Daftar Aplikasi Edit Foto Untuk PC Maupun HP Wajib Tahu!

Unggah foto pada platform sosial media memang menjadi kegiatan yang kerap dilakukan. Bahkan hampir semua orang memanfaatkan aplikasi edit foto terlebih dahulu sebelum mengunggahnya kesosial media. Tentunya untuk saat ini sudah banyak jenis aplikasi yang selalu bisa dimanfaatkan untuk edit foto.

Baik itu untuk PC maupun HP sudah tersedia aplikasi guna memoles suatu foto selalu bisa memberikan hasil yang terbaik. Dimana hal tersebut bisa terjadi karena adanya dukungan tools terbaik dari setiap aplikasi untuk edit foto.

Aplikasi Untuk Edit Foto di PC dan HP

Jika kita lihat untuk saat ini tentunya sudah banyak jenis aplikasi edit foto di PC yang mulai bisa digunakan pada versi mobile. Tentunya hal ini akan semakin memudahkan para pengguna untuk melakukan proses editing foto dimanapun kapanpun.

Lalu apa saja nama aplikasi tersebut? Simak ulasan mengenai daftar aplikasi untuk edit foto pada PC dan HP.

Aplikasi Untuk Edit Foto di PC

Daftar Aplikasi Edit Foto Untuk PC Maupun HP Wajib Tahu!

Bagi Mereka yang memiliki profesi sebagai photographer tentunya sudah banyak mengetahui apa saja jenis aplikasi yang cocok banget untuk membantu dalam proses editing foto. Akan tetapi jika dilihat dari pekembangan yang ada, ternyata tak hanya pekerja dalam bidang tersebut saja yang kerap melakukan proses edit foto.

Pasalnya banyak pemula atau orang awam yang kerpa melakukan kegiatan tersebut. Bahkan mereka juga mulai mengotak-akit foto mereka di layar PC. Simak beberapa aplikasi untuk edit foto di PC atauKomputer berikut ini: 

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop pertamanya memang digunakan untuk perangkat PC yang cukup jadi pilihan. Dari sisi tampilan ternyata aplikasi tersebut begitu user friendly serta banyaknya fitur unggulan selalu ditawarkan.

Perlu diketahui jika Adobe Photoshop sudah mulai mengalami perkembangan cukup signifikan. Bahkan mungkin Anda juga sudah bisa mendapatkan berbagai macam perkembangan fitur Adobe Photoshop untuk versi mobilenya.

Di sisi lain, Adobe Photoshop juga tidak banyak membutuhkan spesifikasi cukup tinggi pada perangkat yang digunakan, baik itu PC maupun laptop Anda. Sebagai informasi tambahan jika aplikasi Adobe Photoshop adalah aplikasi edit foto berbayar.

2. Adobe Lightroom

Masih seputar keluarga Adobe, berikutnya ada Adobe Lightroom. Dimana untuk spesifikasi PC yang bisa digunakan untuk instalasi Adobe Lightroom juga tidak jauh beda dari Adobe Photoshop.

Awalnya aplikasi tersebut hanya berfokus pada fungsi katalog saja. Namun lambat laun karena adanya perkembangan yang cukup signifikan, kini Adobe Lightroom bisa digunakan untuk kegiatan edit foto.

Sejak dulu sudah banyak photographer profesional yang memilih memanfaatkan Adobe Lightroom. Sama dengan aplikasi Adobe Photoshop, Adobe Lightroom juga sebagai aplikasi berbayar.

3. Corel Paintshop Pro

Mungkin Anda tak jarang mengetahui Corel paintshop Pro. Namun saat ini Corel paintshop Pro sudah mendapatkan perkembangan cukup baik. Bahkan banyak photographer yang mulai menggunakan jenis aplikasi tersebut.

Kabarnya harga berlangganan dari Corel paintshop Pro lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis aplikasi di bidang yang sama. Tentunya aplikasi Corel paintshop Pro juga sudah memiliki fitur penunjang terbaiknya.   

4. Canva

Saat ini mungkin jenis aplikasi dengan nama Canva bukanlah hal yang terdengar asing. Ya, Canva memang ada versi PC. Tentunya tetap bisa menawarkan kemudahan bagi para penggunanya. Selain tampilan sederhana, jenis aplikasi ini juga menawarkan segudang kelebihan fitur menariknya.

Bahkan bagi pemula sekalipun sangat mudah ketika ingin mengoprasikan Canva. Tak heran jika saat ini mulai banyak orang lebih memilih menggunakan aplikasi tersebut.

Aplikasi Edit Foto Terbaik Versi HP

Daftar Aplikasi Edit Foto Untuk PC Maupun HP Wajib Tahu!
Youtube: by Irfanz Tech

Dibandingkan dengan menggunakan perangkat PC. Saat ini kebanyakan orang mulai beralih untuk memanfaatkan ponsel mereka. Tentunya para pengembang teknologi juga harus terus melakukan perkembangan serta penyesuaian.

Hal ini terbukti dengan adanya peralihan aplikasi edit foto yang tadinya hanya sekedar bisa digunakan pada PC saja sudah bisa didapatkan versi mobile. Bahkan mereka tetap mengusung jenis fitur sama seperti yang ada pada versi PC.

Nah agar tak penasaran apa saja apliksi edit foto terbaik versi HP atau Smartphone, Anda bisa secara langsung membaca penjelasan lengkapnya berikut.

1. VSCO

Bagi sebagian pengguna keberadaan dari VSCO bukanlah aplikasi baru lagi. Pasalnya aplikasi tersebut telah dirilis sejak tahun 2011 lalu mendapatkan perkembangan dari berbagai segi. Tak hanya menyediakan fitur berbayar saja, namun VSCO juga menawarkan fitur gratis untuk para penggunanya.

Tentunya VSCO selalu jadi andalan karena memiliki beragam filter foto menarik. Nah jika Anda tertarik untuk mendapatkan hasil edit filter foto, maka VSCO bisa jadi pilihanmu.

2. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom merupakan aplikasi yang sangat bagus dalam kegiatan edit foto yang saat ini tak hanya digunakan pada PC saja. Dimana untuk saat ini aplikasi tersebut telah hadirversi HP. Tentunya untuk tools versi HP tak kalah bagusnya dengan yang ada di PC.

Tampilan user friendly sangat membantu bagi para pemula untuk menggunakan Adobe Lightroom. Saat ini user Android maupun iOS sangat bisa menggunakan Adobe Lightroom.

3. Adobe Photoshop Express

Berikutnya ada Adobe Photoshop Express yang saat ini sudah hadir versi mobile. Fitur yang dimiliki versi aplikasinya juga tak kalah lengkap pada versi PC. Meski memiliki versi gratisnya hanya terbatas, namun fitur tersebut bisa sangat membantu Anda ketika akan memoles fotodi aplikasi. Nah jika ingin versi lengkapnya, Anda bisa mencoba untuk berlangganan aplikasi Adobe Photoshop Express.  

4. Photo Lab

Dari sekian banyaknya aplikasi untuk editi foto, Anda bisa menggunakan Photo Lab untuk kegaiatn serupa. Aplikasi tersebut sudah bisa Anda unduh pada market aplikasi resmiAndroid maupun iOS. Sampai saat ini aplikasi ini juga masih terus jadi andalan pengguna untuk mendapatkan hasil edit foto terbaiknya.

Photo Lab juga menawarkan banyak kelebihan dari segi fitur. Mulai dari fitur montase, bingkai pada foto hingga efek animasi sudah bisa didapatkan pada aplikasi tersebut. Sebagai informasi tambahan jika Photo Lab dapat digunakan scara gratis atau berbayar.

5. Canva

Canva belakangan ini selalu banyak dimanfaatkan pengguna ketika ingin memberikan berbagai macam pengaturan pada foto mereka. Tampilan yang user friendly menjadikan para pengguna lebih mudah untuk mengoperasikan setiap layanan yang ditawarkannya.

Perlu diketahui juga jika aplikasi Canva telah memiliki layanan berbayar ataupun gratis.Namun untuk versi gratisnya juga tidak kalah menarik fitur yang ditawarkannya. Tak heran jika saat ini mulai banyak pengguna memilih menggunakan Canva untuk memoles foto mereka.

6. PicsArt

Mendapatkan hasil edit foto profesional sekarang ini dapat dilakukan oleh siapapun. Hal ini bisa terjadi dengan hadirnya salah satu aplikasi dengan nama PicsArt yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Berbagai tools pilihan dapat Anda manfaatkan ketika menggunakan PicsArt.

Mulai filter, crop, ganti background hingga custom gambar sudah dimiliki oleh aplikasi PicsArt. Sebagai aplikasi gratis maupun berbayar, PicsArt sudah cukup lengkap untuk mempermudah Anda edit foto.

Aplikasi Edit Foto Online Via  Website

Beberapa pengembang aplikasi edit foto telah menawarkan akses dalam bentuk website. Itu artinya Anda tidak perlu install aplikasi tersebut, baik itu di PC maupun mobile. Lalu apa saja aplikasi edit foto online via website? Yuk ketahui melalui daftar yang ada di bawah ini.

A. Pixlr

Pixlr menawarkan layanan via website bagi penggunanya. Walaupun pada dasarnya aplikasi ini memiliki layanan berbayar. Namun versi gratisnya juga tetap menawarkan segudang tools yang cukup menarik lho. Tak ada salahnya jika Anda ingin menggunakan Pixlr sebagai pilihan media edit foto.

B. Canva

Canva tak hanya bisa Anda instal pada perangkat HP saja. Namun Canva juga bisa Anda operasikan via mobile. Baik itu mobile maupun website, Canva selalu memberikan tools terbaiknya. Seluruh fitur tersebut bisa Anda manfaatkan untuk edit foto dan keperluan lainnya. Bahkan dari segi tampilan, Canva sangatlah user friendly. Tak heran jika Canva sampai saat ini masih terus mendapatkan jumlah pengguna yang terus beranjak naik.

C. Polarr

Dari sekian banyaknya jenis aplikasi untuk edit foto, Polarr hadir dengan segudang kelebihannya. Bahkan saat ini Anda dapat akses situs Polarr untuk mengoprasikannya. Sama dengan aplikasi sejenisnya, Polarr tetap memberikan tools untuk mempermudah Anda dalam mengoiprasikannya.
Di sisi lain, aplikasi tersebut juga menawarkan pilihan tema yang berbeda. mulai dari mode standar dan mode gelap bisa Anda gunakan pada aplikasi Polarr.

D. GIMP

GIMP selalu jadi andalan bagi mereka yang ingin mendapatkan fitur gratis edit foto berbasis website. Meski gratis namun tools terbaik milik GIMP tak boleh dianggap remeh. Tak anya digunakan oleh para photographer professional saja. Namun GIMP juga kerap digunakan oleh para pemula.

E. Adobe Online Photo Editor

Aplikasi besutan Adobe tak selalu berbayar. pasalnya Adobe Online Photo Editor bisa diakses secara gratis. Dimana aplikasi tersebut sudah memberikan layanan edit foto yang sangat mumpuni.

Banyak tools pilihan yang cocok banget Anda gunakan untuk mempoles foto. Anda bisa akses Adobe Online Photo Editor melalui website resminya. Meski begitu, Anda juga harus memiliki akun Adobe Photoshop dulu untuk mendapatkan layanan dari Adobe Online Photo Editor.

F. Pizap

Tampilan sederhana selalu menjadikan Pizap jadi pilihan para pengguna. Dimana akses Pizap bisa dilakukan melalui website resminya. Di sisi lain Pizap juga sangat cocok digunakan bagi pemula.

Anda bisa menggunakan tools text untuk menambahkan tulisan pada foto atau menggunakan tools filter yang cocok banget untuk mempercatik foto.

G. Photopea

Photopea adalah website edit foto yang bisa digunakan untuk berbagai macam jenis format file. Selain gratis, Photopea juga sudah dibekali dengan tools terbaiknya. Hal ini akan menjadikan para pengguna bisa mengolah foto dengan lebih mudah dan leluasa.

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Untuk Pemula

Dari penjelasan sebelumnya kita sudah tahu apa saja jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk editfoto terbaik via HP, PC maupun website yang digunakan. Namun beberapa aplikasi di atas ada yang menawarkan langganan berbayar.

Menariknya tak semua aplikasi edit foto itu berbayar lho. Bahkan untuk saat ini beberapa aplikasi sudah mengadopsi teknologi AI. Penasaran? Yuk baca daftar aplikasi melalui penjelasan di bawah ini.

1. Aplikasi Edit Foto gratis

Aplikasi edit foto gratis sebenarnya sudah tersedia banyak sekali untuk saat ini. Bahkan beberapa sudah ada di penjelasan sebelumnya. Nah jika Anda ingin mendapatkan tahu apa saja aplikasi edit foto gratis lainnya, maka daftar yang ada berikut ini akan membantu.

A. Afterlight

Dari sekian banyaknya aplikasi untuk edit foto berbayar, Afterlight ternyata tetap memberikan dukungan secara gratis ketika para pengguna ingin edit foto mereka. Bahkan untuk tools edit foto di Afterlight juga tak kalah dengan aplikasi sejenis yang berbayar. tentunya Anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi Afterlight sekarang juga.

B. Snapseed

Snapseed merupakan aplikasi yang sejak dulu selalu jadi andalan pengguna untuk melakukan proses edit foto. Menariknya sampai sekarang aplikasi tersebut dapat digunakan secara free alias grats. Kelebihan yang dimilkiki Snapseed adalah soal tools, khususnya di bagian filternya. Banyak filter yang bisa mengubah foto Anda menjadi terlihat memukau.

C. Photodirector

Jika ingin mendapatkan hasil foto berbeda dari yang lain, maka kalian bisa menggunakan Photodirector. Tools yang sudah didukung dengan teknologi AI mampu mempoles foto Anda menjadi terlihat cukup berbeda dibandingkan foto yang belum diedit.

2. Aplikasi Edit Foto Khusus Android

Para pengguna HP Android untuk saat ini akan lebih mudah melakukan edit foto. Hal ini tak lain karena sistem operasi tersebut sudah memiliki berbagai macam jenis pilihan aplikasi edit foto. Bahkan beberapa sudah dijelaskan sebelumnya seperti Canva dan PicsArt. Nah agar makin banyak pilihannya, Anda bisa rekomendasi aplikasi khusus HP Android berikut.

A. Bonfire Photo Editor

Ingin lebih praktis edit foto pada HP Android, coba dulu gunakan Bonfire Photo Editor. Kalian akan mampu mengubah foto dengan lebih mudah hanya bermodalkan aplikasi tersebut. Bahkan kalian juga bisa memiliki hasil foto menjadi HDR dengan bantuan Bonfire Photo Editor.

B. Fotor Photo Editor

Fotor Photo Editor memberikan pengalaman mudah bagi para penggunanya untuk melakukan proses pengaturan tambahan pada foto mereka. FPE sendiri sudah rilis dengan tools pilihan. Dimana Anda bisa mencoba untuk mengatur pencahayaan, kontras maupun lainnya dengan bantuan Fotor Photo Editor.

C. Collage Maker

Collage Maker merupakan aplikasi untuk edit foto yang memiliki ukuran sangat ringan. Hal ini akan menjadikan ponsel Anda tidak terbebani penyimpanannya. Walaupun begitu, aplikasi tetap menyuguhkan berbagai jenis fitur pilihan. Sebagai contohnya adalah seperti beberapa foto pada satu frame sekaligus.

3. Aplikasi Edit Foto Pada Smartphone iPhone

Selain Android, mereka yang memiliki smartphone iPhone dengan sistem operasi iOS juga sudah cukup tinggi. Karena hal inilah para produsen aplikasi edit foto juga menyediakan versi iOS. Namun apakah Anda sudah tahu apa saja jenis aplikasi edit foto di iPhone? Jika belum, maka penjelasan di bawah ini bisa membantu.

A. Focos

Focos merupakan aplikasi edit foto yang memberikan layanan terhadap ponsel dengan sistem operasi iOS. Sama dengan jenis aplikasi edit foto yang lainnya, Focos juga sudah dibekali dengan tools untuk mendapatkan hasil edit terbaik.

B. Bazaart: Photo & Video Editor

Bazaart memberikan pilihan fitur cukup lengkap dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Meski begitu beberapa fitur dalam aplikasi tersebut hanya mampu dioperasikan secara berbayar. Namun tak perlu bingung lagi karena Bazaart tetap memberikan opsi fitur secara gratis untuk pengaturan foto Anda.

C. Prequel

Jika ingin memiliki foto berbeda dari lainnya, maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan Prequel. Pasalnya aplikasi terebut telah dibekali dengan tools terbaik dalam memoles foto jauh lebih berbeda dari yang lain.

Bahkan Anda bisa menggunakan filter ubah foto jadi komik menggunakan Prequel. Namun perlu diketahui jika Prequel adalah aplikasi edit foto iPhone berbayar. Untuk kesempatan trial hanya sebanyak tiga kali saja.

4. Aplikasi Edit Foto Versi AI

AI atau artificial intelligence saat ini sudah cukup banyak menawarkan berbagai macam kecanggihan. Bahkan untuk memoles foto saja jauh lebih praktis dengan bantuan AI. Sampai saat ini sudah banyak jenis aplikasi khusus untuk melakukan edit foto dengan teknologi AI seperti yang ada di bawah ini.

A. Lensa AI

Lensa AI adalah jenis aplikasi untuk melakukan edit foto yang tentunya dengan dikungan AI. Tools terbaik selalu bisa Anda temukan pada aplikasi ini hingga jadikan suatu foto lebihspektakuler. Hasil edit foto yang dilakukan pada Lensa AI akan tampak beda dari yang lain lho. Penasaran dengan hasil fotonya, coba langsung dengan Lensa AI. Sebagai informasi jika untuk saat ini pengguna Android maupun iOS telah mampu memanfaatkan aplikasi tersebut.

B. Youni

Berikutnya ada Youni yang tentunya telah mendapatkan dukungan dari teknologi AI. Akan tetapi Youni hanya bisa dioperasikan pada ponsel iOS. Dengan memanfaatkan fitur Youni, maka foto yang telah Anda poles akan terlihat lebih bergaya. Tentunya kreatifitas Anda juga akan lebih bisa terasah ketika memanfaatkan Youni.

C. Remini

Ubah kualitas foto jauh lebih meningkat ketika mengunakan bantuan Remini. Selain itu aplikasi tersebut juga mendapatkan dukungan dari teknologi AI terhadap sistem kerja mereka. Dengan begitu suatu foto akan memiliki tampilan visual foto cukup berbeda ketika menggunakan Remini.

Baca juga: Prospek Bisnis Fotografi: Hobi yang Bisa Jadi Peluang Usaha Menguntungkan

Nah itulah rekomendasi aplikasi edit foto yang dapat digunakan secara gratis maupun berbayar. Dari beberapa pilihan di atas, gunakan yang menurut Anda paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan.

Maxmanroe

A Blogger, YouTuber, and Trader. Start getting to know Online Business since 2012 and continue to learn about internet business until now. Currently active as a content writer at Maxmanroe.com.

3 thoughts on “Daftar Aplikasi Edit Foto Untuk PC Maupun HP Wajib Tahu!”

Leave a Comment