7 Kesalahan Pebinis Online Dalam Menjalankan Social Media Marketing

teknik Social Media Marketing

Seperti yang sudah kami bahas di artikel-artikel sebelumnya yang berkaitan dengan social media marketing, bahwa media sosial adalah salah satu alat untuk menjaring konsumen khususnya bagi pelaku #bisnis online. Jika Anda hendak terjun di bidang bisnis online maka Anda harus akrab dengan metode pemasaran yang satu ini.

Namun seiring perubahan perilaku konsumen kita, maka pemasaran melalui media sosial pun harus menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Dan akibatnya tak jarang banyak pelaku bisnis yang melakukan kesalahan-kesalahan dalam menjalankan social media marketing.

Berikut kami rangkum 7 kesalahan yang sering dilakukan pebisnis online dalam social media marketing dengan harapan Anda calon pelaku bisnis online atau yang sudah menjalankan bisnis online dapat mengatasi dan terhindar dari kesalahan-kesalahan tersebut.

1. Social Media Marketing Tanpa Rencana

Seiring peningkatan jumlah pengguna #internet saat ini, maka seseorang yang mencoba peruntunganya di jual beli online pun semakin meningkat. Namun sayangnya kebanyakan dari mereka tidak beradaptasi dengan rules marketing yang ada di dunia online, sehingga metode pemasarannyapun sekedar berjualan dan sangat konvensional.

Untuk memasarkan produk dengan memanfaatkan #media sosial memerlukan rencana, teknik dan eksekusi yang baik. Tapi yang terjadi saat ini sebagian pelaku bisnis online hanya sekedar ikut-ikutan tanpa memahami karakteristik media sosial yang sebenarnya.




Artikel lain: Ingin Sukses Jalankan Social Media Marketing? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Berikut Ini

Jadi yang harus dilakukan adalah menganalisa perilaku konsumen target pasar Anda, memahami rules dan teknik #social media marketing. Sehingga nantinya yang Anda lakukan tidak sia-sia dan tidak berkesan ikut-ikutan saja. Tentu ini point penting jika bisnis Anda ingin dilihat sebagai bisnis yang kredibel, bukan.

2. Target dan Tujuan yang Tidak Jelas

Dalam sebuah bisnis apapun sebuah target dan tujuan adalah elemen utama, begitu juga didalam pemasaran sebuah bisnis. Dan di dalam social media marketing, sebuah terget Anda adalah suatu pencapain tertentu yang konkret.

Contohnya berapa banyak followers Anda, berapa banyak orang yang suka terhadap merek Anda, itu adalah salah satu target yang harus Anda capai. Lalu tujuan di dalam pemasaran pun sangat penting, bagaimana bisa mencapai target tertentu jika Anda tidak memiliki sebuah landasan tujuan. Untuk itulah sekali lagi kami tekankan untuk memahami karakteristik dari social media marketing.

3. Minimnya Materi

Kesalahan yang ketiga ini sangat banyak kami temukan, mungkin tanpa di sadari Anda pun merasakan ini di setiap Anda membuka aplikasi media sosial Anda.  Banyak sekali penjual online yang mendoktrin pengikutnya dengan materi-materi produknya, sudah pasti kita tidak akan nyaman dan memutuskan untuk meng-unfollow atau unlike. Hal ini juga akan terjadi pada bisnis kita jika kita melakukan hal yang sama, untuk itulah menguasai rules social media marketing sangatlah penting.




Cobalah membuat materi yang dapat mengedukasi pengikut Anda. Berikan kontribusi yang positif kepada mereka jangan melulu menjejali mereka dengan promosi-promosi dan produk Anda. Buatlah jadwal untuk memposting materi produk agar lebih efektif.

4. Komunikasi Hanya Satu Arah

Pada dasarnya media sosial adalah media untuk berinteraksi atau berkomunikasi antar manusia, jadi untuk itulah pahami fungsi media sosial ini. Buatlah konten yang dapat membangun komunikasi atau interaksi, jangan hanya komunikasi satu arah. Ketahuilah media sosial Anda berperan sebagai online marketing maka komunikasi dua arah sangat baik untuk perkembangan akun media sosial yang Anda kelola.

Jika menggunakan akun #Twitter, Anda dapat menulis kultweet atau konten edukatif lainnya, atau bisa juga membuat tulisan humor agar akun Anda lebih berkesan. Jadi inti dari poin ini adalah membangun komunikasi antara pengikut Anda itu sangat penting. Berusahalah untuk membangun interaksi yang baik, itu adalah salah satu langkah pendekatan Anda pada calon konsumen.

5. Akun Media Sosial Lambat Merespon

Media sosial adalah media komunikasi yang real time, seseorang berharap ketika mereka bertanya atau memulai berinteraksi mereka berharap untuk mendapatkan respon yang cepat.

Untuk itu memantau perkembangan atau update media sosial kita adalah hal yang penting. Karena kita di tuntut untuk merespon interaksi dengan cepat. Ketika Anda merespon dengan lambat maka respon Anda akan diabaikan begitu saja.

6. Tidak Memiliki Tim yang Mengelola Media Sosial

Dalam menjalankan suatu bisnis ada baiknya untuk memilki sebuah tim agar bisnis yang Anda kembangkan lebih powerfull, tidak terkecuali untuk memiliki team yang mengelola akun media sosial Anda. Tidak sedikit pebisnis online yang tidak memiliki seseorang yang bertanggung jawab mengelola akun media sosial bisnisnya. Alhasil perkembanganya akan lambat dan Anda bisa tertinggal jauh dengan pesaing.

Selain itu jika Anda tidak memilki seseorang yang mengelola akun social media, bisa dipastikan bahwa social media marketing yang dijalankan tidak berjalan efektif. Hal ini karena keterbatasan pengetahuan Anda, keterbatasan kemampuan berkomunikasi dan juga passion.

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Penjualan Dengan Memanfaatkan Social Media

7. Tidak Konsisten Mengelola Akun Media Sosial

Poin terakhir ini adalah kesalahan pebisnis online yang paling banyak dilakukan. Agar sukses mencapai tujuan tertentu, konsistensi adalah salah satu faktor penentu dari berhasil tidaknya tujuan tersebut. Dan bagi mereka yang menganggap social media marketing sebagai sambilan saja, hasilnya pun menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, jika sudah terjun ke dunia online, jalankan setiap stepnya dengan maksimal dan konsisten.

Sekian artikel sederhana ini kami rangkum, dengan harapan dapat membantu dan sebagai bahan evaluasi agar Anda yang menjalankan metode pemasaran lewat media sosial yang lebih efektif.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Wah ini perlu saya perhatikan, soalnya sekarang saya kesulitan mendapat perhatian dari sosmed. Dengan megnetahui kesalahan ini, mudah2an kedepan bisa dikelola akun sosmed yang saya miliki dan dikonversi menjadi keuntungan.

    O iya, mau tanya nih….bagaimana memaksimalkan affiliasi marketing menggunakan sosial media, apa kiat khusus yang harus kita jalankan?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud