Fokus Dongkrak Konten Video, Facebook Rilis Fitur Watch Later

Image dari Whatlauderdale.com

Image dari Whatlauderdale.com

#Youtube memang dikenal sebagai salah satu perusahaan besar yang handal di bidang penyajian tayangan berformat video. Tetapi sebagai perusahan besar lainnya yang tak ingin kalah saing, Facebook juga meluncurkan fitur video untuk memfasilitasi para penggunanya.

Fitur video di #Facebook ternyata mampu meraih minat yang tinggi di kalangan para penggunanya. Hal ini turut dibuktikan. Jika dijumlahkan maka setidaknya Facebook sudah memiliki trafik penonton video sebanyak 4 milyar dalam satu hari. Keberhasilan ini kian mendorong Facebook untuk meluncurkan fitur baru yang mendukung proses menyaksikan video tersebut.

Rencana Meluncurkan Fitur Watch Later

Facebook sudah memberikan konfirmasi bahwa timnya memang sedang melakukan pengembangan dan uji coba fitur Watch Later untuk mendukung fitur video. Fitur Watch Later akan ditempatkan sebagai tab di bagian sudut kanan atas ketika pengguna Facebook sedang memutar video.

Fitur Watch Later yang akan segera diluncurkan oleh Facebook akan menjadi saingan fitur serupa yang dimiliki oleh Youtube. Sehingga dengan menggunakan fitur ini, pengguna Facebook bisa “menyimpan” video yang ingin disaksikannya untuk disaksikan di lain waktu. Sungguh efisien dan bisa membuat pengguna Facebook tetap produktif tanpa mengabaikan sesuatu yang ingin ditontonnya.

Setelah disimpan dengan menggunakan fitur Watch Later, maka video tersebut akan masuk ke folder di sebelah kiri halaman Facebook atau pada opsi More pada Facebook mobile.

Artikel lain: Tips Membuat Video Bisnis yang Menarik di Facebook

Posisi Fitur Watch Later Masih Diperhitungkan

Sebelum meluncurkan fitur Watch Later, Facebook sudah terlebih dahulu meluncurkan fitur Save untuk memfasilitasi tayangan videonya. Fitur Save ditempatkan di dua posisi yaitu di sudut kanan bawah serta menu drop down di sudut kanan posting.

Namun sangat disayangkan fitur Save tersebut hanya muncul pada konten non video di Facebook. Menyimpan video di Facebook dengan fitur Save harus dilakukan dengan langkah yang lebih rumit mulai dari mengarahkan video ke bagian corner, membuka menu kemudian mengklik pilihan untuk menyimpan. Fitur Save tersebut malah membuat pengguna Facebook menjadi bingung ketika akan menyimpan video.

Sebagai bentuk perbaikan dari kekeliruan fitur Save tersebut, maka fitur Watch Later akan ditampilkan sebagai fitur yang lebih terlihat dan lebih praktis. Tidak hanya membuat para pengguna #internet jadi lebih banyak menghabiskan waktu di Facebook, fitur Watch Later juga menjadi salah satu sarana yang meningkatkan interaksi antara satu pengguna Facebook dengan pengguna Facebook lainnya.

Dengan diluncurkannya fitur Watch Later, diharapkan Facebook bisa memperoleh pendapatan yang lebih besar dari para pemasang iklan yang jumlahnya terus bertambah.




Kini Iklan Berformat Video Kian Diminati

Iklan berformat video memang sudah menjadi salah satu daya tarik bagi para pemasangnya maupun para pengguna internet. Dengan durasi yang singkat dan alur cerita yang menarik, iklan berbentuk video banyak ditempatkan di situs-situs yang ramai pengunjung, termasuk Facebook dan Youtube.

Dalam menghadapi perkembangan iklan video yang diminati, Facebook terbilang masih cukup tertinggal dari Youtube atau perusahaan lainnya. Iklan autoplay video dengan durasi 15 detik hanya muncul pertama kali di Facebook pada tanggal 30 Maret 2014. Sang COO Facebook, Sheryl Sandberg menyatakan bahwa hal tersebut masih menjadi hal mendasar yang akan dipertimbangkan dalam pengembangan fitur video di Facebook.

Pada bulan Juni, tim IT Facebook masih melakukan pengembangan algoritma dan pertimbangan lainnya untuk menganalisis dashboard video Facebook yang baru. Pengembangan ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas fitur video, fitur Watch Later sekaligus menerapkan tarif yang sesuai untuk iklan video.

Baca juga: Cara Download Video Facebook di Android Dengan Mudah

Nantinya fitur Watch Later bukan cuma bermanfaat untuk membuat pengguna internet menghabiskan waktu lebih lama di Facebook, tetapi juga akan memberikan data-data baru mengenai jenis video apa yang paling digemari dan sering diakses oleh para pengguna Facebook.

Tertarik untuk mencoba fitur Watch Later dari Facebook?

Kita tunggu saja peluncuran fitur ini untuk para pengguna Facebook di Indonesia. Menyimpan video Facebook yang ingin ditonton melalui dekstop pasti jadi terasa makin mudah dan menyenangkan. Jangan lewatkan tayangan video terfavorit yang sedang hits di Facebook.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. iya lah, kan fb mau nyaingin youtube kayanya :D

  2. Wajib dicoba, mudah2an bisa secepatnya dirilis.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud