9 Jenis Aplikasi Travelling yang Bikin Semua Jadi Praktis!

Advertisement-Scroll to Continue

Mobile & App – Bisa dikatakan jika di tahun 2023 ini banyak sekali jadwal libur nasional dan juga cuti bersama, yang jika digabungkan bisa menjadi libur panjang. Anda pun harus memanfaatkan momen ini untuk berlibur atau sekedar healing. Salah satu cara mudah agar liburan Anda menjadi praktis, Anda bisa menggunakan aplikasi traveling.

Tidak hanya bikin praktis, tapi juga bisa membantu Anda untuk mencari akomodasi terbaik yang sesuai dengan budget liburan Anda. Mau bersama keluarga, pasangan, atau sendiri pun tidak masalah.

Pada kesempatan kali ini, Maxmanroe akan memberitahu beberapa aplikasi traveling dan healing yang bisa bikin semuanya jadi praktis dan mudah. Selengkapnya ada di bawah ini, ya!

Manfaat Aplikasi Traveling

Di era digital dan teknologi seperti saat ini, hampir segalanya menjadi lebih mudah. Terlebih dengan adanya bantuan internet yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun. Termasuk ketika Anda hendak pergi berlibur.

Saat ini, sudah ada banyak aplikasi traveling yang bisa Anda unduh untuk membantu mempermudah rencana liburan. Bahkan beberapa di antaranya bisa meningkatkan pengalaman liburan Anda menjadi lebih seru dan tidak terlupakan. Namun sebelumnya, mari kita simak beberapa manfaat memiliki aplikasi yang bisa membantu Anda dalam mengatur rencana liburan. Di antaranya adalah:

Bisa Diakses Kapanpun dan Dimanapun

Manfaat yang pertama adalah bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Ketika Anda sedang bingung ingin pergi kemana atau mencari tempat penginapan, Anda bisa membuka salah satu aplikasi traveling yang ada di ponsel. Kemudian lakukan pencarian yang diinginkan, dan melakukan pemesanan. Semudah itu, bukan?

Personalisasi Pengalaman

Ketika Anda mendapatkan promo menarik, rekomendasi tempat penginapan dan lainnya, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran, semua hal itu adalah personalisasi pengalaman yang diberikan oleh pihak aplikasi traveling. Mereka melakukan segala cara untuk menarik atensi pelanggannya. Manfaat ini sebenarnya bisa dikatakan sebagai win-win solution. Mereka mendapat untung, Anda pun mendapatkan harga yang sesuai budget.

Memberikan Banyak Pilihan

Merasa bingung ketika tidak ada tempat penginapan yang sesuai? Tidak perlu khawatir. Beberapa aplikasi liburan ini bisa membantu Anda untuk memberikan rekomendasi tempat penginapan terbaik. Mulai dari harga murah, hingga harga mahal sekalipun. Mulai dari penginapan bintang tiga, hingga bintang lima dengan pelayanan yang memuaskan. Dijamin akan ada banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget liburan Anda!

Banyak Promosi

Tidak dipungkiri jika kita sering kali membandingkan harga suatu produk dengan yang lainnya untuk mencari mana yang paling menguntungkan. Sama halnya dengan beberapa aplikasi ini. Mereka saling berlomba untuk mendapatkan atensi pelanggannya dengan memberikan banyak promosi menarik. Mulai dari harga terendah hingga promosi bundle harga. Sangat sayang jika dilewatkan begitu saja, bukan?

Membantu Anda Menikmati Liburan

Satu lagi manfaat aplikasi traveling adalah bisa membantu Anda menikmati liburan. Mulai dari perkiraan cuaca, penukaran mata uang, zona waktu, transportasi umum, tempat wisata, ulasan tempat, hingga bisa mengatasi kesulitan bahasa ketika sedang berlibur ke luar negeri.

Baca juga: Bisnis Tiket Pesawat Online: Jenis, Cara Menjadi Agen, & Tipsnya

Aplikasi Traveling & Healing yang Harus Ada di Ponsel Anda

9 Jenis Aplikasi Traveling yang Bikin Semua Jadi Praktis!

Jika Anda ingin memiliki hobi jalan-jalan atau ingin berlibur ke tempat tertentu, Anda harus memiliki aplikasi traveling yang terpasang di ponsel. Beberapa aplikasi tersebut bahkan bisa membantu Anda untuk mengeksplor tempat baru yang jarang dikunjungi oleh para wisatawan atau turis.

Mulai dari peta, booking hotel, tempat makan, tempat oleh-oleh, tempat wisata, hingga atraksi dan kegiatan seru lainnya, bisa Anda temukan di beberapa aplikasi traveling ini. Mau bepergian ke luar negeri atau dalam negeri sekalipun, berikut beberapa aplikasi yang harus ada di ponsel Anda. Di antaranya adalah:

Aplikasi Traveling untuk Akomodasi

Biasanya jika tidak ada teman atau saudara di destinasi liburan, Anda pasti akan mencari hotel yang sesuai budget dan memberikan pelayanan yang memuaskan. Ada banyak jenis aplikasi untuk akomodasi yang bisa Anda pilih. Semuanya memberikan fitur dan pelayanan yang serupa. Mulai dari mencari tempat penginapan, tempat makan, penyewaan mobil, tempat wisata dan atraksi terdekat, hingga membeli tiket transportasi umum.

Beberapa aplikasi ini harus ada di ponsel Anda agar bisa lebih mudah dalam mengatur jadwal. Meliputi Traveloka, Booking.com, Tiket.com, Agoda, Wego, AirBnB, Travelio, Klook, Pegipegi, Trivago, Airyrooms.com, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa dari aplikasi tersebut yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aplikasi Map

Berlibur tanpa tahu arah? Wah, bisa-bisa Anda malah tersasar ke tempat yang tidak diketahui. Maka dari itu, Anda harus memiliki setidaknya satu aplikasi yang bisa digunakan sebagai penunjuk arah. Ada Google Maps, Waze, MAPS.ME, Hewe WeGo, dan Polaris GPS.

Beberapa aplikasi tersebut bisa digunakan secara offline, memilih jalur tikus, menghindari kemacetan, hingga memberi tahu tempat wisata terdekat di lokasi Anda. Jika mau, Anda bisa install salah satu atau beberapa untuk mencoba pengalamannya masing-masing.

Aplikasi Transportasi Online

Transportasi online tidak hanya ada di dalam negeri saja, lho. Di luar negeri pun juga ada. Jadi ketika Anda berlibur ke luar negeri dan tidak sempat menyewa kendaraan, aplikasi traveling yang satu ini wajib banget ada di ponsel Anda. Mulai dari Gojek, Grab, dan Uber.

Aplikasi Traveling yang Menyusun Perjalanan

Tidak perlu bingung lagi ketika ingin merencanakan perjalanan. Ada aplikasi traveling yang dibuat khusus untuk membantu Anda dalam menyusun dan mengorganisir semua perjalanan dan kebutuhan. Mulai dari itinerary, jadwal kunjungan yang harus dilakukan, budget perjalanan, hingga barang bawaan apa saja yang harus dibawa. Sangat membantu sekali, bukan?

Anda bisa mencoba untuk install Google Trips, Triplt, PackPoint, Trabee Pocket, Wanderlog, Polarsteps, dan/atau mungkin meminta bantuan dari Chat GPT.

Aplikasi Traveling untuk Ulasan Tempat Wisata

Di setiap kota atau negara, pasti memiliki banyak tempat wisata. Baik itu yang mainstream atau seperti hidden gem. Agar bisa mendatangi tempat yang sesuai dengan harapan, Anda bisa mengeceknya dulu di aplikasi traveling untuk ulasan tempat wisata. Seperti TripAdvisor, Google Reviews, Foursquare, Klook, dan lainnya.

Aplikasi Penukaran Mata Uang

Jika Anda berlibur ke luar negeri, salah satu aplikasi traveling yang harus dimiliki adalah XE Currency. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk mengetahui kurs mata uang di negara tujuan. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan budget liburan dengan tenang dan nyaman.

Aplikasi Cuaca

Cuaca saat ini sedang tidak jelas. Kadang hujan, kadang panas. Tapi kira-kira seperti apa cuaca di destinasi liburan Anda? Agar tidak kebingungan, Anda bisa mengunduh beberapa aplikasi cuaca. Seperti Accuweather atau melihatnya dari Google.

Kelebihan dari Accuweather adalah bisa membantu Anda untuk menyiapkan pakaian yang sesuai dengan prediksi cuaca di tempat tujuan dan memberi tahu kapan waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata. Sangat membantu, bukan?

Aplikasi Zona Waktu

Setiap kota dan negara memiliki zona waktunya masing-masing. Indonesia memiliki tiga pembagian waktu. Yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur). Lalu bagaimana dengan destinasi luar negeri yang perbedaan jamnya bisa mencapai belasan jam?

Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengunduh aplikasi traveling yang akan memberitahu zona waktu secara real time dan akurat. Salah satunya adalah Circa. Namun sayangnya, aplikasi keren ini hanya tersedia untuk pengguna iOS saja. Semoga akan segera ada untuk pengguna Android, ya.

Aplikasi Bahasa

Satu lagi aplikasi traveling yang wajib ada di ponsel Anda adalah aplikasi bahasa. Aplikasi ini membantu Anda ketika mengalami kesulitan berkomunikasi di negara orang. Terutama jika Anda berlibur ke luar negeri. Di antaranya adalah Google Translate, Duolingo, Babbel, Beelinguapp, Busuu, dan masih banyak lagi. Sehingga nantinya Anda tidak perlu bingung lagi untuk berkomunikasi dengan warga lokal.

Baca juga: 12 Aplikasi Media Sosial Alternatif Penghilang Bosan: Wajib Dicoba

Bagaimana? Apakah salah satu dari aplikasi traveling di atas sudah terpasang di ponsel Anda? Jika belum, cepat unduh di Google Play Store atau App Store untuk mempermudah rencana liburan Anda!

Demikianlah informasi dan penjelasan terkait beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk berlibur dan/atau healing. Semoga bermanfaat! Selamat berlibur!

Advertisement
Shirley c.w

My name is Shirley CW,- SEO Content Writer, Social Media Officer || Freelance Content Writer, Content Editor & Translator.

1 thought on “9 Jenis Aplikasi Travelling yang Bikin Semua Jadi Praktis!”

Leave a Comment