6 Wanita Luar Biasa Pelopor Lahirnya Pemrograman Komputer Digital

ENIAC  Pemrograman Komputer Digital pertama di dunia

Jika Anda pergi ke sebuah toko elektronik, Anda akan menjumpai beberapa perangkat seperti gadget, komputer dan beragam produk IT lainnya. Beberapa nama pun akan segera Anda ingat jika Anda sudah melihat lebih detail apa yang tertera dan berada di dalam perangkat elektronik tersebut.

Sebut saja Bill Gates dengan produksi Microsoft-nya, Steve Jobs dengan merk Apple-nya atau Mark Zuckerberg dengan media sosial Facebooknya. Para lelaki memang telah banyak berperan banyak di dunia IT.

Namun ternyata banyak yang belum mengetahui bahwa ada sosok 6 wanita hebat yang sebenarnya juga menjadi pelopor pemrograman komputer digital pertama. Mereka perempuan berenam ini adalah orang-orang yang terlibat dalam proyek ENIAC atau Electronic Numerical Integrator And Computer pada tahun 1940-an.Lalu apakah ENIAC itu dan siapa keenam wanita pelopor pemograman komputer digital tersebut? Berikut ulasannya.

ENIAC dan Kelahiran Pemrograman

ENIAC sendiri merupakan komputer digital pertama di dunia yang pada awalnya didesain dan digunakan untuk menghitung tabel artileri tembak untuk Laboratorium Penelitian Balistik Angkatan Darat Amerika Serikat. ENIAC yang diumumkan pada tahun 1946 ini kemudian menjadi gempar dengan dikatakan sebagai “otak raksasa” yang sanggup beroperasi hingga seribu kali lebih cepat daripada mesin elektro-mekanis konvensional di masa itu.

Walaupun sempat menjadi perbincangan umum dan dan memukau para ilmuwan dan pelaku industri namun sayangnya keenam wanita yang terlibat di dalam proyek ENIAC ini kurang dikenal oleh dunia IT sekarang.

Artikel lain: Inspirasi dari Lima Perempuan Terkaya Di Bidang Bisnis Teknologi

Penghargaan Untuk ENIAC

Dalam beberapa tahun kiprahnya di dunia IT, ENIAC dengan enam wanita sebagai penggeraknya berhasil mencatatkan beberapa penghargaan seperti :

  1. Masuknya ENIAC ke dalam daftar IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) Milestone pada tahun 1987.
  2. Penghargaan Women in Technology International Hall of Fame kepada keenam wanita ini pada tahun 1997.
  3. Didokumentasikannya peran para pemrogram ENIAC ke dalam sebuah film dokumenter di tahun 2010 yang berjudul Top Secret Rosies: The Female Computers of WWII dengan sutradara LeAnn Erickson.
  4. Didokumentasikannya kisah keenam pemrogram ENIAC ini tahun 2014 pada sebuah film pendek berjudul The Komputer garapan Kate McMahon.
  5. Diperingatinya hari ENIAC setiap tanggal 15 Februari di kota Philadelphia.

Enam Wanita Di Balik Kesuksesan ENIAC

  1. Fran Bilas

Wanita pertama dibalk ENIAC adalah Frans Bilas yang berasal dari Philadelphia. Wanita yang telah meninggal dunia di usia 90 tahun pada tanggal 18 Juli 2012 ini kuliah di Temple University jurusan matematika dan fisika. Meski pernah pindah ke Chestnut Hill College setelah mendapatkan beasiswa di sana, wanita yang sering disapa Frances Spence ini sangat berjasa dalam proyek ENIAC.

  1. Betty Jennings

Perempuan yang satu ini adalah programer yang pertama kali terpilih dalam proyek ENIAC. Sebelum bekerja di proyek ENIAC, Betty bekerja di University of Pennsylvania untuk bekerja di Aberdeen Proving Ground. Selama bekerja di sana, wanita sarjana jurusan matematika ini menemui suaminya yang merupakan insinyur yang bekerja untuk proyek Pentagon.

  1. Ruth Lichterman

Jika Fran Bilas adalah lulusan Temple University, maka Ruth adalah wanita lulusan Hunter College jurusan matematika. Ia pernah melatih kelompok pemrogram generasi berikutnya selama lebih dari dua tahun. Ruth kemudian meninggal di Dallas, Texas pada tahun 1986.




  1. Kay McNulty

Meski hampir semua programer di ENIAC adalah lulusan matematika, namun Kay McNulty merupakan sosok yang paling menggilai matematika. Bagaimana tidak, selama tahun ketiga kuliah di Chestnut Hill College, Kay selalu mengambil mata kuliah yang sangat diperlukan dalam dunia pmrograman tersebut.. Namun sayang, ia harus berjuang keras melawan penyakit Parkinson yang menyerang dirinya. Ia meninggal di Wyndmoor, Pennyslvania, pada usia 85 tahun karena penyakit kanker.

Baca juga: Susan Wojcicki ~ Wanita Tangguh Sang CEO Youtube yang Baru

  1. Betty Synder

Siapa sangka, wanita dengan latar belakang akademis di bidang jurnalisme ini terpilih sebagai salah satu dari enam wanita yang memprogram ENIAC. Kemudian, pada tahun 1953 ia menjadi pengawas pemprograman lanjutan di Laboratorium Matematika Terapan Angkatan Laut Amerika Serikat di Maryland, di mana dia tinggal sampai 1966.

  1. Marlyn Wescoff

Marlyn Wescoff adalah wanita yang mengundurkan diri dari tim pemrogram ENIAC pada tahun 1947. Saat itu ia memutuskan untuk menikah, sebelum ENIAC direlokasi ke Aberdeen Proving Ground.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud