Anwar Yunus Lepas Zona Aman utk Membangun Startup DealMedan

Anwar-Yunus-DealMedan

Anwar Yunus – Untuk mencapai kesuksesan besar, kita tidak hanya membutuhkan usaha namun terkadang juga pengorbanan. Sebelum bisa mencicipi manisnya keberhasilan, bukan tidak mungkin kita dihadapkan pada pilihan yang mengharuskan adanya pengorbanan. Entah waktu, tenaga, biaya atau mungkin posisi nyaman yang telah dimiliki sebelumnya.

Hal tersebut salah satunya dapat kita lihat dari perjuangan founder website DealMedan.com, Anwar Yunus. Ia adalah contoh pengusaha yang rela mengorbankan keadaan nyaman yang ia miliki untuk mengejar kesuksesan besarnya. Pasalnya sebelum memutuskan membuat website daily deals khusus area Medan tersebut, nyatanya ia telah memiliki kehidupan yang baik dengan posisi pekerjaan yang baik pula.

Namun mimpi mempunyai usaha sendiri membimbing Anwar untuk keluar dari zona amannya, mengambil resiko untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Lebih lengkap, berikut ulasan perjuangan Anwar Yunus mendirikan #startup DealMedan.

Pengorbanan Besar untuk Kesuksesan Besar

Anwar YunusAnwar Yunus mungkin satu dari sekian pribadi sukses yang memulai bisnis dengan sebuah pengorbanan yakni keluar dari zona aman. Sebelum yakin untuk mendirikan lahan bisnisnya sendiri, pria asli Medan tersebut telah mempunyai pekerjaan tetap sebagai software developer di salah satu perusahaan swasta di Medan. Kala itu, sebenarnya baik kehidupan maupun pekerjaan yang ia jalani dirasa tidak ada yang kurang. Semua berjalan dengan baik bahkan ia pernah mendapatkan kesempatan untuk naik pangkat menjadi IT manager di perusahaan tempatnya bekerja.



Namun hati kecilnya berkata lain, belum genap dua tahun ia bekerja Anwar merasa bahwa ia masih bisa berkembang lebih pesat dari keadaannya saat ini. Ia merasa bukan ini yang ia idamkan sebagai pekerjaan impian. Jadilah sejak saat itu lulusan Universitas IT&B Medan tersebut mulai ancang-ancang keluar dari pekerjaannya. Setelah memantapkan hati dan siap menerima resiko, ia resmi mengundurkan diri dari perusahaan tempatnya bekerja untuk membangun bisnisnya sendiri. Semua proses telah dijalankan dengan baik dan resmilah ia menjadi calon pebisnis mandiri.

Lepas dari zona aman, Anwar memutar otak untuk merealisasikan mimpinya. Dengan kompetensi bidang IT yang ia memiliki, yang terbesit di fikirannya tentu tidak jauh dari dunia teknologi. Dan setelah berfikir cukup lama, ia menemukan sebuah gagasan yakni mendirikan situs daily deals mirip layanan Groupon namun versi lokal Medan.

Ide tersebut tercetus melihat besarnya pasar serta minat konsumen di Medan. Namun nyatanya penggunaan #internet sebagai sarana jual beli masih sangat minim. Ia beranggapan konsep dealy deals sangat pas ditawarkan pada warga Medan yang aware dengan harga produk yang mereka beli. Dengan konsep tersebut, penjual bisa menjadikannya sebagai sarana promosi dan pembeli diuntungkan dengan voucher potongan harga tanpa harus repot-repot keluar rumah.

Artikel lain: Weihan Liew – Inspirasi Dari Pendiri Website JalanTikus.com

Mendirikan DealMedan dengan Segala Keterbatasan

Bulan April tahun 2013 lalu menjadi waktu yang bersejarah untuk Anwar karena situs DealMedan resmi mulai dikembangkan. Menggandeng beberapa rekan seperjuangan waktu berkuliah, Anwar mulai mengembangkan DealMedan mulai dari nol.

Kondisi pendanaan awal bootstrapping tentu menjadi tantangan tersendiri untuk Anwar beserta tim DealMedan. Perlahan DealMedan mulai bergerilya mencari rekanan merchant serta shopping site yang mau bergabung. Usaha tersebut tentu tidak mudah. Selain belum punya “nama”, konsep DealMedan juga diragukan bisa mendatangkan input positif bagi calon rekanan tersebut. Dengan terus berekpansi serta memperbaiki konsep, DealMedan mulai mendapat kepercayaan banyak merchant di kota Medan. Pun sebaliknya, konsumen lokalpun mulai berdatangan.

Setelah hampir 2 tahun berjalan, kini perjuangan Anwar berbuah manis. DealMedan bisa dikatakan telah mengusai pasar daily deal khusus di wilayah Medan dan sekitarnya. Tercatat setidaknya lebih dari 500 promo telah dilempar via DealMedan. Ada sekitar 30 ribu member bergabung dan menghasilkan 20.000 pageview per hari.

Harapan DealMedan Kedepan

Kedepan Anwar melihat masih luasnya potensi yang bisa dikembangkan oleh DealMedan. Target terdekat DealMedan adalah menjadi ecommerce terbesar di pulau Sumatera dengan layanan konsep daily deals yang lebih luas dan beragam. Sedangkan dari sisi pendanaan ia bersama tim DealMedan memang belum menjadikan dana investor sebagai pilihan utama. Namun jika konsep pendanaan tersebut jadi dilaksanakan, ia berharap investor yang masuk tidak hanya menginvestasikan dana namun juga masuk ke dalam tim untuk mengembangkan startup ini bersama-sama.

Kini keyakinan serta pengorbanan Anwar untuk lepas dari zona aman terbukti mampu memberikan kesuksesan yang lebih besar. Meski harus dilalui dengan kerja keras, ia membuktikan keputusannya tersebut adalah keputusan yang tepat.

Baca juga: Ferry Tenka, Merintis Kesuksesan Groupon Disdus dari Nol

Berani mengambil resiko serta diimbangi dengan kerja nyata dapat membawa kita pada posisi yang jauh lebih baik. Hidup memang pilihan, jika ingin bertahan di zona aman itu bukan dosa. Namun bagi rekan-rekan yang mempunyai pandangan serta mimpi seperti Anwar Yunus, bisa mulai menata langkah Anda. Mulai dari sekarang !






1 comment on this postSubmit yours
  1. ane sering banget beli voucher di dealmedan.com, sekarang baru sadar kisah pendiriannya begitu rumit..
    teknik bootstrap tidak mudah untuk setting website
    diperlukan sangat banyak waktu dan kedisiplinan untuk hal tersebut..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud