Manfaat Asuransi Kendaraan Mobil, Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Manfaat Asuransi Kendaraan Mobil

Apa sih manfaat asuransi kendaraan mobil? Mungkin pertanyaan ini terlintas di benak banyak pemilik mobil.

Buat apa beli asuransi mobil. Lebih baik mencegah terjadinya kecelakaan dengan berhati-hati saat berkendara ketimbang membayar premi asuransi setiap tahun. Pikiran seperti ini juga menjadi alasan mengapa banyak orang untuk tidak membeli asuransi untuk kendaraannya.

Menurut agen asuransi mobil yang saya gunakan, saat ini hanya sekitar 60% pembeli mobil baru (beli secara tunai) yang memiliki asuransi untuk kendaraannya. Sedangkan pembeli mobil baru secara kredit biasanya sudah ada asuransinya dan preminya masuk dalam cicilan.

Jadi, sebenarnya saat ini ada banyak sekali kendaraan mobil di Indonesia yang tidak memiliki asuransi.

Apakah tidak punya asuransi mobil akan menjadi masalah? Well, saya tidak ingin menjawab dengan “Ya” atau “Tidak” tapi saya akan menjelaskan manfaat asuransi kendaraan mobil berdasarkan pengalaman pribadi.

Kecelakaan Mobil Terjadi Tanpa Diduga

Sekitar dua tahun yang lalu, mobil saya tidak sengaja menabrak dinding pagar rumah yang menyebabkan pintu penyok dan kaca bagian belakang pecah. Waktu itu saya ingin parkir mundur, tapi tidak bisa melihat keseluruhan apa yang ada di belakang mobil karena mobil saya tidak punya kamera parkir.

Mobil saya Toyota Avanza Veloz 1.3 tahun 2016 dan waktu itu cicilannya masih belum lunas. Akibat kecelakaan tersebut, bagian pintu belakang mobil saya penyok cukup dalam dan kacanya pecah berantakan.

Setelah kejadian, saya langsung hitung-hitung biaya perbaikan pintu dan ganti kaca yang rusak. Dari hasil Googling dan tanya sana-sini, waktu itu perbaikan mobil saya bisa mencapai 3 jutaan atau mungkin lebih.

Sempat lemes karena uang segitu buat saya lumayan banyak.

Setelah saya ingat-ingat, ternyata mobil yang beli secara kredit pasti diasuransikan. Saya langsung menghubungi pihak asuransi untuk menyampaikan permasalahan saya.

Waktu itu saya menggunakan asuransi MAG (PT. Asuransi Multi Artha Guna) dimana jenis asuransinya All Risk.

Cara Klaim Asuransi Mobil

Masing-masing perusahaan asuransi kendaraan mungkin punya cara yang berbeda dalam menangani klaim. Untuk MAG Jakarta, waktu itu saya langsung diarahkan untuk membawa mobil ke bengkel resmi yang menjadi rekanan perusahaan asuransi.

Pihak asuransi mengarahkan untuk membawa dokumen pendukung ke bengkel, dan tentunya membawa mobilnya. Dokumen pendukung tersebut yaitu; KTP asli dan copy polis asuransi mobil saya.

Sesampainya di bengkel, pihak bengkel memeriksa bagian yang rusak dan mengambil foto bagian yang mengalami kerusakan. Selanjutnya, pihak bengkel menghubungi pihak asuransi untuk mengajukan klaim.

Proses pengajuannya tidak lama, tapi saya sempat menunggu sekitar satu jam. Akhirnya pihak bengkel menyampaikan bahwa mobil saya harus menginap di bengkel karena harus menunggu spare part.

Ternyata pintu belakang mobil saya nantinya akan diganti seluruhnya. Tidak seperti yang saya bayangkan, hanya memperbaiki penyok dan mengganti kaca.

Setelah menunggu sekitar satu mingguan, akhirnya pihak bengkel menghubungi bahwa mobil saya sudah selesai diperbaiki. Saya langsung meluncur ke bengkel untuk mengambil kendaraan saya tersebut.

Setelah saya sampai di bengkel, saya langsung diarahkan untuk melihat mobil saya yang telah diperbaiki. Dan ternyata benar, pintu belakang mobil saya diganti seluruhnya, terlihat benar-benar baru dan mulus sekali.

Manfaat Asuransi Kendaraan Mobil

Dari pengalaman yang ceritakan di atas, saya belajar bahwa asuransi mobil sangat bermanfaat bagi pemilik mobil. Selain meringankan pengeluaran, saya menjadi lebih tenang karena kendaraan saya terlindungi dan perbaikan lebih maksimal.

1. Meminimalisir Kerugian Pemilik Mobil

Manfaat asuransi kendaraan mobil ini saya rasakan sendiri. Dengan kerusakan pintu belakang yang cukup parah estimasi biaya yang harusnya saya keluarkan menjadi lebih kecil.

Memang saya tidak terbebas dari biaya karena saya tetap membayar Rp 300.000, yaitu biaya risiko sendiri setiap melakukan klaim.

Untungnya, semua biaya perbaikan dan perbaikan kendaraan ditanggung oleh pihak asuransi. Mulai dari biaya spare part hingga biaya jasa pemasangan spare part, di-cover oleh asuransi.

2. Memberikan Rasa Tenang dan Aman

Saya merasa lebih tenang setelah mengetahui bahwa biaya perbaikan mobil saya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Risiko pengeluaran besar yang tadinya harus saya tanggung menjadi beban pihak asuransi.

Tidak ada lagi perasaan was-was karena sudah ada jaminan apabila terjadi sesuatu yang menyebabkan kerusakan kendaraan saya. Namun, tentu saja setiap pemilik kendaraan harus berhati-hati dalam menggunakan kendaraannya.

Perlu kita ketahui bahwa asuransi kendaraan mobil ada dua jenis, yaitu:

  • All Risk/ comprehensive, yaitu jenis asuransi kendaraan untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan.
  • TLO (Total Loss Only), yaitu jenis asuransi kendaraan yang hanya menjamin risiko akibat pencurian dan kerusakan di atas 75% dari harga kendaraan.

Pada kasus saya, asuransi yang saya gunakan adalah jenis All Risk dan dapat digunakan untuk mengklaim kerusakan kecil, sedang, dan parah.

3. Membantu Perencanaan Keuangan

Kecelakaan yang menyebabkan kendaraan mengalami kerusakan tentu membutuhkan biaya untuk memperbaiki atau mengganti spare part. Dengan adanya manfaat asuransi kendaraan mobil maka kita tidak perlu khawatir akan mengeluarkan biaya besar ketika terjadi kecelakaan.

Pihak asuransi akan menanggung biaya perbaikan dan penggantian spare part, berdasarkan polis. Dengan begitu, maka keuangan kita tidak akan terganggu dan lebih stabil.

Simpulan

Dari cerita saya dan penjelasan manfaat asuransi kendaraan mobil di atas, kita mengetahui bahwa memiliki asuransi kendaraan itu sangat penting. Tidak hanya bertujuan untuk mengurangi pengeluaran ketika terjadi kerusakan akibat kecelakaan, tetapi juga akan memberikan rasa aman dan ketenangan bagi pemilik kendaraan.

Bagi pemilik mobil yang belum punya asuransi kendaraan, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli asuransi. Pilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan pahami polis asuransinya.

Kita bisa membandingkan secara online produk asuransi mobil yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi kendaraan terkemuka di Indonesia. Tinggal Googling dan browsing saja.

Semoga bermanfaat.

Erlinda

Seorang ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai ghost writer selama bertahun-tahun. Menjadi kontributor di Maxmanroe.com merupakan salah satu kegiatan yang digeluti di sela-sela kesibukan lainnya.

Tinggalkan Balasan