Anda Pengguna Android? Inilah 5 Hal Terlarang yang Harus Anda Hindari Pada...

Anda Pengguna Android? Inilah 5 Hal Terlarang yang Harus Anda Hindari Pada Perangkat

bahaya Android
Image dari Under-linux.org

Jika Anda salah satu pengguna perangkat Android maka beberapa hal dibawah ini perlu Anda perhatikan dengan seksama. Android sebagai salah satu platform yang banyak digunakan oleh banyak orang memang masih banyak menyimpan rahasia dan hal-hal yang belum terungkap serta belum diketahui penggunannya.

Salah satu hal yang masih sering tidak dipahami para pengguna #Android adalah aktivitas terlarang yang tidak boleh dilakukan pada perangkat tersebut. Saya sendiri ternyata termasuk salah satu orang yang juga sering tidak mengetahui hal-hal terlarang yang harus dihindari pada perangkat Android. Lalu apa saja hal-hal terlarang yang haru dihindari oleh para pengguna Android ini? Berikut ulasannya.

1. Menggunakan Task Killer atau Menutup Aplikasi Secara Manual

Hal terlarang pertama yang harus dihindari oleh para pengguna Android adalah menggunakan task killer atau menutup aplikasi secara manual. Mengapa hal ini terlarang hingga harus dihindari? Ternyata dengan melakukan hal ini maka sebenarnya hal ini dapat membahayakan kinerja Android.

Ketika Anda membuka #aplikasi, maka data dari aplikasi ini sebagian datanya akan tersimpan di RAM. Dari sini saat Anda akan membuka aplikasi untuk kedua kalinya, maka akan ada cache dari data sebelumnya dalam RAM yang membuat proses loading akan lebih cepat.

Artikel lain: Ini 5 Cara Hacker Membobol Smartphone Android Anda, WASPADALAH

Nah bila kemudian Anda cache tersebut dengan cara menutup secara manual atau menggunakan task killer maka data yang disimpan di RAM juga akan hilang. Dari sini sistem Android Anda bisa saja terganggu. Maka dari itu menutup aplikasi secara manual atau menggunakan task killer sebenarnya hanya boleh dilakukan jika benar-benar terdesak seperti ketika baterai mulai melemah.

2. Menggunakan Lebih Dari Satu Antivirus

Software atau aplikasi antivirus memang baik untuk menangkal virus yang datang. Namun harus diingat dan pahami bahwa aplikasi ini akan memakan RAM dan baterai smartphone dalam jumlah besar. Nah bila smartphone Anda memiliki kapasitas RAM yang tidak terlampau banyak maka sebaiknya Anda menggunakan hanya satu antivirus saja atau bahkan tidak sama sekali. Dan yang harus membuat Anda berpikir lagi untuk menggunakan lebih dari satu antivirus adalah aplikasi antivirus ini yang merupakan aplikasi intensif yang berjalan sepanjang waktu di background.

3. Malas Update Aplikasi/ Software

Pada beberapa hari atau minggu penggunaan smartphone biasanya Anda akan diminta oleh sistem untuk memperbarui software atau aplikasi. Pembaruan atau update dari software atau aplikasi ini sendiri memang sangat penting untuk dilakukan guna memperbaiki keamanan software. Dan saat keamanan software ini sudah Anda penuhi maka perangkat Android Anda bisa terjaga pula keamanannya.

Maka dari itu saat Anda mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi untuk update software atau aplikasi maka janganlah menunggu terlalu lama untuk menunda. Segera update agar perangkat Android Anda memiliki performa lebih baik dan efisien.

4. Mengunduh Aplikasi dari Sumber Tak Jelas

Hal atau tindakan berikutnya yang harus Anda hindari dalam penggunaan perangkat Android adalah mengunduh aplikasi dari sumber tak jelas. Ya, selain sumber resmi Google Play, aplikasi memang juga bisa didapatkan dari sumber lainnya yang tidak jelas.

Nah aplikasi yang didapat dari sumber yang tidak jelas ini akan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem Android. Pasalnya file .APK Android dapat dimanipulasi dan menghadirkan software jahat yang menginfeksi Android. Maka dari itu selalu pastikan aplikasi yang akan Anda gunakan selalu berasal dari sumber yang resmi dan jelas yaitu #Google Play Store.

Baca juga: Instal Antivirus Bila Ingin Menjaga Performa Gadget Android

5. Terlalu Sering Restart Android

Terakhir, hal terlarang yang harus Anda hindari dari penggunaan perangkat Android yaitu terlalu sering melakukan restart perangkat. Jika Anda nekat melakukan hal ini bisa jadi sistem Android Anda bisa kacau dan error.

Melakukan restrart berkali-kali pada perangkat Android sendiri juga bisa membuat memori yang disimpan dan data cache temporer bisa dihapus karena tak lagi diperlukan. Maka lakukan restrart perangkat Android pada saat-saat tertentu saja yang memang penting untuk dilakukan. Hal ini akan membuat sehat perangkat Anda .

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan