8 Langkah Dongkrak Popularitas eCommerce Di Twitter 

popularitas eCommerce di Twitter

Perkembangan #media sosial di Indonesia kian meningkat, membuatnya terus mengalami pertumbuhan positif. Hampir sebagian penduduk didunia terutama Indonesia saling berkomunikasi melalui media sosial, mulai berbagi pengalaman sampai berbagi berbagai informasi.

Salah satu yang mengalami peningkatan adalah twitter. Seiring perkembangannya yang meningkat, hal tersebut membuat media sosial ini banyak digunakan untuk kepentingan bisnis dan dianggap dapat menjadi salah satu solusi pemasaran yang dapat digunakan eCommerce untuk meningkatkan penjualannya. Lalu bagaimana memanfaatkan twitter untuk kemajuan dan popularitas eCommerce Anda? simak penjelasan mengenai 8 langkah untuk mendongkrak popularitas eCommerce di Twitter menurut Didit Sofyan Widiatmoko, Country Marketing Manager Twitter Indonesia.

Menurut Wikipedia Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli.

Artikel lain: Twitter Commerce ~ Rencana Twitter Merilis Bisnis Ecommerce

Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan “pesan singkat” dari #Internet. Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

1. Berikan Detail Kelebihan Layanan Anda

Anda harus memberikan informasi detail mengenai kelebihan dan keunikan produk Anda pada akun twitter Anda. Hal tersebut bisa untuk menarik minat ketika audiens melihat profil Anda. Lebih baik terkenal dengan kelebihan yang anda miliki daripada tidak sama sekali.

2. Desain Bio Anda dengan Jelas

Berikan sebuah penjelasan dan penawaran produk, dan berikan sebuah value untuk audiens yang telah mem-follow akun twitter anda. Jadikan mereka lebih dari sekedar pengikut namun jadikan sahabat dan sebuah peluang untuk anda merangkul mereka lebih jauh kedalam bisnis Anda.

3. Cari Tahu Tren

Didit mengatakan “It’s a matter of always be engaged.” Anda harus mencari tahu apa yang sedang trend yang orang bicarakan mengenai topik yang terkait bisnis yang Anda jalankan. Ambil peluang dari informasi yang anda dapatkan, dan buatlah sebuah inovasi dari informasi tersebut dan berikanlah mereka kejutan.

4. Berinteraksi dan Tanggapi

Gunakan twitter sebagai sebuah media untuk anda berinteraksi dengan para audiens yang telah mengikuti Anda. Cari tahu kebutuhan mereka, berikan sebuah wawasan bagi mereka, sehingga mereka berfikir adalah sebuah keputusan tepat mereka mengikuti anda.

5. Ikuti Tren yang Berlangsung

Lakukan aktifitas tweet dengan sebuah tipik yang sedang tren dan relevan. Hal tersebut dapat membantu anda untuk memaksimalkan peluang anda.




6. Perlihatkan Nilai Lebih

Anda harus belajar melihat kebutuhan dan minat dari audiens anda. Jangan jadikan twitter sebagai media untuk anda berjualan saja. Namun berikan mereka sebuah pengetahuan yang tidak mereka ketahui dengan begitu mereka akan merasa Anda dapat menjadi solusi bagi mereka. Dengan Anda melakukan itu, anda akan mendapat sebuah nilai lebih di mata audiens.

7. Tweet Sesuatu yang Menarik

Lakukan sebuah tweet yang berisi gambar atau #video yang dapat membuat pelanggan anda ingin melihat tweet yang Anda lakukan dan ikut berpartisipasi dengan Anda.

Baca juga: 2 Tips Keren Agar Twitter Marketing Anda Lebih Terarah

8. Naikkan Popularitas eCommerce dengan Beriklan

Poin akhir ini menurut Didit tidak harus Anda lakukan, namun dengan memasang iklan di twitter itu bisa menambah lebih besar peluang Anda. Untuk harga iklan di twitter dimulai dari harga satu rupiah tergantuang reach yang ingin anda capai untuk bisnis Anda. Jadi anda harus cermat dalam menantukan sebuah kata kunci untuk target market anda ketika anda memutuskan untuk menggunakan layanan iklan di Twitter.

Poin – poin diatas adalah 8 langkah untuk mendongkrak popularitas eCommerce di Twitter dari seorang Country Marketing Manager Twitter Indonesia, sederhana memang kelihatannya tips diatas.

Namun justru yang sederhana sering disepelekan dan dilupakan padahal hal tersebut akan memberikan sebuah impact yang besar untuk Anda. Semoga bermanfaat buat kemajuan eCommerce Anda dan terus maju tanpa menyerah. Jika Anda memiliki tambahan dari poin – poin diatas anda dapat ikut berkomentar pada artikel ini.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud