Aryanto Mangundiharjo ~ Dulu Loper Koran Sekarang Bos Rental Mobil Mewah

Aryanto Mangundiharjo ~ Dulu Loper Koran Sekarang Bos Rental Mobil Mewah

Aryanto Mangundiharjo
Image by Kontan

Membuat keputusan untuk menjadi seorang pengusaha memang bukanlah hal yang mudah. Untuk memutuskannya, memerlukan pemikiran yang panjang dan tentu saja harus dibarengi dengan strategi yang tepat.

Banyak sekali kisah sukses seorang pengusaha atau pebisnis yang bermula dari kegagalan, kerja keras, sikap pantang menyerah dan lain sebagainya. Hampir keseluruhan kisah sukses seseorang dalam berbisnis ternyata tidak semudah yang terlihat.

Banyak yang bisa kita ambil dari cerita sukses dalam perjalanan bisnis seseorang. Contoh yang sangat menginspirasi adalah kisah seorang loper koran yang kini menjadi bos penyewaan mobil mewah di Jakarta. Dia adalah Aryanto Mangundiharjo, seorang pengusaha sukses yang mengelola bisnis rental mobil mewah. Simak kisah lengkap perjalanan bisnisnya berikut ini.

Artikel lain: Rachmat Gobel ~ Inspirasi dari Sosok Sang Pengusaha Elektronik

Latar Belakang Aryanto Mangundiharjo

Aryanto Mangundiharjo adalah seorang pengusaha yang terlahir dari orang tua yang juga seorang pengusaha berhasil. Ayah Aryanto berbisnis sewa-menyewa alat berat, sedangkan ibunya adalah pemasok bahan-bahan kue ke beberapa pengusaha kue. Uniknya dengan latar belakang orang tua yang secara ekonomi terbilang mapan dan tinggi ini, dalam pergaulan Aryanto memilih bergaul dengan anak-anak loper koran.

Sebenarnya, ayah Aryanto melarangnya bergaul dengan anak-anak loper koran tersebut. Namun Aryanto tidak bisa menahan keinginan untuk bergaul dengan mereka. Hingga pada suatu ketika Aryanto kabur dari rumah karena adanya sedikit permasalahan dengan keluarga. Pada saat kabur dari rumah tersebut, Aryanto hidup di jalanan dan menjadi seorang loper koran untuk mencukupi kebutuhannya.

Kala itu, ketika menjadi seorang loper koran, Aryanto merasa hasil dari penjualan nya kurang maksimal. Kemudian ia berusaha mengumpulkan uang untuk dibelikan sebuah pager yang saat itu menjadi salah satu cara berkomunikasi efektif. Ide brilian Aryanto saat itu adalah dengan menulis nomor pager nya pada sebuah kertas yang kemudian ia selipkan pada setiap koran yang ia jual.

Sangat luar biasa hasilnya, berkat trik tersebut Aryanto bisa meningkatkan penjualannya dan bahkan berhasil membuka agen koran kecil-kecilan. Dan saat itu, Aryanto berusia masih sangat muda yaitu 18 tahun.

Perjalanan Bisnis Rental Mobil

Sebelum terjun pada dunia bisnis yang digeluti nya sekarang ini, Ardiyanto melewati berbagai macam pengalaman hidup yang luar biasa. Aryanto pernah bekerja sebagai satpam beberapa tahun kemudian ia pindah kerja menjadi seorang supir truk air mineral.

Lalu kemudian ia pindah lagi menjadi seorang sopir taksi Golden Bird di Bali. Sambil menjalankan pekerjaannya menjadi supir, ia sesekali juga menjadi seorang calo mobil sewaan yang nantinya menjadi modal besar baginya untuk mengembangkan bisnis rental mobil.

Peristiwa tragedi Bom Bali saat itu yang membuatnya pulang kampung ke Jakarta. Saat itu ia memegang uang pesangon sebesar 3 juta rupiah. Dengan modal tersebut ia kemudian mendirikan sebuah penyewaan mobil, namun naas ia mengalami kejatuhan usaha pada tahun 2004.

Penyebabnya adalah karena ia ditipu oleh seorang pelanggan yang menjadikan bisnisnya kala itu menjadi ambruk. Namun ia tak mau menyerah begitu saja, dengan semangat ia kembali bangkit dan terus berjuang.

Baca juga: Wishnutama ~ Pribadi Visioner yang Mengawal Kesuksesan Net TV

Bisnis yang Semakin Berkembang

Tahun 2006 merupakan tonggak keberhasilan bisnis rental mobil mewahnya. Suatu saat ia mendapatkan sebuah informasi berharga dari pelanggan. Ketika itu pelanggan dari negara asing tersebut mengeluhkan soal betapa sulitnya mendapatkan rental mobil mewah di Jakarta. Berbekal informasi berharga dan pengalaman, ia kemudian memutuskan untuk membuka persewaan mobil mewah di Jakarta dengan nama Jakarta Limousine.

Untuk menjalankan bisnis ini, pertama yang ia lakukan adalah dengan menjalin kontak dengan kenalan yang memiliki dan mau menyewakan mobil mewahnya. Ternyata cara itu berhasil dan mulailah usaha kerasnya menampakkan perkembangan yang luar biasa.

Saat ini usahanya semakin berkembang pesat dan memiliki banyak cabang di berbagai kota besar, seperti di Solo, Denpasar, Surabaya, Medan dan Pekanbaru. Tidak hanya itu, pelanggannya pun juga bukan orang sembarangan. Beberapa artis papan atas dunia seperti Beyonce, Justin Bieber juga pernah menyewa mobil lewat jasa rentalnya. Kini dalam satu bulan Aryanto mampu meraup keuntungan bersih mencapai 400 juta rupiah.

Kisah Aryanto Mangundiharjo di atas menjadi bukti bahwa kerja keraslah yang menjadi kunci keberhasilan. Pengalaman Ary melanglang buana ternyata menjadi modal berharga untuk meraih posisi yang bisa ia rasakan saat ini. Be Inspired!

3 KOMENTAR

  1. hebat mas Aryanto. syg ny rzeki ku gk sbgus mas Aryanto.

    • Tasbihul Mamnun

      semoga bisa jadi sumber inspirasi buat kita

Tinggalkan Balasan