5 Tanda Anda Belum Siap Menjadi Seorang Full Time Blogger

full time blogger

Image dari Brighterlife.co.id

Dalam menggeluti dunia blogging, sebagian orang pasti ada yang menjadi seorang full time blogger. Full time blogger adalah orang-orang yang memang menyandarkan pemenuhan kebutuhan finansialnya dengan menjadi seorang #Blogger. Semua kebutuhan hidupnya diusahakan cukup dengan penghasilan dari mengelola blog. Nah, menjadi seorang yang menggeluti dunia bisnis online, yang salah satunya adalah blogger, jika ia bisa berhasil memang sangat menggoda.

Penghasilan yang banyak dan tentu saja iming-iming bekerja dari rumah dengan santai menjadi daya tarik yang sangat menggiurkan. Ada banyak sekali full time blogger yang memang sudah berhasil dengan penghasilan yang selangit. Jika Anda adalah salah seorang yang ingin menjadi full time blogger, boleh saja dan itu keinginan yang sangat wajar.

Namun jika keadaan Anda memang belum siap untuk menjadi full time Blogger, maka sebaiknya tunda dulu keinginan Anda. Di bawah ini adalah beberapa faktor yang menunjukkan bahwa Anda belum waktunya menjadi seorang full time Blogger, perhatikan dengan baik.

1. Belum Bisa Konsisten Dengan Konten

Ini kerap menjadi masalah, meski terdengar sangat simple. Konsistensi dalam mengelola blog bukanlah perkara yang mudah, butuh perjuangan untuk tetap memiliki kekuatan dalam mengisi blog Anda. Yang sering terjadi adalah, kita seperti memiliki energi yang berlebih ketika masa membangun blog. Sehingga kita mampu membuat artikel atau memposting artikel pada blog kita setiap hari.

Namun ketika blog sudah berjalan beberapa bulan, rasa malas mulai datang, ditambah lagi dengan visitor yang tak kunjung datang. Ini artinya Anda belum bisa konsisten pada konten, padahal konsistensi konten itu sangat penting dalam masa membangun blog.

Artikel lain: 5 Tips Sukses Untuk Menjadi Blogger Paruh Waktu

2. Ketergantungan Dengan Pekerjaan Offline Masih Tinggi

Ketergantungan pada pekerjaan offline ini maksudnya adalah, kebutuhan hidup Anda masih bergantung sekali pada pendapatan dari pekerjaan offline. Keadaan seperti ini jika Anda terlalu memaksakan diri untuk menjadi seorang full time blogger, tentu akan sangat riskan.

Terlalu besar yang Anda pertaruhkan jika Anda memaksakan menjadi full time blogger karena Anda masih sangat membutuhkan pendapatan dari pekerjaan offline. Keadaan ekonomi dan finansial Anda bisa kacau jika dalam keadaan seperti ini Anda memaksakan diri.

3. Penghasilan Dari Blog Belum Stabil

Memiliki blog yang bisa menghasilkan uang membutuhkan proses yang tidak mudah. Masing-masing orang berbeda-beda, ada beberapa orang yang tak memerlukan waktu lama untuk menghasilkan uang dari blog. Namun tidak sedikit yang membutuhkan waktu lama, bahkan sampai bertahun-tahun untuk bisa menghasilkan uang dari blog.

Dan, ketika sudah bisa menghasilkan uang dari blog, untuk mencapai pada tahap yang stabil juga butuh proses. Maka dari itu, jika Anda belum bisa mendapatkan penghasilan yang stabil dari blog, saya sarankan jangan dulu menjadi full time blogger.




4. Kesulitan Dalam Mengatur Waktu

Waktu sering menjadi masalah besar bagi para pekerja online, terutama bagi seorang Blogger. Jika Anda belum bisa mengatur waktu dengan baik, maka sebaiknya hindari dulu keinginan untuk menjadi full time blogger. Menjadi seorang blogger akan menyita banyak waktu Anda, makanya Anda harus mampu membagi waktu dengan benar.

Terutama bagi Anda yang masih sekolah, kuliah, atau Anda yang sudah berkeluarga. Anda harus mampu membagi waktu antara mengurus blog, belajar untuk Anda yang masih sekolah, dan waktu untuk keluarga jika Anda sudah berkeluarga. Ditambah lagi membagi waktu untuk sosial kemasyarakatan Anda karena Anda adalah makhluk sosial juga yang harus bermasyarakat.

Baca juga: 4 Hal yang Seringkali Menjadi Tujuan Seseorang Ngeblog

5. Penghasilan Dari Blog Belum Mencukupi Kebutuhan Hidup

Ini juga penting, meski penghasilan Anda dari blog sudah stabil, tapi nyatanya belum bisa mencukupi kebutuhan hidup Anda, maka sebaiknya Anda harus tetap mencari pemasukan dari tempat lain. Jadikan saja aktivitas #blogging Anda sebagai pekerjaan sampingan untuk menambah pemasukan utama Anda.

Sabar dan terus jalani proses blogging Anda, jangan terburu nafsu untuk mengejar status full time blogger, karena jika Anda sampai salah mengambil keputusan, sama halnya Anda menghancurkan hidup Anda sendiri.



10 total comments on this postSubmit yours
  1. ingin juga fulltime blogger, tapi ya masih sangat jauh dari itu-_-

  2. Jika dirasa penghasilan blog sudah lumayan, knp tidak? :)

    Salam,
    Nur kholis

  3. Benar benar seperti keadaan saya , ingin rasanya menjadi seorang full time blogger tetapi masih menggantungkan penghasilan dari offline karena online yg belum pasti dan stabil

  4. point 2 dan 5 memang yang bener2 menjadi faktor utama yang selalu menghalangi fulltime blogger. saya juga masih tergantung dengan pekerjaan offline,,,jadi menjadi blogger mengalir saja namun serius

  5. rasa rasanya saya memenuhi beberapa faktor itu..hmmm..penghasilan memang menjadi satu momok tersendiri untuk blogger..walaupun dalam hati semangat berapi2 terlebih setelah melihat hasil yang diperoleh Linda Ikeji maupun Eka Lesmana..tapi kenyataanlah yang berbicara..hmm.. :(

  6. kalau saya berkecimpung di internet ini buat cari modal, hasil dari internet dikumpulin buat usaha konvensional, karena jadi blogger kurang bersosial, kebanyakan didepan komputer. jadi buat sampingan saja, berharap dari sampingan juga tetap besar. meskipun kata para suhu sulit fokus kalau tidak jadi full time blogger.

  7. Wow, arrtikelnya membuka mata baget ya.

    Sayang banget 2 komentar sangat masih “pesimis”.

    Kayaknya melewatkan kata “konsisten”.

    Website ini jadi standart untuk dilewati suatu hari nanti.

    Terimakasih artikelnya.
    Mauliate

  8. Memang benar mas, banyak blogger yang belum yakin jika bisnis online itu sangat menjanjikan. :)

  9. Memang iya mas, namun bagi saya yang saat ini sebagai full time blogger pun mengalami rintangan dan cobaan. Sampai saya cukup stress setiap hari harus memposting artikel.

    Ada saran gan dari Mas marikson

  10. it’s all of me..
    pv banyak adalah salah satu penyemangat buat ngeblog, tapi apa daya pv masih bertahan diangka 100-200/day, earn 0.01 kapan mau jadi fulltime blogger, buat beli kuaci aja gak cukup :D
    tulisan pemula seperti saya tenggelam jauh di SE, karena rata-rata niche blog dan IM sudah dikontrak blog dan web besar, seperti MxM ini contohnya.. :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud