Beranda General Apa Itu Toxic People? Ini Penjelasan Arti Toxic dan Ciri-Ciri Orangnya

Apa Itu Toxic People? Ini Penjelasan Arti Toxic dan Ciri-Ciri Orangnya

Apa Itu Toxic

Kata “toxic” cukup sering kita dengar di berbagai kesempatan, baik di media sosial, dunia game, maupun di kehidupan nyata. Tetapi sebenarnya apa itu toxic people dan bagaimana cara mengetahui ciri-ciri seseorang yang menjadi “racun” bagi orang-orang di sekitarnya?

Istilah ini merupakan bahasa gaul dari anak muda generasi milenial yang merujuk pada seseorang yang sering memberikan pengaruh negatif kepada sekitarnya. Artikel ini akan mengulas secara ringkas tentang arti toxic, baik pengertiannya secara etimologis maupun penggunaannya dalam bahasa pergaulan.

Arti Toxic Secara Etimologis

Menurut asal katanya, arti toxic adalah racun, yaitu suatu senyawa atau zat berbahaya yang bila masuk ke dalam tubuh manusia akan dapat merusak sistem biologis dan menyebabkan gangguan kesehatan, penyakit, hingga kematian.

Kata toxic berasal dari bahasa Inggris “toxic” yang artinya sesuatu yang mengandung racun atau menjadi bahan beracun terutama jika dapat menyebabkan penyakit serius bahkan kematian.

Dari penjelasan pengertian toxic berdasarkan asal katanya, maka dapat kita pahami bahwa toxic artinya adalah segala sesuatu yang dapat memberikan pengaruh buruk bagi manusia dan lingkungan sekitarnya.

Apa Itu Toxic People?

Arti Toxic
Arti toxic via Feedfond

Dalam pergaulan anak muda, khususnya kaum mileniel, istilah toxic people digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang punya pengaruh negatif (racun) terhadap orang-orang lain di sekitarnya.

Toxic people adalah jenis individu yang sering merugikan dan menyusahkan hidup orang lain, baik secara fisik maupun psikis.

Dengan begitu, arti toxic people dalam kehidupan masyarakat umum merujuk kepada orang-orang yang merugikan dan menghambat kebahagiaan orang lain di sekitarnya.

1. Toxic People Dalam Suatu Hubungan

Memiliki hubungan tertentu (misalnya pacar atau rekan kerja) dengan orang-orang toxic akan menghasilkan toxic relationship, yaitu suatu hubungan dimana perilaku pasangan atau rekan kerja justru merugikan seseorang, baik secara psikologis maupun fisik.

Hubungan toxic dapat membuat seseorang kehilangan harga diri, kehilangan rasa percaya diri, stres, bahkan sering merugikan pasangannya secara fisik.

Hal ini dapat ditandai dengan adanya rasa takut, merasa tidak nyaman, merasa terintimidasi, dan hal-hal lainnya yang merugikan seseorang yang menjadi korban toxic people.

2. Toxic People Dalam Game

Demikian juga halnya toxic people dalam dunia game. Dalam bermain game multiplayer, orang-orang toxic dapat diartikan sebagai teman bermain game yang sering membuat onar dan merugikan timnya sendiri.

Misalnya dalam bermain game online Dota 2 yang dimainkan secara tim. Toxic people ini biasanya bermain secara individual, tidak sopan, sulit diatur, dan tidak perduli dengan rekan-rekannya sehingga merugikan timmnya secara keseluruhan.

Pemain seperti ini seringkali membuat jengkel rekan setim sehingga akhirnya dikeluarkan dari tim.

Ciri-Ciri Orang yang Toxic

Ciri-Ciri Toxic People
Ciri-ciri toxic people via Google Image

Toxic people ada dimana-mana, baik itu di dunia maya maupun di dunia nyata. Lalu, bagaimana cara mengetahui dan mengenali orang-orang toxic ini?

Berikut ini adalah ciri-ciri toxic pople yang harus kamu hindari sedini mungkin:

1. Suka Mengontrol dan Memanipulasi Orang lain

Toxic people ini memiliki sifat umum, yaitu egois, suka mengatur, dan suka memanipulasi orang lain. Dengan sifat-sifat tersebut mereka dapat membuat orang lain melakukan apa yang mereka inginkan.

2. Sering Playing Victim

Ini merupakan salah satu ciri utama dari toxic people. Dalam setiap masalah yang terjadi, mereka selalu bersikap sebagai korban dan menyalahkan orang lain atas masalah tersebut. Dengan kemampuan manipulatif yang dimilikinya, orang lain justru lebih memperhatikan dan membela si toxic.

Apakah kamu pernah berharap seseorang meminta maaf, tetapi justru kamu yang akhirnya meminta maaf? Hati-hati, mungkin kamu sedang berhadapan dengan orang yang toxic.

3. Selalu Merasa Paling Benar

Dalam setiap percakapan atau diskusi, orang-orang toxic ini selalu merasa yang paling benar dan lebih hebat dari orang lain. Tidak jarang juga mereka mengeluh sudah melakukan yang terbaik untuk kepentingan orang lain namun tidak mendapatkan dukungan dari lingkungannya.

Apakah kamu pernah merasa seperti itu? Mungkin saja kamu juga termasuk toxic people.

4. Tidak Mau Mengakui Kesalahan

Setelah melakukan berbagai kesalahan yang merugikan dan membuat kamu sebal, orang-orang toxic itu tidak akan pernah meminta maaf.

Atau jika mereka meminta maaf, itu akan dilakukan dengan cara yang tidak tulus dan akan mengulangi kesalahannya.

5. Sering Meremehkan Orang Lain

Semua kerja keras dan keberhasilan yang kamu capai selama ini seperti tidak ada artinya bagi orang-orang toxic. Mereka akan mencoba membanding-bandingkan pencapaian kamu dengan orang lain atau dirinya dengan tujuan meremehkan.

Dengan kata lain, orang-orang toxic tidak suka dengan keberhasilan orang lain dan akan mencoba merendahkan pencapaian orang lain tersebut dengan segala cara.

6. Tidak Punya Empati Pada Kondisi Orang lain

Bisa dibilang toxic people itu sudah seperti orang yang mati rasa dan mati hati. Mereka tidak perduli dengan kondisi orang lain dan sangat sulit untuk berempati.

Jangankan berharap mendapat penghiburan dari mereka, toxic people ini sering tidak menyadari keadaan orang lain. Atau jika menyadarinya, biasanya mereka cenderung bersikap dingin dan tidak perduli.

Nah, dari penjelasan ciri-cirinya di atas tentunya kamu sudah punya gambaran mengenai siapa saja orang-orang di sekitar kamu yang memberikan dampak buruk selama ini. Jangan biarkan orang-orang toxic itu berlama-lama berada di sekitar kamu karena dampaknya akan cukup mengerikan lho bagi kehidupan kamu.

Baca juga: Memahami Perbedaan Hak dan Kewajiban

Itulah penjelasan ringkas apa itu toxic, baik itu arti toxic secara etimologis, arti toxic dalam pergaulan, maupun dalam dunia game. Semoga kamu terhindar dari orang-orang yang toxic seperti yang disebutkan di atas.

4 KOMENTAR

  1. Toxic People yg sering saya temui itu no. 5 dan 6, harus dijauhi kalo nggak bikin stress sendiri.

  2. Saya lagi ada di situasi nomor 1 nih, dan amat sangat complicated!
    Karena melibatkan hubungan suami istri.

    Pengen mengakhiri, tapi saya belum punya dana buat sekolah anak.

    Terlebih memang saya jauh dari keluarga, nggak bisa nitip anak buat kerja di luar rumah :(

  3. Lebih sering kayanya temen-temen tuh dapet Toxic relationship sih, jadi kasian :(

Tinggalkan Balasan