9 Trik Sukseskan Upaya Branding Personal Via Google Plus 

Image dari Geosplet.com

Image dari Geosplet.com

Dikembangkan oleh raksasa teknologi sekelas Google, #Google Plus tentu menjadi media sosial yang tidak hanya sekadar menjalankan fungsi hiburan belaka. Beragam fitur yang bermanfaat untuk menganalisis data di internet membuat Google Plus banyak dimanfaatkan oleh tim marketing, pebisnis, dan pakar industri.

Ada kekuatan besar dibalik Google Plus yang bisa dimanfaatkan untuk menyukseskan upaya branding personal utamanya di tahun 2015 ini. Dan untuk mencapai keinginan tersebut, sebaiknya kita sudah memahami 9 aturan penting berikut ini :

1. Aktiflah Berkomentar

Membuat posting yang bisa disukai atau dilirik oleh banyak pengguna Google Plus bukanlah perkara yang mudah. Oleh sebab itu, kita harus bisa mempelajari posting dari pengguna Google Plus lainnya sebelum kita membuat posting sendiri.

Memberikan komentar yang positif akan membuat pengguna Google Plus lainnya memberikan respect dan respon yang baik terhadap kehadiran kita di Google Plus.

Artikel lain: Membangun Content Strategy yang Matang Via Google Plus




2. Menjalin Relasi dengan Komunitas Tertentu

Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh saat bergabung dengan komunitas tertentu di Google Plus. Selain memperbesar kesempatan untuk berkenalan dengan orang-orang baru, kita juga bisa mendapatkan informasi terkini seputar bidang bisnis atau pemasaran yang sedang kita tekuni.

3. Produktif Ciptakan Konten Visual

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya mengenai perkembangan konten visual, di Google Plus pun kita juga harus mengedepankan jenis konten ini dalam upaya branding personal. Konten visual bukan hanya menarik untuk diamati, namun juga terbkti mampu meningkatkan jumlah klik di Google Plus.

4. Mengintegrasikan Google Plus dan Pinterest

Fakta yang pernah dibuktikan oleh sekelompok pengamat media sosial membuktikan bahwa konten visual yang di-pin di #Pinterest kemudian dibagikan kembali melalui Google Plus ternyata mampu meraih respon yang sangat baik. Hal seperti ini juga memicu peningkatan jumlah klik secara signifikan di Google Plus.

5. Gunakan Foto Profil yang Sopan dan Tetap Menarik

Aturan yang satu ini tidak akan membuat kita tampak seperti remaja labil yang hobi mencari hiburan di #media sosial. Sebab nyatanya foto profil yang tampak sopan, menarik, dan bersahabat justru bisa membuat pengguna Google Plus lain lebih tertarik untuk menghubungi kita.

Foto profil yang tampak sopan tentu jauh lebih berkualitas daripada menggunakan avatar kartun, foto yang buram atau foto yang menampakkan tubuh kita dari bagian belakang.




6. Mengelompokkan Kontak Menjadi Grup

Mengelompokkan kontak di Circle Google Plus menjadi grup akan memudahkan kita saat ingin mengirimkan email berisi #promosi. Mungkin saja di kemudian hari kita ingin memberikan kupon promosi gratis kepada para pengguna Google Plus yang sudah menjadi pelanggan setia kita.

Jika kita sudah mengelompokkan kontak secara rinci, hal ini akan memudahkan pekerjaan kita untuk memasarkan bisnis di kemudian hari.

7. Branding Personal via Google Hangout

Google Hangout ternyata tidak hanya bermanfaat untuk chat atau membuat webinar (web seminar) pribadi. Kita juga bisa memanfaatkan Google Hangout untuk ikut berpartisipasi pada webinar yang diadakan oleh pihak lain. Di samping hemat waktu dan biaya, kita jadi bisa memperoleh banyak informasi dan pengetahuan baru.

8. Follow Up Konten yang Kita Posting

Kita bisa saja mem-posting suatu konten di Google Plus tanpa memberikan komentar. Tetapi memberikan komentar pada posting tersebut justru memberikan kesempatan bagi kita untuk berinteraksi secara lebih akrab dengan pengguna Google Plus yang lain.

Tidak mustahil kalau suatu saat ada rencana bisnis besar yang berawal dari percakapan ringan di kolom komentar posting-an kita di Google Plus.

Baca juga: Memanfaatkan Fasilitas Google+ Communities untuk Bisnis

9. Kirimkan Email untuk Kontak yang Ada di Circle

Banyak orang yang memiliki Google Plus namun tidak punya banyak waktu untuk memeriksa Circle di akun Google Plus mereka. Jadi untuk mempopulerkan bisnis atau melakukan upaya pemasaran, tak ada salahnya jika kita memperkenalkan diri melalui pengiriman email singkat pada kontak yang ada di Circle kita.

Ternyata memanfaatkan Google Plus untuk kebutuhan pemasaran dan personal branding bukanlah hal yang sulit, ya. Kita bisa dengan mudah memanfaatkan setiap fitur dan memperhatikan hal-hal sederhana untuk membuat upaya pemasaran jadi lebih bermakna.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud