7 Fitur Menawan Android Marshmallow yang Tidak Ada Pada Sang Adik Lollipop

Android Marshmallow

Image dari Ndtv.com

Belum lama ini pihak Google mengumumkan ke datangan calon penerus dari #sistem operasi Android Lollipop yang diberi nama Marshmallow. Mungkin jika menelisik lebih jauh dari pendahulunya sampai yang sekarang kedatangan OS tersebut berurutan sesuai abjad dan memakai nama makanan dan cemilan di setiap versinya.

Jika anda sadari di versi sistem operasi Android terbaru ini banyak perubahan dan fitur yang signifikan yang dijejalkan oleh pihak #Google yang tidak ada di para pendahulunya. Karena mungkin disebabkan ingin menambal segala kekurangan yang ada di versi sebelumnya. Untuk mengetahui kelebihan apa saja yang ditawarkan oleh sistem operasi yang satu ini, maka simak ulasannya berikut ini.

1. Modus ‘Doze’

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh sistem operasi #Android Marshmallow adalah memiliki modus ‘Doze’ yaitu, sebuah teknologi terbaru yang mampu bekerja mengecilkan konsumsi daya baterai ketika smartphone yang Anda miliki dalam keadaan standby atau mode sleep.



Mungkin cara kerja fitur ini tidak jauh berbeda dengan fitur penghemat baterai yang dimiliki oleh brand smartphone ternama seperti Sony, Huawei maupun Samsung yaitu dengan cara menonaktifkan sebagian besar aplikasi yang tidak terpakai. Tapi kelebihan yang ditawarkan oleh fitur modus ‘Doze’ memiliki keunggulan tersendiri yaitu jauh lebih efektif dan tepat dalam urusan mematikan #aplikasi yang benar-benar tidak terpakai dan hanya memakan ruang ram saja.

Artikel lain: Marshmallow, Akhirnya Menjadi Nama Resmi Sistem Operasi Android M

2. Dukungan USB Tipe C

Fitur yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga para penggila #smartphone. Ya tentu saja itu dikarenakan ini merupakan jenis konektor terbaru, dan memang baru ditanamkan pada beberapa perangkat smartphone Android seperti OnePlus 2 dan Lenovo Zuk Z1.

Menariknya pada fitur ini sudah didukung sepenuhnya pada sistem operasi Android Marshmallow, sehingga memungkinkan untuk hal pengisian baterai 5 kali lebih cepat dari konektor yang biasanya. Yang tak kalah menakjubkannya lagi adalah memungkinkan untuk pengguna sistem operasi ini dapat mengisi smartphone lain dalam waktu yang bersamaan atau bisa dikatakan memiliki fungsi yang hampir sama dengan powerbank.

3. Android Pay

Inilah kelebihan yang paling diunggulkan pihak Google pada sistem operasi Android Marshmallow untuk bisa melawan perusahaan #Apple, yaitu fitur Android Pay. Teknologi pembayaran digital yang memanfaatkan koneksi Near Field Communication (NFC) tersebut, telah sepenuhnya berjalan dengan baik pada sistem operasi Android Versi 6.0 milik Google ini. Dan siap untuk bersaing melawan fitur Apple Pay yang terlebih dahulu dikomersilkan oleh pihak Apple. Kabar baik menghampiri negara-negara yang berada di Asia tenggara termasuk Indonesia karena akan menjadi destinasi pertama dalam perilisan Android Pay.

4. Sensor Sidik Jari

Walaupun fitur yang satu ini sudah banyak menjamur di kalangan smartphone yang dibekali dengan sensor sidik jari, namun pihak dari Google sendiri belum melakukan standarisasi dukungan pada sistem operasi Android terdahulunya. Alhasil setiap smartphone yang memakainya memiliki spesifikasi dan kemampuan yang berbeda-beda.

Namun dengan hadirnya sistem operasi Android teranyar Marshmallow, diharapkan setiap vendor smartphone yang menjejalinya dengan fitur pemindai sidik jari dapat memberikan standarisasi yang mampu mengoptimalkan sistem keamanan pada fitur Android Pay.

5. App Permissions

Kelebihan selanjutnya yang ada pada sistem operasi Android Marsmallow adalah peningkatan fitur ‘App Permissions’ yang memungkinkan pengguna Android untuk mengatur ijin sebuah aplikasi dengan cara menekan tombol ‘Allow’ atau ‘Deny’. Fitur ini akan mempermudah para pengguna smartphone Android dalam mengatur aplikasi yang berjalan pada background processor, sehingga kebutuhan memori ram akan tetap terjaga.

6. Auto Backup Aplikasi

Sistem operasi Android terbaru ini juga membawa fitur auto backup yang memungkinkan si pengguna untuk menyimpan user data dan settingan dari aplikasi ataupun game ke dalam Google Drive. Yang berarti, saat anda melakukan hard reset atau mengganti smartphone dengan yang baru maka aplikasi dan game yang sebelumnya dimiliki akan kembali bisa digunakan lengkap dengan settingannya yang berada pada smartphone sebelumnya. Dengan terlebih dulu anda mendaftar dan melakukan sign in pada akun Google Drive.

Baca juga: Aplikasi ‘Bersih-bersih’ Malah Bikin Smartphone Android Lemot, Benarkah Demikian?

7. Google Now on Tap

Bagi sebagian besar pengguna sistem operasi Android pastinya tak asing lagi jika mendengar istilah aplikasi Google Now. Yang berfungsi memberikan berbagai informasi melalui media perintah suara, kini anda bisa mengaktifkannya dengan cara menekan tombol home beberapa saat maka akan secara otomatis anda bisa mencari informasi melalui perintah suara. Kelebihan yang dimiliki sistem operasi Marshmallow ini juga hampir mirip dengan pesaingnya yang dikeluarkan oleh pihak Apple pada aplikasi asisten ‘Siri’ besutannya.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud