Jangan Lupa Catat 4 Prioritas Keuangan Pribadi Anda Berikut untuk Tentukan Masa Depan yang Cemerlang

menyusun prioritas keuangan

Image dari Homebiztwins.com

Membuat prioritas memang selalu membawa seseorang pada keuntungan bagi yang menjalankannya. Tidak hanya melakukan prioritas pada pekerjaan, namun memberikan prioritas pada keuangan ternyata akan membawa diri pada sebuah manfaat. Saya sendiri sudah sering merasakan kegunaan melakukan sebuah prioritas pada suatu pekerjaan.

Maka jika Anda akan melakukan sesuatu yang berhubungan dengan prioritas, termasuk dalam hal #keuangan ini maka Anda tak ragu untuk melakukannya, karena hal ini sudah banyak terbukti kebenaran manfaatnya. Dalam hal prioritas pada keuangan ini maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan tidak Anda lupakan.

Menurut Certified Financial Planner Board of Standards, ada 4 prioritas perencanaan keuangan yang perlu dilakukan seseorang untuk mencapai masa depan yang gemilang. Dan berikut 4 prioritas keuangan pribadi yang harus Anda lakukan tersebut.



1. Prioritaskan Pada Satu Tujuan yang Anda Miliki

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam melakukan prioritas keuangan adalah mempersempit dan memfokuskan diri pada satu tujuan. Dalam hidup, setiap orang tentunya memiliki beragam keinginan dan tujuan. Nah dari sinilah maka yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah memfokuskan diri pada satu keinginan atau tujuan saja.

Mengapa harus satu? Namanya juga melakukan prioritas, maka tentu Anda harus mengutamakan satu hal yang paling terpenting. Lalu apa manfaatnya? Dengan melakukan hal ini maka seseorang akan mendapatkan yang terbaik. Fokus pada satu hal memang akan membuat hasil kerja yang memuaskan, sebab konsentrasi tidak akan terpecah belah.

Artikel lain: Mau Ajari Anak Kelola Keuangan? Coba 4 Cara Berikut Ini

Cara terbaik untuk cara pertama ini sendiri adalah dengan memilahnya berdasarkan dampak pada jumlah orang yang mengenainya. Semakin besar dampak hal tersebut pada orang lain maka kondisi keuangan itulah yang perlu Anda prioritaskan.

2. Prioritaskan Pada Kebutuhan Daripada Keinginan

Berikutnya hal yang perlu Anda lakukan dan catat dalam prioritas keuangan ini adalah menahan keinginan. Ya, di balik sebuah prioritas keuangan selalu ada hasrat untuk melakukan beragam keinginan hidup. Maka dari itu agar usaha yang Anda lakukan sukses Anda mau tak mau harus mampu menahan keinginan tersebut. Maka dari itu cobalah untuk menanyakan pada diri Anda apa manfaat dari beberapa keinginan yang Anda miliki itu.

Bila memang Anda yakini bahwa memang keinginan ini hanya sebuah pelampiasan belaka dan tidak membawa manfaat apapun, alangkah baiknya jika Anda menundanya terlebih dahulu. Untuk mencapai masa depan yang cemerlang pada finansial maka Anda perlu menahan keinginan dan mengutamakan atau memprioritaskan pada kebutuhan bukan keinginan.

3. Prioritaskan Pada Masalah yang Paling Urgent

Dalam hidup, pasti setiap manusia akan mendapati masalah. Nah untuk mengatasi masalah ini kebanyakan seseorang membutuhkan dana atau uang. Nah bagaimana kita bisa menyongsong masa depan finansial yang cemerlang dari hal ini? Anda harus melakukan prioritas. Prioritas apa? Tentu saja prioritas pada satu masalah untuk diselesaikan.

Semakin urgent (penting) sebuah masalah dan dampaknya maka masalah itulah yang perlu Anda selesaikan dengan dana yang dimiliki. Untuk melakukan prioritas ini ada dua pertanyaan yang perlu Anda jawab, pertama apakah masalah yang akan Anda selesaikan bertentangan dengan kebutuhan orang lain.

Dan pertanyaan kedua adalah jika tidak diselesaikan apakah hal ini akan akan menyebabkan hal yang lebih baik atau lebih buruk? Cobalah belajarlah dari kesalahan-kesalahan yang telah ada agar Anda bisa melangkah dengan pilihan prioritas masalah yang tepat.

Baca juga: 5 Kesalahan Manajemen Keuangan yang Selayaknya Dihindari

4. Buat Prioritas Keuangan Untuk Dana Tak Terduga

Terakhir, hal yang perlu Anda lakukan dan catat dalam prioritas keuangan ini adalah dengan mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga. Secara tidak langsung kehidupan setiap manusia memang akan selalu dihantui dengan hal-hal yang ada diluar kuasa dirinya. Nah saat hal ini mendatangi seseorang maka mau tak mau mereka harus segera mengatasinya dengan mengeluarkan dana.

Maka dari itu untuk mengantisipasi hal ini maka Anda harus mau memprioritaskan dana Anda pada hal-hal darurat dan diluar kuasa Anda tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda tidak merasa terbebani saat hal-hal tidak terduga menghampiri Anda. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara seperti menabung, berinvestasi, dan juga membeli produk #asuransi.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud