7 Tips Memaksimalkan Instagram Untuk Mengembangkan Bisnis

7 Strategi Kembangkan bisnis menggunakan instagram

Buat Anda pebisnis online pasti sudah tidak asing dengan berbagai media sosial yang sering digunakan seperti Facebook, Twitter, Google+, #Instagram, dan lainnya. Kali ini Maxmanroe.com akan sedikit membahas bagaimana mengembangkan bisnis anda melalui media sosial instagram. Instagram adalah sebuah media sosial yang berbasis photo sharing yang cukup populer di Indonesia. Dengan tingkat popularitas yang signifikan tersebut banyak pebisnis online yang menggunakan instagram untuk mempromosikan bisnisnya kepada publik.

Buat Anda pengguna instagram yang ingin mengambangkan bisnis melalui media sosial ini, silahkan baca informasi berikut ini. Ini 7 hal yang wajib Anda lakukan untuk mengoptimasi akun Instagram bisnis Anda.

1. Perbaiki Profile Anda

  • Gunakan photo profile atau avatar yang menarik perhatian untuk akun instagram Anda. Jika memiliki beberapa akun social media dari layanan yang lain, usahakan semua avatarnya sama untuk mempermudah orang mengingat kamu.
  • Pastikan username akun Instagram bisnis Anda sama dengan username akun media sosial yang lain (Facebook, Twitter, Google+, etc)
  • Pastikan kata kunci dalam biografi di akun Instagram Anda sesuai dengan niche bisnis Anda untuk mempermudah proses pencarian.
  • Gunakan Emoticon yang menarik dengan diikuti Call To Action.

Artikel lain: Cara Mendapatkan Perhatian Dari Pengguna Instagram, Lakukan Tes Ini

2. Gunakan Hastag Yang Tepat

Hashtag adalah salah satu komponen yang cukup membantu kita dalam proses pencarian materi di media sosial Instagram. Pergunakan hashtag dengan baik dan benar.

  • Gunakan 30 hashtag per gambar atau postingan degan tepat dan relevan
  • Pastikan caption anda tepat lalu disusul dengan menggunakan hashtag yang relevan pada setiap psotingan atau gambar anda.
  • Usahakan selalu konsisten dalam penggunaan hasgtag.
  • Memang sedikit memakan waktu karena kita harus menyusun strateginya, tetapi nanti akan tergantikan.
  • Hashtag yang digunakan haruslah sesuai dengan target pasar kamu.
  • Jangan pernah menggunakan hashtag yang tidak sesuai dengan konten kamu.

3. Susun Perencanaan Setiap Kali Anda Posting

  • Gunakan aplikasi repost untuk membagikan foto orang lain.
  • Buatlah video yang menarik untuk setiap produk yang anda publish
  • Sesekali kita boleh posting quote yang bisa kita buat dari smartphone atau desktop, bisa menggunakan Wordswag.co atau Canva (iPhone dan desktop)

4. Berinteraksilah Dengan Para Follower Anda

Follower anda adalah ladang untuk anda meraup keuntungan. Maka anda harus melakukan mereka layaknya manusia dan jadikan mereka raja supaya mereka tertarik akan produk yang anda publish. Berinteraksilah dengan mereka layaknya kamu berinteraksi dengan kawan kamu.

  • Hilangkan komentar – komentar spam yang berada di gambar kamu.
  • Berikan Tag orang-orang pada foto yang kamu publish agar mereka mendapatkan pemberitahuannya.
  • Gunakan hashtag yang mengarahkan orang untuk mem-follow kamu.
  • Jangan pernah mengunci akun instagram anda jika anda tidak ingin kehilangan peluang. Atur akun Instagram kamu menjadi umum supaya siapa saja bisa melihat akun kamu.

Memang tidak mudah untuk melakukan interaksi yang konsisten dengan setiap followers, apalagi jika bisnis online anda sedang berkembang dan membutuhkan tenaga dan konsentrasi di aspek lainnya, seperti produksi, distribusi, customer service, karyawan dan lain sebagainya. Solusinya adalah anda bisa memanfaatkan tool otomatisasi interaksi / engagement di Instagram.




Saya merekomendasikan tool Pemenang penghargaan UKM Wow dari Kementrian UMKM Indonesia ini yaitu Celebgramme. Tool Celebgramme ini sangat mudah digunakan dan membuat akun anda berinteraksi secara organik 24 jam sehari, disesuaikan dengan target anda. Jadi tidak perlu capek lagi untuk Follow, like, comment, direct message secara manual. Fitur terupdate & lebih lengkapnya silahkan cek sendiri ke website mereka ► Celebgramme.com (https://celebgramme.com)

5. Pergunakan Fitur Geo-Tagging

Geotag adalah fitur yang diberikan Instagram untuk memberitahukan dimana gambar kita diambil. Fitur geotag ini berfungsi bersamaan dengan GPS pada smartphone kita. Uniknya difitur geotag ini kita membuat tempat dengan nama sendiri. Kita bisa mengubahnya seunik mungkin, misalnya “Tap 2x kalau kamu keren”. Cara ini memang sangat mudah dan sederhana namun hal tersebut terbukti dapat menarikperhatian para calon konsumen anda yang ada di Instagram.

6. Gunakan Metode Call To Action

Call To Action atau CTA adalah salah satu faktor dari sekian banyak faktor yang meningkatkan konversi dari follower kamu di Instagram. CTA adalah sebuah metode yang  membawa follower kamu selangkah lebih maju saat mereka melihat gambar atau video kamu. Sehingga mereka lebih dekat kepada kamu.

Contoh Call To Action adalah:

  • Silahkan Klik pada link di bio untuk mengenal saya lebih lanjut
  • Suka dengan gambar saya? Bisa hubungi saya di ….
  • Hubungi saya sehingga Anda bisa ….

Usahakan setiap postingan memiliki CTA, tetapi tidak terlalu nampak berjualan karena social media kita gunakan untuk bersosial yang nanti kita konversi menjadi pembeli kita.




Baca juga: Memperkuat Jaringan Bisnis Online Dgn Skema SFS Instagram

7. Buatlah Sebuah Komunitas Khusus

Setelah para follower anda di instagram melakukan call to action, maka selanjutnya adalah menghargai mereka dengan memberikan konten-konten khusus yang lebih banyak dibandingkan dengan khalayak umum. Buat mereka merasa menjadi orang yang spesial sehingga mereka akan tertarik dengan produk yang anda berikan. Dengan kamu membuat mereka lebih spesial, mereka akan jauh lebih menghargai kita sehingga mereka bisa menjadi ambasador kamu.

Bagaimana cukup mudah bukan? segera kembangkan bisnis anda dengan metode yang sederhana namun memberikan impact yang besar untuk masa depan bisnis anda.



6 total comments on this postSubmit yours
  1. terimakasih untuk sharing ilmu nya gan.. ini saya coba ikuti satu persatu ilmu nya untuk di praktekkan,semoga bermanfaat untuk penulis dan para pengunjung macmanroe nya…

  2. bro max, gimana dengan beli follower ? seberapa besar pengaruh ke bisnis online melalui instagram?

  3. saya mau mas

  4. Makasih om tips and triknya..

  5. Dapat satu ilmu lagi yang bermanfaat dan bisa di coba, makasih ilmuny gan semoga bisa bernafaat

  6. Terima kasih atas postingan yang bisa membantu kita untuk memperbanyak cara untuk mempromosika barang jualan secara online.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud