5+ Aplikasi Android Terbaik untuk Blogger Agar Meningkatkan Produktifitas

Sebagai seorang blogger, tentu kamu akan sangat terbantu dengan adanya smartphone. Smartphone bisa menjadi alat yang sangat powerful untuk meningkatkan produktifitas sebagai seorang blogger jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik.

Salah caranya adalah dengan menggunakan aplikasi-aplikasi penunjang yang akan membantu kita dalam blogging. Mulai dari menulis artikel, hingga mengatur semua aset seperti gambar dan foto.

Dari sekian banyak aplikasi android, berikut ini adalah 5 aplikasi android terbaik untuk blogger yang sangat membantu produktifitas kamu sebagai seorang blogger.

1. Aplikasi SwiftKey Keyboard

Memang, ada banyak sekali aplikasi keyboard yang bisa di unduh di Google Play. Mulai dari aplikasi keyboard yang mengutamakan tampilan, hingga kaya fitur.



Menurut saya aplikasi keyboard terbaik untuk android adalah SwiftKey Keyboard. Fitur koreksi otomatisnya sangat cocok sekali digunakan untuk kita-kita para blogger yang sering menulis melalui smartphone android.

Entah itu sekedar ngetik draft atau artikel penuh. Tidak akan ada lagi salah ketik. SwiftKey Keyboard memiliki algoritma cerdas yang akan mampu mengidentifikasi kesalahan ketika kamu, kemudian mengkoreksinya.

SwiftKey Keyboard adalah salah satu aplikasi wajib yang harus ada di smartphone semua blogger.

Install SwiftKey Keyboard

2. Aplikasi Dropbox Paper

Ada yang belum tahu apa itu Dropbox Paper? Dropbox Paper adalah aplikasi catatan yang dikembangkan oleh Dropbox. Memang sudah ada banyak aplikasi sejenis seperti Evernote, Simplenote, dan lainnya.

Saya sudah mencoba semua aplikasi tersebut, dan berdasarkan pengalaman pribadi, Dropbox Paper adalah yang terbaik. Dropbox Paper memiliki tampilan yang simpel namun tetap elegan. Menjadikannya mudah digunakan dan membuat kita bisa fokus ketika mengetik artikel.

Dan kelebihan lainnya, Paper terintegrasi secara penuh dengan Dropbox. Jadi kita bisa memasukkan gambar atau foto yang sebelumnya pernah kita simpan di Dropbox.

Install Dropbox Paper

3. Aplikasi Feedly

Sebagai seorang blogger, kita tentu membutuhkan sumber bacaan. Agar selalu mendapatkan pasokan informasi, atau sekedar ingin mencari inspirasi.

Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan membaca blog atau website dengan tema yang kita minati. Jika kamu masih megnunjungi website-website favorit secara manual, maka mulai sekarang tinggalkanlah kebiasaan tersebut.

Karena ada cara yang lebih baik, yaitu dengan menggunakan Feedly. Feedly bisa mengumpulkan umpan dari website favorit yang kamu ikuti, kemudian menampilkannya di aplikasi.

Jika kamu memiliki banyak website favorit yang sering dibaca, maka Feedly wajib kamu install. Kamu bisa update informasi sekaligus mencari inspirasi untuk bahan artikel selanjutnya yang akan kamu tulis.

Install Feedly

4. Aplikasi Hootsuite

Kamu yang sudah mulai serius menekuni profesi blogger tentu sudah tidak asing lagi dengan sosial media. Sosial media adalah alat yang powerful untuk mempromosikan blog yang kita kelola agar bisa mendapatkan banyak kunjungan tambahan.

Nah, adakalanya kita harus mengelola banyak akun sosial media. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga LinkedIn. Jika kita menginstall semua aplikasi sosial media tersebut satu persatu, tentu sangat tidak efektif.

Untungnya ada aplikasi bernama Hootsuite. Dengan satu aplikasi ini, kamu bisa mengelola semua akun sosial media kamu. Kamu bisa melakukan posting terjadwal, membalas komentar, hingga memeriksa statistik setiap akun sosial media.

Hootsuite adalah aplikasi yang sangat penting untuk blogger, terutama yang sering menggunakan sosial media untuk mendapatkan kunjungan tambahan di blog-nya.

Install Hootsuite

5. Aplikasi Google Analytics

Google Analytics, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini. Alat wajib bagi semua blogger profesional untuk mengetahui jumlah kunjungan blog.

Google Analytics memiliki aplikasi resminya sendiri di Google Play. Hal ini tentu akan memudahkan hidup kamu sebagai seorang blogger. Kamu bisa memeriksa jumlah kunjungan blog kapanpun dan dimanapun melalui smartphone android.

Fitur:

+ Periksa metrik kunci di laporan bawaan
+ Bandingkan rentang tanggal dan terapkan segmen
+ Pantau data real-time
+ Jelajahi untuk membuat laporan Anda sendiri dengan kombinasi metrik, dimensi, dan segmen yang Anda sukai
+ Simpan laporan ke dasbor Anda sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya kembali

Install Google Analytics

6. Aplikasi Google Adsense

Sebagian besar bloger pasti sudah tahu tentang Google Adsense. Aplikasi ini hanya untuk penerbit Adsense. Bagi publisher Google Adsense, Anda dapat memeriksa semua jenis laporan penghasilan dan sumber pendapatan dengan menginstal aplikasi ini di smartphone Anda.

Dengan adanya laporan seperti ini di perangkat smartphone, maka publisher dapat dengan segera mengetahui apa yang terjadi jika ada perubahan penghasilan yang signifikan.

Baca juga: Blogger Copy Paste Kenapa Masih Ada? Ternyata Inilah Penyebabnya

Di atas tadi adalah 5 aplikasi android terbaik untuk blogger yang wajib di install untuk meningkatkan produktifitas kamu sebagai seorang blogger. Semoga bermanfaat.

 

Artikel dikirim oleh  Loki Fadilah https://androbuntu.com/





17 total comments on this postSubmit yours
  1. Dengan banyak aplikasi, wah kerja kita sekarang makin ringan. Semua tersedia dalam aplikasi. Kita bisa berbuat lebih banyak lagi untuk kemajuan dan keuntungan yang lebih besar. Terima kasih atas informasinya.

  2. Terimakasih Maxmanroe artikelnya top – top, sepertinya semua artikel yang ada di blog anda sudah menjadi master artkel. Semoga tahun berikutnya saya dapat memiliki blog seperti milik anda hehhehe… amin3x

  3. tapi itu berat gak yah mas aplikasinya

  4. Wah, makasih banyak mas. aplikasi hootsuite dan aplikasi feedly menjadi rekomendasi saya untuk menambah amunisi ngeblog. Kebetulan saya selalu bingung saat mencari ide untuk menulis blog. Walaupun saya belum menghasilkan uang dari blog, tetapi melihat tulisan-tulisan dari maxmanroe menjadi penambah semangat saya.

  5. Kalau saya cuma pakai Adsense, Analytics, dan Hootsuite. Hootsuite kurang begitu penting menurut saya.

  6. Wah, saya belum pernah mencoba aplikasi untuk para blogger. Tampaknya sangat menarik dan bisa membantu pekerjaan blogger. Saya harus mencobanya. Terima kasih atas informasinya.

  7. Keren artikelnya mas. Selama ini saya hanya pakai google analitic mobile. Sebenarnya dulu pernah saya instal wordpress mobile, tapi yang bisa login hanya akun wordpress.com, sementara wordpress self hosting belum bisa saat itu, ngaak tau sekarang kalau sdh bisa di versi terbarunya

  8. Thanks banget mas untuk ulasannya, sangat bermanfaat tentunya.
    Saya sendiri baru menggunakan 2 dari 6 aplikasi yang dipaparkan diatas, kedepannya mau coba 4 lagi yang belum pernah dicoba, semoga bisa menambah produktifitas saya sebagai seorang blogger.

  9. Jujur saja.. cuma satu aplikasi di atas yang saya pergunakan, yaitu aplikasi Adsense. Yang lain menurut saya sih tidak begitu bermanfaat bagi saya, seorang blogger.

    Lebih enak masuk langsung ke dasrboard dan kemudian menulis dibandingkan menggunakan aplikasi apapun. Kalaupun ada yang enak dipergunakan adalah Note saja untuk mencatat ide.

    Lebih ringkas pula mengetik di Dashboard dibandingkan harus memakai aplikasi apapun. Begitu juga dengan membaca, secara manual lewat browser pun sudah cukup.

  10. Hi mas Loki, temanya menarik nih tapi mungkin saya kurang setuju sama beberapa poin di atas. Kalau ngomongin masalah produktifitas, Google Analytics sama Adsense kyklnya lebih baik di desktop aja. Klo bolak-balik ngecek jumlah pengunjung/penghasilan kapan nulisnya?

    Kalau Dropbox Paper boleh juga tuh, apalagi hasil tulisannya bisa didownload dalam format Markdown. Lumayan, bisa nulis sambil styling tulisan kita.

    Kalo boleh saya nambahi mungkin Pocket tuh mas, bisa baca artikel yang sudah kita simpan secara offline.

  11. Saya memakai salah satu apps diatas mas, sangat bermanfaat dan membantu blogger pemula seperti saya. Terima kasih

  12. makasih bnyak mas. saya blogger pemula dan saya ingin mencoba aplikasi itu. sepertinya bisa diandalkan aplikasi itu.

  13. Nambahin mas. Aplikasi serpmojo buat treking posisi keyword di serp secara real time.

  14. yang lainnya belum saya instal, baru google analytic doang. Hotsuite itu berbayar atau gratis ya mas ?

  15. Memang sangat membantu untuk aplikasi Google Adsense. Dapat mengetahui pendapatan secara real time, dimana saja kapan saja.
    Nice Info

  16. iya bener banget jadi tau, apa lagi yang namanya baru ngeblogging pasti sangat membutuhkan artikel dari master nya
    secara kalo tidak ada master mau bertanya sama siapa?

  17. terimakasih banyak mas maxmanroe,perkenalkan nama saya mukhlis mj. berkat artikel ini saya jadi tau banyak mengenai hal kelengkapan yang harus dimiliki seorang blogger. saya sendiri baru mulai nulis diblog mas. artikel seperti ini sangat membantu saya sebagai blogger pemula.

    makasih banyak mas udah share.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud