Mengapa Smartphone Untuk Bisnis Sangat Dibutuhkan Saat ini?

Image dari Wheniwork.com

Image dari Wheniwork.com

Ini adalah era Smartphone dan internet, tentu Anda setuju dengan kami. Bagaimana tidak, saat ini Smartphone sudah digunakan oleh semua kalangan masyarakat, baik tua, muda, di desa maupun di kota. Seperti yang kita ketahui bahwa Smartphone atau Ponsel cerdas merupakan perangkat telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi dan sering disetarakan dengan kemampuan komputer konvensional. Tidak hanya untuk menelepon atau sms, #Smartphone sering dimanfaatkan mengakses internet baik itu untuk keperluan e-mal, jejaring sosial, browsing dan sebagainya.

Setidaknya ada 3 sistem operasi yang populer disematkan pada Smatphone saat ini, yakni iOS, Android dan Windows Phone. Jadi sangat bijak sekali jika Anda memanfaatkan Smartphone sebagai fasilitas pendukung bisnis Anda dibandingkan PC yang kurang mobile dan kurang praktis.

Alasan Menggunakan Smartphone

Di perkantoran mungkin perangkat komputer masih menjadi andalan untuk menjalankan pekerjaan. Namun sayangnya komputer atau laptop kurang praktis dan kurang mobile saat dibawa bepergian. Apalagi perangkat komputer yang membutuhkan banyak perangkat keras. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Smartphone cocok mendukung keperluan bisnis dibandingkan PC (Komputer):

Artikel lain: Tips Memaksimalkan Aplikasi BBM untuk Keperluan Bisnis Anda

1. Ukuran Smartphone Lebih Kecil

Ukuran Smartphone jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer yang memiki layar, keyboard, dan CPU. Tentu saja tidak akan praktis jika membawa PC saat Anda bepergian. Berbeda dengan Smartphone yang dapat Anda masukan ke kantong saku atau tas Anda. Dimana pun Anda bisa terakses internet dengan bantuan provider tanpa perangkat modem tambahan.




2. Komunikasi tetap Terjaga

Semua jenis bisnis pastinya tidak akan lepas dari kegiatan komunikasi. Smartphone membantu Anda untuk tetap terkoneksi dengan mitra bisnis atau konsumen. Bisa memanfaatkan layanan SMS, Telepon, email, maupun dengan layanan messenger berbasis online yang saat ini tersedia banyak dan tentunya gratis seperti WhatsApp, BBM, WeChat, Line, Yahoo Messenger dan lain-lain.

Bayangkan bila Anda masih menggunakan PC atau laptop dimana untuk memantau pesan masuk Anda harus menyalakannya terlebih dahulu, kemudian proses booting dan hanya bisa dilakukan ditempat PC diletakan. Lebih merepotkan dan kurang efisien.

3. Fitur Kamera yang Memudahkan

Ketika Anda memotret sebuah produk menggunakan kamera untuk dipromosikan di internet, Anda harus mencopot kartu memori untuk dimasukan ke card reader atau menggunakan kabel data untuk proses transfer data ke komputer. Bandingkan jika Anda memotret menggunakan Smartphone, kemudian dapat langsung diunggah ke jejaring sosial internet. Bukankah ini lebih praktis?  Tidak ada proses panjang yang rumit.

4. Cepat Memperoleh Informasi

Kita bisa menggunakan fasilitas internet yang bisa diakses melalui web browser di smartphone, pastinya Anda akan menjadi orang yang selalu up to date akan informasi. Sebagai contoh, misalnya Anda sedang menggeluti bisnis jual beli mobil, melalui fasilitas internet di smartphone, Anda dapat dengan mudah memperoleh informasi tentang harga mobil baru dan second saat ini langsung dari perangkat smartphone Anda.

Saat membutuhkan informasi yang dibutuhkan, kita tinggal membuka Google melalui smartphone, dan Anda akan mendapatkan informasi yang dicari. Misalnya Anda ingin mengetahui biaya pengiriman barang dari kota A ke kota B, Anda bisa mendapatkan informasinya dengan membuka situs JNE melalui smartphone Anda.




5. Memasarkan Produk atau Jasa Lebih Cepat via Online

Di jaman yang serba online ini kita bisa melakukan jual beli via internet dengan mudah dan cepat. Pastikan Anda lebih cepat dalam pemasaran produk atau jasa dengan Smartphone, baik itu melalui website pribadi, forum jual beli, broadcast via aplikasi messenger maupun jejaring sosial lainnya. Selain itu, dengan Smartphone Anda bisa juga lebih cepat mengupdate informasi mengenai produk atau jasa dari bisnis Anda.

6. Harga Relatif Murah

Sebagian besar orang menganggap smartphone memiliki harga yang relatif murah, selain itu penggunaannya simple dan memiliki fitur melimpah. Dengan dana 1-2 jutaan kita sudah bisa mendapatkan Smartphone dengan fitur cukup lengkap dan sudah di dukung teknologi canggih.

Tips memilih Smartphone untuk bisnis

Sebenarnya kita tidak dituntut untuk memilih Smartphone dengan spesifikasi yang luar biasa. Cukup gunakan Smartphone yang memiliki fitur lengkap dan mendukung penginstalan aplikasi penting untuk bisnis Anda. Misalnya kita menggunakan Smartphone dengan sistem operasi Android, maka OS nya minimal 4.0 (Ice Cream Sandwich) karena dengan inilah Anda bisa memasang berbagai aplikasi yang dibutuhkan, misalnya aplikasi BBM dan lainnya.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Smartphone Versi Android

Anda cukup memperhatikan fitur utama, misalnya aplikasi penting untuk bisnis (sms, email, mobile messenger, dan lainnya), kamera yang memadai, serta kapasitas memori yang cukup untuk menyimpan file Anda. Selain itu, Anda disarankan untuk menggunakan Smartphone untuk bisnis yang bisa mendukung koneksi lengkap seperti 3G dan WiFi. So, jika ingin meningkatkan bisnis ke level yang lebih baik, Anda harus mempertimbangkan untuk memiliki sebuah perangkat smartphone.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Buat ngeblog smartphone sangat membantu. Jika sedang dalam perjalanan kita masih dapat bagi postingan ataupun sekedar blogwalking.

  2. Sekarang ketinggalan dompet aku ga terlalu was – was. Tapi kalo ketinggalan handphone langsung keliyengan balik lagi ke rumah.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud