DapurMasak.com, Startup Jejaring Sosial Pecinta Masak Yang Kini Telah Menjadi Bagian Dari Cookpad

DapurMasak-com-Startup-Jejaring-Sosial-Pecinta-Masak

Satu lagi jejaring sosial karya anak negeri yang sukses menempatkan diri pada jajaran #startup terbaik di Indonesia. Startup tersebut bernama DapurMasak, sebuah jejaring sosial yang dikhususkan untuk  siapa saja yang punya hobi memasak ataupun mereka yang ingin belajar memasak.

Startup yang dirintis oleh Soegianto dan Didik Wicaksono ini memang bisa dibilang sukses. Bagaimana tidak, sejak didirikan bulan Desember 2011, startup ini telah mendapatkan beberapa penghargaan seperti juara pertama di ajang Indonesia ICT Award (Inaicta) 2012 untuk kategori startup dan juga juara pertama dalam kompetisi perusahaan rintisan digital SparxUp 2012, yang kemudian diganjar dengan hadiah Rp 150 juta.

Saat ini dengan pertumbuhan DapurMasak yang cukup berkembang, situs resep masakan dari duo sahabat pecinta masakan ini telah mendapat suntikan dana dari situs resep terbesar di Jepang yaitu Cookpad. Dengan demikian, situs resep dan masakan khas Indonesia lewat jejaring sosial ini akan siap untuk bertumbuh dengan sangat pesat karena adanya dukungan dari Cookpad.

Lalu seperti apakah situs resep yang telah menjadi bagian dari keluarga besar Cookpad ini? Berikut Ulasannya

Artikel lain: Berry Kitchen ~ Startup Bisnis Layanan Catering Online

Sistem Pertemanan di DapurMasak

Dalam penerapan sistem jejaring sosial pada situs DapurMasak ini menggunakan hal yang mirip seperti #Twitter, yaitu sistem follow dan follower. Para pengguna yang ingin membagi dan mempublikasi resep masakan beserta fotonya dapat memberi komentar. Selain itu para pengguna yang ingin memakai resep masakan pengguna lain dapat melakukan “cook it” yaitu aktivitas menggunakan dan mencoba resep pengguna lain.




Fitur Yang Ada di DapurMasak

Dalam DapurMasak ada beragam fitur yang bisa digunakan oleh penggunanya. Salah satunya dalah fitur step by step yaitu sebuah fitur yang menggambarkan tahap-tahap membuat masakan yang telah dilengkapi dengan gambar-gambar proses dan teknik pembuatannnya. Dengan fitur ini Anda akan melihat dan dipandu dalam proses pembuatan masakan yang detail, jelas serta komprehensif. Setelah masakan telah sukses dibuat, Anda pun bisa membaginya kembali ke situs DapurMasak dan menghubungkannya lagi ke Facebook dan twitter.

Fitur berikutnya yang juga cukup menarik dalam DapurMasak adalah fitur Cook It. Fitur yang memungkinkan antar sesama pengguna pecinta masak untuk saling mencoba resep masakan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang menginginkan resep masakannya dipakai banyak orang. Bagi para pecinta memasak memang akan menjadi kebanggaan tersendiri saat resep yang dibuatnya, dipakai dan digunakan oleh orang lain. 

Fitur yang tak kalah menariknya juga dari DapurMasak adalah fitur gamification system melalui CookBadges dan CookPoints. Dengan fitur ini nantinya akan ada badges atau poin yang bisa dikumpulkan oleh para pengguna untuk mendapatkan penawaran tertentu dari DapurMasak seperti misalnya membeli produk makanan tertentu di Sedapur, atau penukaran poin dengan alat masak tertentu hingga voucher makan di suatu restoran.

Mengelola Komunitas

Selain menawarkan berbagai fitur dan layanan pada sistem situs jearing sosialnya di dunia maya, DapurMasak ternyata juga melakukan pengelolaan komunitas. Pengelolaan komunitas ini dilakukan dengan cara meminta dari sebagian anggota dan pengguna aktifnya untuk menjadi semacam moderator atau admin yang bertugas untuk melakukan agenda perkumpulan dan diskusi dengan beragam tema yang diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu.

Baca juga: Sagoo Kitchen, Bernostalgia Menikmati Masakan, Jajanan dan Mainan Tempo Dulu




Diakusisi oleh Cookpad

Pada bulan April tahun 2014 yang lalu, situs DapurMasak telah diakuisisi oleh sebuah website resep masakan terbesar di Jepang yaitu Cookpad. Dengan akuisisi ini tentu DapurMasak telah menjadi bagian dari keluarga besar Cookpad. Cookpad sendiri diketahui telah merangkul dan mengakuisisi beberapa situs memasak lain sebelum DaurMasak seperti Mis Recetas dari Spanyol, dan juga AllTheCooks dari Amerika Serikat.

Meski telah diakusisi dan di websitenya telah berganti nama menjadi Cookpad, namun nama domain DapurMasak tetap masih yang dulu yakni Dapurmasak.com. Hal ini menjadi pertanda bahwa kekuatan nama DapurMasak masih sangat kuat untuk kemudian dilakukan pergantian nama lain.

Namun memang harus diakui bahwa dengan proses akuisisi ini, situs resep masakan asal Indonesia ini cepat atau lambat akan segera rebranding menuju Cookpad. Meski demikian, keadaan ini bukan berarti menjadikan karya anak bangsa Indonesia ini lantas hilang begitu saja, justru dengan meniik sejarahnya, DapurMasak yang mungkin akan menjadi brand Cookpad akan tetap menjadi sesuatu yang sangat dibanggakan bagi warisan dunia digital di dunia.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud