Akimitsu Sano ~ Raup 13 Triliun Dari Bisnis Online Resep Masakan

Akimitsu Sano

Image dari Shigotoba.net

Mencari rezeki saat ini memang ada berbagai macam caranya. Tinggal bagaimana Anda mampu menggali passion dan kreatifitas untuk kemudian dituangkan dalam sebuah ide kreatif yang menjual. Dengan perkembangan #bisnis online seperti saat ini, sangat terbuka rasanya berbagai peluang bisnis yang bisa ditekuni. Seperti apa yang dilakukan oleh Akimitsu Sano, ia mampu dapatkan pemasukan mencapai 13 Triliun dengan cara membuat resep yang kemudian ia posting melalui situs miliknya.

Akimitsu Sano adalah seorang pengusaha Jepang yang sering mempublikasikan resep masakan terutama masakan Jepang melalui situs cookpad.com miliknya. Situs miliki Akimitsu Sano tersebut fokus dan selalu meng update resep masakan sehingga situs tersebut diakses pengguna mencapai 58,8 juta pengakses. Lalu bagaimana ceritanya sampai ia mampu meraup uang sebanyak 13 Triliun melalui situs tersebut, simak ceritanya di bawah ini.

Pendapatan Akimitsu Sano Dari Website Cookpad Meningkat

Akimitsu Sano mendirikan perusahaan tersebut sebenarnya sudah sejak lama, yaitu sejak tahun 1997. Namun baru pada tahun 2009 ia menjadikan perusahaan tersebut sebagai perusahaan terbuka. Sejak saat itulah kemudian pendapatan Sano melonjak drastis mencapai 80 persen.

Dan pada tahun lalu pendapatan perusahaan tersebut tercatat meraih pendapatan US$ 65 juta, dan mampu menghasilkan keuntungan bersih mencapai US$ 19 juta. Nilai saham perusahaan tersebut pun juga semakin naik, kini saham perusahaan itu naik menjadi 20 persen hanya dalam kurun waktu satu bulan.

Dan, kenaikan nilai saham tersebut membuat saham yang 44 persen nya adalah milik Sano tersebut bernilai lebih dari US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13,7 triliun. Tak banyak yang bisa dikorek dari profil Akimitsu Sano, karena ia sangat jarang berbicara dengan media maupun berbicara dengan khalayak ramai. Informasi yang tersebar menyebutkan bahwa begitu ia lulus dari salah satu universitas bergengsi di Jepang, Sano langsung bekerja di Cookpad. Perjalanan bisnis Sano tidak hanya berhenti pada Cookpad saja, namun ia terus mengembangkan bisnis nya dengan membeli beberapa blog yang lain.

Artikel lain: DapurMasak.com, Startup Jejaring Sosial Pecinta Masak Yang Kini Telah Menjadi Bagian Dari Cookpad

Akimitsu Sano kemudian melepaskan jabatan CEO pada tahun 2012 yang selanjutnya ia lebih fokus kepada akuisisi. Ia membeli beberapa situs seperti Minnano Wedding yang mengulas mengenai informasi tempat acara pernikahan. Lalu berikutnya ia juga membeli sebuah blog yang membahas mengenai makanan Cucumbertown pada awal tahun ini dengan nilai yang dirahasiakan.

Potensi Pendapatan Dari Cookpad

Dengan melihat perkembangan teknologi #internet yang semakin tajam menyentuh masyarakat, potensi perkembangan Cookpad ke depan akan sangat berpotensi. Selain itu, banyak warga masyarakat di Jepang, terutama para ibu rumah tangga yang sulit menemukan koneksi ke masyarakat, maka di sini Cookpad sangat berperan dengan menyambungkannya. Analis juga memperkirakan bahwa pendapatan Cookpad pada tahun ini bisa saja mencapai nilai US$ 112 juta, dan bahkan akan naik lagi menjadi US$ 150 juta di 2016 depan.

“Banyak ibu rumah tangga di Jepang tak punya koneksi yang banyak ke masyarakat, dan Cookpad menyambungkannya. Jadi banyak peluang,” kata seorang analist Deutsche Bank di Tokyo, Takahiro Kazahaya.

Selain mengenai bisnis, Sano mengatakan bahwa memasak bisa menjadi sarana untuk mendekatkan dengan keluarga. Yang menjadi masalah kemudian adalah bahwa tidak semua orang bisa memasak. Kebanyakan dari mereka sebenarnya ada kemauan untuk memasak, tapi karena kurangnya informasi dan ilmu membuat mereka seperti enggan memasak.




Baca juga: 5 Ide Produk Kuliner yang Potensial Dijadikan Bisnis Online

“Bukan soal orang tak mau memasak. Mereka tidak tahu bagaimana karena mereka tidak punya ilmu yang diturunkan dari generasi sebelumnya,” tutur Sano.

Dengan fakta di kehidupan seperti itu, Cookpad berusaha muncul di tengah masyarakat sebagai sebuah solusi bagi mereka yang kurang memiliki disiplin ilmu mengenai masak-memasak. Dalam situs tersebut tersedia lebih dari 2 juta resep masakan yang tersedia. Jadi tidak perlu bingung lagi ketika ingin membuat suatu masakan Jepang baik yang bercita rasa modern maupun tradisional. Bahkan resep masakan dari barat seperti Bolognese pasta dan Cheesecake pun juga tersedia di Cookpad.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Luar biasa.. Amazing banget ya. Memang Dunia Bisnis online itu sangat menggiurkan, tapi kalo ngga tau ilmunya pasti . banyak juga yang gagal di bisnis online. Yang penting fokuskan pasion dan tetep belajar.

  2. menginspirasi sekali ya sano. kalo saya ga pernah kepikiran ngebisnis online-in resep masakan. Memang kita harus pandai memabaca peluang

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud