6 Tips Mengelola Keuangan Untuk Anda yang Telah Berusia 40 Tahun-an

Tips Mengelola Keuangan

Image dari Expertbeacon.com

Bagi Anda yang sudah berusia 40 tahun-an maka keuangan seharusnya bukan lagi menjadi masalah yang berarti. Maksudnya disini adalah di usia menjelang pensiun ini semestinya membuat Anda sudah memiliki kondisi #keuangan yang stabil dan mapan serta juga mempunyai sebuah kebijaksanaan untuk mengelola keuangannya dengan baik.

Sayangnya di negeri ini tidak semua orang usia 40 tahun-an belum bisa mencapai posisi yang seharusnya tersebut. Entah karena kondisi keuangan yang belum stabil atau juga kebijaksanaan mengelola uang yang kacau balau. Maka dari itu bagi siapapun yang telah berusia 40 tahunan tapi belum bisa mencapai keuangan yang stabil dan juga belum bisa bijaksana dalam penggunaan uang, maka mau tak mau Anda harus berubah.

Dan berikut ini beberapa tips mengelola keuangan yang bisa Anda terapkan di usia 40 tahun-an tersebut.

1. Kendalikan Gaya Hidup

Tips mengelola keuangan pertama bagi seseorang yang telah berusia 40 tahun-an adalah dengan mengendalikan gaya hidupnya. Ya, sudah memang seharusnya di usia yang dikatakan sangat dewasa ini seseorang yang berusia 40 tahun-an  ini harus sudah tak memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan pemenuhan nafsu belanja ini dan itu. Tapi mengapa harus mengendalikan gaya hidup? Sebab dengan bisa mengendalikan gaya hidup maka hidup Anda akan menjadi lebih baik dan juga bisa berkecukupan.

Artikel lain: Jangan Lupa Catat 4 Prioritas Keuangan Pribadi Anda Berikut untuk Tentukan Masa Depan yang Cemerlang

2. Tak Perlu Berlebihan Renovasi Rumah

Hakikat rumah adalah tempat tinggal yang nyaman untuk ditinggali. Maka dari itu meski Anda memiliki dana yang cukup untuk melakukan renovasi rumah sebaiknya lakukan hal ini seperlunya saja. Mungkin saja Anda melakukan perbaikan pada atap yang bocor atau cat tembok yang sudah mulai mengelupas.




Tapi mempercantik pagar atau mengganti ubin yang masih bagus sepertinya bukan hal yang musti Anda lakukan. Maka dari itu di usia 40 tahun-an ini Anda jangan terlalu berlebihan dalam merenovasi rumahnya. Pastikan saja bahwa Anda sudah memiliki rasa nyaman dengan tempat tinggal yang ada sekarang itu saja sudah cukup.

3. Membiarkan Dana Darurat Dalam Keadaan Tetap

Sudah seharusnya di usia 40 tahun-an Anda sudah mempunyai dana darurat. Dana darurat ini akan sangat bermanfaat untuk Anda sebagai sebuah cara untuk mengantisipasi pengeluaran yang tiba-tiba datang. Nah untuk keperluan dana darurat ini Anda tak boleh berkompromi. Anda mau tak mau harus membuat dana darurat ini tetap ada dan tidak terpakai untuk yang lain-lain jika Anda tak ingin masa tua Anda tidak kerepotan.

4. Buat Tabungan Pensiun

Berikutnya, tips mengelola keuangan bagi seseorang yang telah berusia 40 tahun-an adalah dengan membuat tabungan pensiun. Ya, usia 40 tahun-an memang sudah mengharuskan seseorang untuk bersiap dengan masa pensiun. Nah selain mempersiapkan dana darurat, adanya tabungan pensiun sepertinya akan menjadi langkah yang efektif untuk membuat masa tua Anda makin nyaman dan tenang.

5. Cobalah Hal Baru yang Punya Peluang Besar

Meski usia sudah berkepala 4, bukan berarti kesempatan untuk mencoba hal baru yang memiliki peluang meraup untung besar lantas tertutup. Tentu saja Anda masih berpeluang dan punya kesempatan. Beberapa hal yang mungkin terpikir untuk meraup keuntungan besar dari peluang yang ada sekarang adalah dengan berbisnis online.

Bisnis online memang terus berkembang di Indonesia. Nah maka dari itu jika Anda memiliki ketertarikan dengan peluang #bisnis online, maka di usia 40 tahun-an, Anda masih bisa melakukannya. Bisnis online memang tidak mengenal usia. Tapi jika Anda memiliki pemikiran lain di sebuah bisnis tertentu maka tak ada salahnya juga Anda mencobanya.

Baca juga: 3 Keutamaan Memulai Bisnis di Usia Tua, Tak Perlu Ragu Memulainya

6. Jaga Kondisi Kesehatan

Terakhir, tips mengelola keuangan bagi seseorang yang telah berusia 40 tahun-an adalah menjaga kondisi #kesehatan. Apa hubungannya kesehatan dengan keuangan? Tentu saja ada, karena ada biaya kesehatan yang harus ditanggung pasien jika kesehatan Anda terganggu.

Nah di usia 40 tahun-an ini tentu saja kesehatan kita akan mengalami penurunan dan tidak lagi sebaik di usia 20 dan 30 tahun-an. Nah maka dari itu untuk bisa menghindari pengeluaran untuk biaya kesehatan ini maka Anda mau tak mau harus bisa menjaga kondisi kesehatan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud