2 Tips Keren Agar Twitter Marketing Anda Lebih Terarah

2 Tips Keren Agar Twitter Marketing Anda Lebih Terarah

Apakah saat ini Anda tengah sibuk berkutat, berjuang dan mengadakan observasi mendalam dengan media sosial #Twitter untuk mengembangkan bisnis e-commerce Anda? Jika iya, jangan khawatir karena hal ini adalah masalah umum yang memang harus dilalui oleh seorang marketing online untuk mengetahui seberapa berpotensinya jejaring sosial tersebut untuk bisnisnya.

Seorang marketing online memang harus mengobservasi dan menyelidiki secara detail dan mendalam mengenai jejaring sosial yang dipakainya. Akan tetapi, kita sering tak terarah dan keluar dari jalur utama sebuah dasar sederhana marketing online itu sendiri karena terlalu fokus.

Kali ini, saya berbagi dua buah tips dasar agar upaya Twitter marketing Anda lebih terarah. Memang ini bukanlah solusi akhir untuk masalah pemasaran media sosial Anda, tetapi hal ini akan membantu Anda sampai pada batas tertentu dalam memanfaatkan #media sosial khususnya Twitter.

1. Menggunakan Profil Bertema

Meskipun ada pepatah mengatakan “don’t judge the book by the cover”, akan tetapi dalam dunia marketing hal tersebut (tampilan) adalah sesuatu yang sangat penting karena cover sebuah buku biasanya mencerminkan isi bukunya. Paling tidak cover sebuah buku menunjukan tujuan dan keseriusan si empunya buku mengenai kekuatan buku tersebut.

Begitu pula dengan keberadaan sebuah profil Twitter. Gambar dan logo pada profil Twitter akun bisnis Anda harus mencerminkan tujuan dan kekuatan bisnis yang Anda miliki. Buatlah profil akun Twitter Anda menjadi iklan terselubung bagi bisnis Anda.

Lalu bagaimana caranya?

Buatlah sebuah profil yang simple, menarik, dan mudah diingat. Buatlah follower dan pelanggan Anda selalu mengingat logo profil akun Anda setiap kali ia melihat sesuatu yang berhubungan dengan bisnis Anda. Misalnya saja situs jual beli Tokobagus.com yang memiliki ikon lampu berpijar (Saya mencontohkan toko bagus bukan OLX karena secara pribadi memang lebih menyukai ikon toko bagus dibandingkan OLX). Begitu juga dengan Berniaga.com yang memiliki logo rumah, mobil, dan handphone pada semua jaringan networknya.

Orang-orang yang penah berkunjung ke Berniaga ataupun pernah melihat logo Berniaga, dipastikan akan selalu teringat dengan logo tersebut saat melihat rumah, mobil atau gadget disekitar mereka dan kemudian mengingat situs Berniaga.com jika membutuhkan salah satu barang tersebut.

Artikel lain: TokoBagus dan Berniaga Gabung OLX, Pengguna Kecewa?

2. Speak in action (Berbicaralah Melalui Tindakan)

Perbanyaklah menggunakan kata kerja dalam tweet Anda. Orang-orang lebih suka konten yang mendorong dan mengajak mereka untuk melakukan beberapa tindakan, ini menjadi alasan mengapa ajakan dan kata kerja menjadi kata ajaib bagi strategi pemasaran dan penjualan dimedia sosial. Gunakanlah kata kerja yang aktif, tidak stagnan, dan buatlah seakan pelanggan Anda merasa seperti mereka sedang melakukan sesuatu.

Selain itu, cobalah merealisasikan beberapa tweet Anda, seperti tweet yang berupa kuis atau beberapa tweet yang berisi pemberian insentif tertentu bagi pelanggan Anda. Dengan tweet-tweet sejenis ini maka akan ada hubungan erat antara anda dan pelanggan Anda.

Tweet berupa penawaran, kuis, atau diskon akan membantu Anda mencapai dua hal. Yang pertama, tweet jenis ini akan mampu memobilisasi basis pelanggan yang sudah mapan, dan kedua menarik pelanggan baru. Ini sebuah trik marketing yang sangat menarik.

Satu lagi tehnik men-tweet untuk marketing yang bisa dicoba, yakni meminta followers Anda me-retweet pesan Anda. Banyak orang melihat ini sebagai tindakan ‘pengemis’, akan tetapi sebenarnya memiliki manfaat yang sangat besar. Dari banyak pengalaman diketahui, jika Anda meminta beberapa retweets, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan hal tersebut.

Baca juga: Jenis Konten yang Banyak di Retweet di Twitter

Jadi berkomunikasilah dengan sopan dan meminta pelanggan Anda untuk sesekali me-retweet pesan anda dan Anda akan melihat keterlibatan follower anda pun akan meningkat. Kata-kata seperti “bantulah” dan “tolong” adalah kata-kata magis di dunia marketing, akan cukup efektif bila menempatkan kata-kata tersebut dalam kampanye Twitter marketing Anda.

1 KOMENTAR

  1. Tips nya oke banget ni gan….saya selalu menyadari bahwa membuat pengunjung dan konsumen lebih mengenal kita melalui logo akan membuat kita semakin bernilai dan profesional di mata konsumen kita.

    Slain itu, logo juga salah satu cara untuk pencitraan kepada pelanggan dan calon pelanggan….

    Salam

Tinggalkan Balasan