Aplikasi Android Untuk Mereka Yang Aktif Jual Beli Online

Aplikasi-Android-Untuk-Mereka-Yang-Aktif-Jual-Beli-Online

Ada banyak sekali kemudahan yang didapat ketika kita melakukan berbagai transaksi via online. Walaupun transaksi online memiliki resiko tersendiri, ternyata semakin banyak orang yang memilih bertransaksi online karena kemudahan yang ditawarkan. Kemudahan lain yang bisa kita dapatkan adalah kehadiran ponsel pintar berbasis Android dengan berbagai aplikasi pendukung untuk bertransaksi.

Dimana pun Anda bisa mencari produk, menawarkan produk, bertransaksi, mencari informasi, dan lain sebagainya, semua dalam genggaman. Hal ini sangat didukung dengan hadirnya berbagai #aplikasi Android yang dapat didownload di Google Play sebagai App shop resmi Android. Jadi apa saja aplikasi penting yang mendukung kegiatan jual beli online? Mari simak ulasannya berikut ini:

Artikel lain: Mengapa Smartphone Untuk Bisnis Sangat Dibutuhkan Saat ini?



1.  Aplikasi Messenger

Salah satu cara berhadapan dan berkomunikasi dengan konsumen maupun seller adalah melalui aplikasi messenger. Ya, saat ini kebanyakan seorang seller ketika memposting produknya di internet menyertakan nomor ponsel, nomor pin, atau nomor untuk menghubungkan aplikasi messenger.

Aplikasi ini lebih mudah dan hemat ketimbang Anda harus menggunakan fasilitas SMS dengan tarif per SMS. Pastikan Anda menginstal aplikasi messenger populer agar lebih mudah bertransaksi, diantaranya seperti BBM, Line, WeChat, WhatsApp, Skype, Kakao Talk dan lain-lain. Pilih aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Anda.

2. Aplikasi Situs Perdagangan

Dengan semakin banyaknya pengguna ponsel pintar membuat pengembang situs perdagangan atau situs jual beli online merilis aplikasi khusus agar situsnya dapat mudah diakses via Smartphone, khususnya Android. Aktif dalam jual beli online berarti Anda harus aktif dalam situs jual beli online, atau bisa juga pada Forum serta jejaring sosial.

Anda bisa mengunjungi Google Play dan mencari aplikasi situs jual beli online yang sering Anda gunakan. Sebagai contoh adalah aplikasi OLX Indonesia, Bukalapak.com, Berniaga.com, eBay, dan lain-lain. Meski situs tersebut juga bisa diakses melalui web browser, namun lebih mudah dan cepat jika menggunakan aplikasinya langsung.

3. Aplikasi Jejaring Sosial

Selain situs perdagangan, jejaring sosial juga fasilitas yang bagus untuk berjual beli online. Tampaknya Facebook, Twitter, dan Forum terkenal menjadi jejaring sosial yang cukup membantu Anda. Pastikan Anda memiliki aplikasi jejaring sosial pada smartphone untuk kemudahan.

Artikel lain: Sejarah Perkembangan Smartphone Versi Android

4. Aplikasi Jasa Pengiriman Barang

Aplikasi keempat yang sangat dibutukan untuk mendukung kegiatan jual beli online Anda adalah aplikasi jasa pengiriman barang. Aplikasi ini sangat penting untuk mencari tahu berapa biaya paket pengiriman barang, menghitung biaya berdasarkan jarak dan berat, atau juga bisa melacak paket pengiriman Anda.

Sayangnya, tidak banyak perusahaan jasa pengiriman barang yang sudah membuat aplikasi Android khusus. Sehingga terkadang Anda memang harus melacaknya secara manual melalui web browser. Setidaknya saat ini aplikasi Kantor Pos, DHL, FedEx, JNE dan beberapa jasa pengiriman barang sudah ada di Google Play.

5. Aplikasi Perbankan

Aplikasi Android yang dianggap cukup vital untuk kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi online adalah aplikasi perbankan. Ya, ketika Anda sudah mendapatkan barang yang ingin dibeli, Anda bisa langsung bertransaksi tanpa harus pergi ke gerai ATM. Anda bisa lakukan pembayaran via ponsel pintar berbasis Android milik Anda.

Saat ini pihak bank bonafit sudah menyediakan layanan mobile, diantaranya seperti BCA mobile, BRI mobile serta Mandiri mobile. Perlu Anda ketahui, ada banyak fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi perbankan ini seperti transfer uang, isi ulang, pembayaran, pembelian, cek saldo dan lain sebagainya. Untuk fitur pembayaran biasanya adalah fitur untuk melakukan setoran wajib seperti PLN, Telkom, PDAM dan lain-lain.

Namun Anda juga perlu berhati-hati menggunakan smartphone yang berisi aplikasi semacam ini karena bisa saja disalah gunakan orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk merahasiakan User ID maupun Password sebagai kode masuk aplikasi.

6. Aplikasi Peta

Jual beli online tidak selalu harus mentransfer uang dan mengirimkan barang. Terkadang orang lebih suka menggunakan sistem COD (Cash on Delivery) jika pembeli dan penjual berdomisili didaerah yang tidak terlalu jauh. Dan dalam hal ini mungkin Anda bisa melalui tempat yang baru dikenal atau Anda sama sekali tidak tahu arah jalan daerah yang dituju.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Aplikasi BBM untuk Keperluan Bisnis Anda

Aplikasi Map atau Peta akan sangat membantu Anda menemukan lokasi tempat bertemu dengan pelanggan atau penjual. Salah satu yang paling populer adalah Google Map yang cukup lengkap komprehensif dan akurat serta bisa dijadikan panduan perjalanan Anda.





5 total comments on this postSubmit yours
  1. beberapa situs perdagangan online memang semakin memanjakan pelanggan dengan menghadirkan aplikasi smartphone yang fungsional

  2. Makasih atas sarannya, belajar membuat aplikasi memang gampang gampang susah…..

  3. Wah, bagus sekali informasinya. Nanti akan saya coba.
    Tks.

  4. Berkat aplikasi android memang sangat membantu di jual beli online.. saya pribadi sangat berterima kasih.. :)

  5. Android memang jago dan gudangnya aplikasi, semuanya ada termasuk aplikasi bisnis online

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud