Sementara, tanggungan risiko yang ditawarkan oleh Simas Mobil Gabungan/All Risk antara lain:

  • Menanggung risiko pencurian dengan kekerasan.
  • Menanggung risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir.
  • Menanggung risiko kebakaran dan tersambar petir.
  • Menanggung risiko kecelakaan selama penyebrangan feri.

Simas mobil TPL menjamin tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga apabila terjadi kecelakaan kendaraan bermotor dimana polis ini menjamin beberapa hal seperti kerusakan harta benda, biaya pengobatan, cedera ringan dan/atau kematian.

Bengkel rekanan dari asuransi mobil Sinar Mas tersebar luas di berbagai kota di Indonesia dan mencapai 584 bengkel rekanan.

Harga premi untuk asuransi ini mulai Rp35 ribu per bulan untuk asuransi TLO dan Rp 175 ribu per bulan untuk All Risk.

2. Asuransi Mobil ACA

Asuransi mobil ACA dengan pilihan polis all risk akan menanggung jenis kerugian seperti baret, penyok, dan kerusakan besar seperti pencurian. Asuransi mobil ACA memiliki 3 jenis polis yaitu:

  • Otomate (produk asuransi ini memberikan pertanggungan atas risiko kerugian dengan cakupan penggantian mobil, perbaikan darurat, mobil derek, dan layanan ambulans)
  • Otomate Smart (produk asuransi ini memberikan pertanggungan untuk kerugian mobil dengan Uang Pertanggungan (UP) yang lebih tinggi dari produk Otomate)
  • Otomate Solitaire (produk asuransi ini memberikan pertanggungan atas kerugian mobil secara menyeluruh serta jaminan yang lengkap)

Keunggulan asuransi mobil ACA ada pada polis Otomate di mana memiliki fasilitas mobil pengganti jika terjadi kecelakaan yang mengharuskan perbaikan di bengkel selama lebih dari 48 jam. Fasilitas ini akan berakhir dalam jangka waktu 5x24jam.

Fasilitas lain yang ditawarkan oleh asuransi mobil ACA adalah pergantian mobil baru akibat risiko pencurian, dimana fasilitas ini dapat digunakan untuk maksimal usia mobil 6 bulan (khusus polis Otomate dan Otomate Smart) dan maksimal usia mobil 12 bulan (khusus Otomate Solitaire).

Asuransi ACA memiliki 400 bengkel rekanan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia dan juga memiliki layanan pengajuan klaim secara online maupun offline.

Premi asuransi ACA juga terjangkau, mulai Rp48 ribu per bulan untuk asuransi TLO dan Rp218 ribu per bulan untuk asuransi all risk, serta memiliki jaminan tanggung jawab hukum untuk pihak ketiga sampai dengan Rp75 juta.

Untuk maksimal usia mobil yang dapat didaftarkan dalam asuransi mobil ACA yaitu 7 tahun.

3. Adira Autocillin (Zurich Insurance)

Asuransi Mobil Adira Autocillin (kini dipasarkan melalui Zurich Insurance) akan memberikan proteksi finansial untuk berbagai risiko yang mungkin terjadi akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, kecelakaan lalu lintas, huru-hara dan bencana alam.

Apabila kamu ingin menggunakan asuransi ini, pastikan usia kendaraan milikmu tidak lebih dari 8 tahun baik mobil baru atau bekas.

Asuransi all risk dari Adira Autocillin akan memberikan ganti rugi berupa perbaikan sebagian atau menyeluruh pada kendaraan.

Rekanan bengkel yang dimiliki oleh Autocillin (Zurich Insurance) tersebar di beberapa daerah di Indonesia dan memiliki nama Autocillin Garage dengan total 300 bengkel rekanan.

Salah satu kelebihan dari Autocillin (Zurich Insurance) yaitu adanya Autocillin Mobile Claim dimana nasabah dapat menggunakan aplikasi khusus pada smartphone yang memudahkan layanan klaim secara online. Aplikasi ini dapat diunduh baik untuk pengguna Android atau iOS.

Untuk biaya premi asuransi Adira Autocillin (Zurich Insurance) mulai dari Rp71 ribu per bulan untuk asuransi TLO hingga Rp281 ribu per bulan untuk asuransi All Risk.

4. Sompo Insurance

Produk asuransi dari Sompo Insurance berfokus pada asuransi umum (kerugian).

Asuransi mobil all risk dari Sompo Insurance akan memberikan ganti rugi atas kerusakan secara keseluruhan pada mobil seperti lecet, penyok, kerusakan karena kebakaran atau petir,kerugian kendaraan yang terjadi diatas kapal penyebrangan hingga kehilangan mobil akibat pencurian.

Apabila kamu berniat untuk menggunakan asuransi mobil Sompo Insurance, klaim yang didaftarkan dapat mudah dilakukan karena menggunakan 2 cara yaitu klaim manual dan e-claim. Dengan adanya e-claim, dapat mempermudah proses pengajuan klaim secara online.

Dengan 500 bengkel rekanan dan harga premi untuk asuransi all risk adalah Rp193 ribu per bulan, asuransi ini dapat dipilih apabila kamu memiliki kendaraan dengan maksimal umur mobil 10 tahun.

5. Asuransi Mobil Tokio Marine

Polis yang ditawarkan oleh Asuransi Mobil Tokio Marine cocok untuk nasabah yang membutuhkan asuransi mobil namun dengan budget terbatas.

Asuransi all risk yang dikeluarkan oleh Asuransi Mobil Tokio Marine memiliki 4 tipe yaitu:

  • Asuransi all risk
  • Auto Partner Silver
  • Auto Partner Gold
  • Auto Partner Platinum

Perbedaan dari keempat polis tersebut terletak pada risiko tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL).

Asuransi all risk atau asuransi kendaraan bermotor komprehensif yang memberikan pertanggungan menyeluruh terhadap risiko selama berkendara.Tetapi risiko yang ditanggung hanya yang tercantum dalam buku polis, sehingga tidak termasuk risiko tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL).

Untuk Auto Partner Silver/Auto Partner Gold/Auto Partner Platinum adalah penggabungan dari manfaat asuransi All Risk + tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL).

Nilai pertanggungan asuransi terhadap pihak ketiga yang membedakan Auto Partner Silver/Auto Partner Gold/Auto Partner Platinum.

Asuransi Mobil Tokio Marine memiliki 100 bengkel rekanan dan harga premi mulai dari Rp 36 ribu per bulan bagi asuransi TLO dan Rp 205 ribu per bulan untuk asuransi mobil All Risk.

Usia mobil yang dapat didaftarkan untuk asuransi Mobil Tokio Marine yaitu maksimal 10 tahun.

Setelah mengetahui apa itu asuransi All Risk dan rekomendasi terbaiknya, tentu saja kamu juga harus memiliki pengetahuan soal asuransi TLO (Total Loss Only).

Buat mengetahui asuransi TLO lebih lanjut, bisa mengeceknya di Lifepal.co.id, marketplace asuransi terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Keunggulan dan Manfaat Asuransi TLO

Asuransi TLO adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi jika terjadi kerusakan total saja atau biaya perbaikan mobilnya minimal 75 persen dari harga kendaraan tersebut di pasaran saat itu.

Salah satu manfaat memiliki asuransi TLO adalah, kendaraan kesayangan bisa mendapatkan perlindungan dari risiko kehilangan dan kerusakan berat.

Asuransi mobil dapat melindungimu dari biaya-biaya tak terduga akibat risiko-risiko tak terduga. Misalnya, komponen mobil yang tiba-tiba tidak berfungsi maksimal, terjadi kecelakaan, atau hilang karena dicuri.

Dengan memproteksi kendaraan menggunakan asuransi, kamu bisa menghemat banyak pengeluaran tak terduga, karena perusahaan asuransi menanggung biaya-biaya tersebut.

Asuransi TLO cocok bagi mobil bekas atau berusia cukup tua, karena biasanya mobil tersebut berpotensi lebih besar untuk rusak total. Saat mengajukan kredit mobil bekas, biasanya juga diberikan asuransi TLO mobil bekas. Biasanya usia mobil yang ditanggung oleh produk asuransi ini maksimal 20 tahun.

Asuransi TLO juga cocok untuk kamu yang mencari asuransi mobil dengan biaya premi murah. Pasalnya, premi asuransi ini jauh lebih murah dibandingkan dengan asuransi mobil All Risk.

Baca juga: Manfaat Asuransi Kendaraan Mobil

Erlinda

Seorang ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai ghost writer selama bertahun-tahun. Menjadi kontributor di Maxmanroe.com merupakan salah satu kegiatan yang digeluti di sela-sela kesibukan lainnya.

Leave a Comment