6 Cara Mudah Untuk Beradaptasi Di Lingkungan Kerja Baru

lingkungan kerja baru

Memiliki pekerjaan yang diimpikan dengan dukungan lingkungan kerja yang kondusif menjadi dambaan setiap orang. Masa produktif jadi lebih bermakna kalau dihabiskan untuk berdedikasi pada pekerjaan yang kita inginkan. Namun sayangnya, tentu tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan emas seperti itu.

Kondisi lingkungan kerja atau hal lainnya yang tidak mendukung karir kita seringkali membuat kita memutuskan untuk pindah ke pekerjaan yang baru. Lingkungan kerja baru akan memberikan tantangan bagi kita untuk melakukan adaptasi secara cepat dan efektif.

Cara-cara apa saja yang bisa membantu kita untuk segera beradaptasi dengan suasana lingkungan kerja baru?

1. Belajar Menaati Budaya Perusahaan dan Etos Kerja

Ketika kita mulai menjalankan pekerjaan baru, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menaati budaya di perusahaan baru tersebut. Jangan sampai posisi kita sebagai “anak baru” menjadi alasan untuk melanggar budaya di perusahaan.

Jika perusahaan baru tempat kita bekerja memiliki kebiasaan mengenakan seragam, bersikaplah untuk aktif dan menanyakan ketersediaan seragam tersebut untuk kita. Demikian pula halnya dengan budaya lain seperti peraturan saat meeting atau peraturan batas absen serta perihal keterlambatan.




Artikel lain: Siasat Cerdas Mengatasi Perilaku Generasi Millenial Di Lingkungan Kerja

2. Mempelajari Tugas dengan Seksama

Tugas dan pekerjaanmu di tempat kerja yang baru pasti berbeda dengan tugas di tempat kerja yang lama. Itulah mengapa kamu harus mempelajari setiap tugas-tugas dan bagian pekerjaanmu dengan seksama. Kita bisa bertanya pada atasan atau rekan kerja mengenai rincian jobdesk yang belum kita pahami. Akan lebih baik lagi jika kita memahami prosedur evaluasi yang akan dilakukan untuk menilai kinerja kita.

3. Bersikap Terbuka dengan Wajar

Pada tahap-tahap awal menjalankan pekerjaan baru, kita harus bersikap terbuka dengan wajar. Jangan segan untuk melempar senyum pada orang-orang atau rekan baru yang belum kita kenal.

Sikap yang hangat dan keramahan yang sewajarnya akan membuat rekan kerja, atasan atau orang lain di lingkungan kerja yang baru akan semakin respect terhadap keberadaan kita. Sikap seperti ini bahkan sebaiknya kita pertahankan setiap hari demi menjalin hubungan yang baik dengan semua orang di lingkungan kerja.

4. Malu Bertanya Sesat Di Jalan

Banyak orang yang berpikiran kalau bertanya di lingkungan kerja yang baru akan memberikan kesan kalau kita adalah pribadi yang bodoh. Padahal justru sebaliknya, bertanya dengan sopan bisa membuat kita terhindar dari masalah pekerjaan yang sedang dihadapi.




Kita bisa memutuskan untuk bertanya pada rekan dalam 1 tim, supervisor atau pihak atasan lainnya ketika sedang menemukan masalah dalam menyelesaikan pekerjaan. Jawaban yang diberikan atas pertanyaan kita tentu harus kita simak dengan baik supaya bisa menjadi bahan pembelajaran di lingkungan kerja yang baru.

5. Hindari Ikut Campur Terlalu Jauh di Lingkungan Kerja Baru

Perbincangan ringan mengenai situasi kantor seringkali menggoda kita untuk ikut berbincang dan memberikan tanggapan. Padahal hal seperti ini sama sekali tidak dibutuhkan. Sebagai pekerja baru kita memang perlu mengetahui kondisi lingkungan kerja, tapi hal tersebut sebaiknya tidak membuat kita ikut campur terlalu jauh dengan urusan yang bukan wewenang kita.

Baca juga: Tips Mendekorasi Kantor Agar Terlihat Makin Cantik

6. Jangan Malu untuk Minta Penilaian

Penilaian terhadap performa dan produktivitas pekerja biasanya dilakukan dalam kurun waktu beberapa bulan sekali. Tapi sebagai pekerja baru, tidak ada ruginya kalau kita meminta penilaian dan evaluasi dari pihak atasan. Penilaian dan evaluasi tersebut akan memberikan solusi bagi kita untuk menjalankan pekerjaan secara lebih baik lagi.

Diskusikan mengenai bagian-bagian pekerjaan kita yang harus diperbaiki dan kita pun bisa meminta saran dari atasan bila kondisinya memungkinkan.

Ketika kita sudah memberikan kemampuan terbaik bagi perusahaan, tentu saja dedikasi kita akan mendapatkan apresiasi sepantasnya dari perusahaan. Mulailah untuk menjalani pekerjaan dengan hati yang gembira supaya ide-ide kreatif membuat pekerjaan kita jadi terasa semakin mudah.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Satu lg Yg penting…
    Jgn suka” gak enak an” kelihatanya sepele tapi itu ternyata bisa buat suasana jdi gk fresh dan terasa kaku..
    Akbibatnya.. kerja serba gk nyaman..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud