5 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Kamu Setiap Hari

Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Tahu tidak aplikasi yang bisa memaksimalkan produktivitas kerja kita setiap hari? Saya akan membahasnya secara ringkas di artikel ini.

Seperti kita ketahui, pengguna smartphone mendapatkan pengalaman luar biasa dari berbagai aplikasi yang mereka gunakan. Jika dulu perangkat handphone digunakan hanya untuk menelepon dan mengirim SMS pada seseorang, sekarang ini smartphone bisa digunakan untuk berfoto, browsing internet, main game, dan banyak hal lainnya.

Bagi masyarakat urban, peran smarpthone sudah melebihi sebuah dompet. Dompet ketinggalan masih bisa tenang, tapi kalau smartphone ketinggalan pasti panik. Bener ga?

Kelebihan smartphone dibanding tablet dan laptop adalah ukurannya yang kecil dan ringan, bahkan kita bisa menyimpannya di saku. Smartphone bisa berperan sebagai asisten pribadi dan membantu seseorang menjadi lebih produktif, bila digunakan dengan baik.

Banyak berpendapat bahwa beberapa tahun lagi penggunaan PC desktop akan semakin jauh berkurang. Penyebabnya adalah karna kita bisa melakukan banyak hal melalui perangkat smartphone, baik itu iPhone, iPad, dan Android. Dan semua perangkat tersebut membutuhkan aplikasi.

Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Berikut ini adalah beberapa aplikasi untuk memaksimalkan produktivitas kerja Kamu.

1. Scanner App – Scan PDF Doc

Aplikasi PemindaiScanner App adalah salah satu aplikasi scanner yang paling populer dan fungsional. Jika Kamu belum pernah mendengarnya maka ni akan menjadi terobosan dalam dukungan teknis pekerjaan Kamu.

Lagi pula, sekarang Kamu dapat memindai dokumen dengan mudah dalam satu klik dan segera mengirimkannya ke email yang diinginkan. Atau Kamu juga bisa menyimpannya sehingga dokumen pindaian yang berkualitas tinggi akan selalu tersedia.

Dalam Scanner App, kamu tidak hanya dapat memindai dokumen, tetapi juga membubuhkan tanda tangan elektronik pada dokumen tersebut, menambahkan teks, mengukur ukuran berbagai objek, baik itu ruangan atau meja kantor.

Dengan aplikasi scanner, kita bisa membuat file PDF atau JPG dari dokumen dengan memanfaatkan kamera di smartphone. Kamu bahkan bisa mengaturnya dan membuat graysclae, hitam dan putih, atau berwarna.

Selain itu, Kamu tidak perlu memotong atau mengubah ukuran gambar yang discan karena aplikasi tersebut memiliki fitur deteksi ukuran yang sudah built-in. Aplikasi tersebut juga memungkinkan kita untuk memilih kualitas gambar, mulai dari kualitas rendah, menengah, hingga kualitas HD.

Pindai dokumen kapan saja dan di mana saja tanpa perlu khawatir koneksi internet yang kurang karena semua pemindaian disimpan di penyimpanan lokal perangkat Kamu.

Harga: Anda dapat berlangganan aplikasi ini hanya dengan $9.99 dan hanya tersedia di iOS.

Artikel lain: Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android

2. PDF Converter Ultimate – All In One Converter

PDF Converter UltimateDengan menggunakan Cometdocs PDF Converter Ultimate, kita dapat dengan cepat dan akurat mengkonversi sebuah file menjadi file PDF secara akurat. Misalnya Kamu ingin mengedit beberapa file PDF dengan mengubahnya ke lebih dari 20 jenis file yang berbeda seperti file MS Office, XPS, Microsoft Publisher (.pub), dan banyak lainnya.

Salah satu fitur keren di aplikasi ini adalah, kita dapat mengkonversi file dari attached file di Gmail, dan juga file dari Dropbox, Google Drive, iCloud, dan OneDrive, langsung dari aplikasi. Juga, dengan teknologi OCR terkemuka di industri mereka, Kamu bahkan dapat mengkonversi file PDF yang kompleks dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini tidak akan menguras daya baterai smartphone karena proses konversi dilakukan pada server. Selain itu, jika Kamu khawatir dokumen dicuri orang lain, maka Kamu bisa menghapus semua dokumen yang ada di server tersebut.

Harga: Gratis

Tersedia di Android dan iOS

3. Todoist: Atur Hidup Kamu

TodoistAplikasi Todoist adalah “Smart Schedule” yang bergantung pada machine learning untuk merekomendasikan tanggal terbaik untuk membuat jadwal tugas.

Dengan aplikasi ini kita bisa membuat tugas, sub tugas, melampirkan label, dan berbagi dengan rekan kerja. Lebih lanjut, kita bisa mengakses to-do list dan catatan melalui aplikasi ini.

Selain itu, kita juga mengintegrasikan aplikasi todois dengan aplikasi pihak ketiga, termasuk Slack, Google Home, Dropbox, dan banyak lagi. Kita bahkan bisa mengambil dan mengatur tugas ketika muncul di kepala dengan cara mendiktekannya ke aplikasi tersebut. Aplikasi ini disebut-sebut sebagai salah satu aplikagi terbaik di Google Play.

Harga: Gratis

Tersedia di Android dan iOS

4. SwiftKey Keyboard

SwiftKey KeyboardSwiftKey adalah salah satu aplikasi keyboard pihak-ketiga terbaik yang pernah ada.Apliasi ini dapat menambahkan berbagai fitur untuk menangani banyak email, membuka pesan, mengedit dokumen pada handphone dan tablet.

Aplikasi ini bahkan bisa mempelajari gaya tulisan Kamu sehingga fitur autocorrect dan prediksi kata berikutnya yang akan Kamu ketik menjadi lebih akurat

SwiftKey memungkinan penggunanya untuk mengetik dalam dua bahasa sekaligus tanpa mengaturnya. Aplikasi ini juga didukung lebih dari 800 emoticon dan speed swipe typing. Kamu bisa mengatur keyboard sesuai dengan yang diinginkan.

Harga: Gratis

Tersedia di Android dan iOS

5. Dashlane Password Manager

Dashlane Password ManagerDashlane Password Manager adalah sebuah aplikasi yang bisa menyimpan semua password dan informasi sensitif lainnya sensitif di satu tempat. Ada beberapa aplikasi yang menawarkan layanan yang sama, namun saya lebih merekomendasikan Dashlane karena fiturnya banyak, dan user interface nya sederhana, dan belum pernah diretas.

Aplikasi ini dapat menghasilkan sandi yang sangat kuat untuk digunakan di mana saja. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk menyimpan informasi perbankan dan pembayaran. Fitur ini aman dan dienkripsi dan layanan utamanya gratis.

Kamu juga bisa melakukan sinkronisasi login dan data di beberapa perangkat, namun layanan ini berbayar. Aplikasi ini juga menawarkan fitur two-factor authentication untuk meningkatkan keamanan akun Kamu.

Harga: Gratis

Tersedia di Android dan iOS

Baca juga: Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi

Penutup

Produktivitas memang tidak diukur dengan penggunaan aplikasi di atas. Namun, Saya percaya bahwa beberapa aplikasi di atas akan sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas Kamu dan tetap terorganisir dengan baik.

Selamat mencoba!

Jonathan

Jonathan adalah content writer di Maxmanroe.com. Menyukai topik media sosial dan internet, memiliki prinsip bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang belum saatnya.

4 pemikiran pada “5 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Kamu Setiap Hari”

  1. Aplikasi conventer memanglah sangat menguntungkan. Terimakasih banyak atas informasi yang diberikan ya min. Thans

    Balas
  2. Saat ini sudah banyak aplikasi yang sangat membantu kinerja karyawan, wiraswasta, dan semua orang yang memegang smartphone karena lewat playstore di android dan aapstore di iPhone dan blackberry, buat rekan2 yang sudah menggunakan smartphone/iPhone/blackberry bisa download aplikasi walet untuk penyimpanan hasil transaksi bitcoin

    Balas
  3. Kalau bisa memanfaatkan fitur-fitur gratis tersebut baru namanya Smartphone. terimakasih Min, informasinya sangat membantu terutama aplikasi Scan dokumen PDF sebelumnya belum pernah pake.

    Balas

Tinggalkan Balasan