Wishnutama ~ Pribadi Visioner yang Mengawal Kesuksesan Net TV

Wishnutama

Waktu senggang biasanya kita manfaatkan untuk bersantai di rumah sambil menonton televisi. Menonton televisi memang menjadi kegiatan yang asyik karena bisa dilakukan bersama dengan keluarga. Ketika menemukan channel dengan acara yang kurang menarik, kita tinggal mengganti channel tersebut. Sebaliknya, ketika menemukan channel televisi yang menyajikan program-program berkualitas, setiap hari kita jadi tertarik untuk menyimak invoasi dari channel tersebut.

Sebagai penikmat acara-acara televisi, apakah kita pernah berpikir mengenai #profil kreatif yang berada dibalik program-program televisi berkualitas?




Bila kita belum pernah mengetahuinya, ini saatnya mengisi waktu senggang dengan menyimak ulasan ringan mengenai salah satu pribadi kreatif dibalik acara televisi berkualitas. Salah satu pribadi kreatif tersebut adalah Wishnutama sang founder Net.Tv.

Sekilas Tentang Wishnutama

Pria kelahiran 4 Mei 1976 yang akrab disapa Wisnu ini adalah salah satu profesional di bidang media. Sempat menyelesaikan kuliah di jurusan komunikasi Mount Ida College Boston, Amerika Serikat, Wisnu memperoleh banyak ilmu mengenai dunia komunikasi. Sedangkan ilmu mengenai bidang pertelevisian ia dapatkan dari salah satu lembaga pendidikan bonafit di bidang media dan #teknologi, Emerson College.

Selepas menamatkan #pendidikan di Amerika Serikat, Wisnu memulai karir pertelevisiannya dengan menjadi bagian dari tim Production Assistant New England Cable dan sempat menjadi assistant director on air promotion di WHDH-TV. Merasa cukup mencari ilmu dan pengalaman di negeri orang, akhirnya pada tahun 1994 Wisnu memutuskan untuk kembali ke Indonesia.

Artikel lain: Net TV ~ Masuk Persaingan Media Elektronik Berbekal Konsep Hiburan Edukatif

Memulai Karir di Dunia Pertelevisian Indonesia

Memutuskan kembali ke Indonesia, Wisnu kemudian mengawali karir perdananya dengan menjadi supervisor on air promotion di Indosiar. Di Indosiar, Wisnu berhasil menghadirkan beberapa program televisi yang menarik, edukatif dan berkualitas seperti Pesta, Patroli dan Gebyar BCA.




Berkarya beberapa tahun bersama Indosiar ternyata tidak membuat Wisnu berpuas diri. Akhirnya pada tahun 2001 ia memutuskan untuk hijrah ke Trans TV dengan jabatan kepala divisi produksi. Karirnya melesat dengan cepat sampai akhirnya ia dipercaya memegang jabatan sebagai direktur operasional sebelum akhirnya menjadi direktur utama untuk channel Trans 7. Bahkan 2 tahun setelah menjabat sebagai direktur utama Trans 7, Wisnu dipercaya untuk memegang tanggung jawab yang lebih besar sebagai direktur utama Trans TV.

Masih Mengejar Impian di Dunia Pertelevisian

Wisnu adalah pribadi yang dinamis, optimis dan tidak mudah berpuas diri dengan pencapaiannya. Hal ini kembali dibuktikannya dengan mendirikan Net TV bersama Agus Lasmono, pebisnis muda yang memiliki Indika Grup. Bersama Agus Lasmono, Wisnu kemudian mengambil alih channel Spacetoon kemudian mengganti namanya menjadi Net TV.

Net TV yang memiliki nama lengkap Net Mediatama Indonesia bukan merupakan suatu wujud idealisme Wisnu yang ingin mendirikan stasiun TV sesuai keinginannya sendiri. Wisnu hanya ingin mewujudkan ketenangan yang diimpikan oleh para penikmat acara televisi sehingga tidak ingin menghadirkan konten televisi yang bersifat provokatif seperti program gosip atau perdebatan politik. Rasa tenang dan kenyamanan yang diperoleh penikmat televisi menjadi salah satu poin penting yang menjadi pakem dalam membuat acara-acara chanel Net TV.

Wisnu memahami bahwa pertumbuhan pasar penonton televisi yang sangat pesat menjadi salah satu peluang emas bagi pengembangan Net TV. Sehingga, meskipun bertindak sebagai CEO Net TV, Wisnu tidak segan-segan untuk turun langsung ke bidang kreatif acara. Ia tidak ingin membuat acara televisi yang asal-asalan dan bahkan mencegah anaknya sendiri untuk menonton acara televisi yang ia buat. Wisnu meyakini bahwa harus ada unsur hiburan yang dipadukan dengan edukasi untuk mencerdaskan para penikmat acara televisi.

Baca juga: Hary Tanoesoedibjo – Pengusaha Multimedia Tersukses Di Indonesia

Penghargaan Atas Dedikasi di Bidang Media

Sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan terhadap dedikasinya di bidang media pertelevisian, Wishnutama sudah memperoleh beberapa penghargaan seperti Asian Televisi Award, Panasonic Awards dan The Best CEO in Indonesia 2010 versi majalah SWA. Kedepannya, Wishnutama berharap bisa terus mengembangkan acara-acara yang inovatif dan berkualitas agar acara televisi tidak hanya menjadi hiburan semata namun juga bisa menjadi sarana pendidikan yang baik untuk semua kalangan umur.

Kita bisa meneladani sifat Wishnutama yang pantang menyerah dan berdedikasi terhadap dunia pekerjaan yang begitu ia cintai. Nah, sekarang giliran kita yang harus menentukan passion dan memberikan dedikasi penuh pada dunia yang kita tekuni!

“Di dunia ini tidak ada yang sempurna. Tapi berusaha menjadi yang sempurna, adalah suatu keharusan.”-Wishnutama-



4 total comments on this postSubmit yours
  1. pantesan net tv cepet terkenal, isinya mayoritas humor mungkin biar yang nonton ikut senang

  2. emang keren banget NET sekarang :D

  3. Walaupun net tv merupakan stasiun swasta baru, tapi popularitasnya langsung melejit. Menurut saya acara-acara di net tv itu kreatif-kreatif dan berbeda dari stasiun swasta lainnya. :)

  4. Tokoh yang luar biasa dan inspiratif! Saya pernah mendengarkan secara langsung sharing beliau di acara Indonesia Knowledge Forum tahun 2014 yang lalu. Sangat inspiratif! Menggugah semangat dan membuat kita sadar bahwa setiap kita juga pasti MAMPU asal kita MAU.

    Beliau sudah membuktikan bahwa KERJA KERAS + KERJA CERDAS + KREATIVITAS adlaah modal utama untuk SUKSES. Keren banget!

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud