Culik Ide Dari 5 Startup Unik dan Nyentrik Berikut Ini Jika Ingin Kembangkan Usaha Mandiri

ide startup

Image dari Startupist.com

Seperti yang telah banyak diperkirakan oleh pengamat usaha dan entrepreneur, bahwa dalam beberapa tahun mendatang termasuk tahun ini merupakan waktu yang sangat tepat untuk mengembangkan startup atau perusahaan rintisan. Banyak sekali para pengusaha pemula atau yang masih berstatus sebagai pelajar, memilih untuk mengembangkan startup sebagai wujud aktualisasi diri utamanya dalam bidang bisnis.

Oleh karena banyak sekali yang mendirikan #startup, persaingan di bidang ini pun juga menjadi hal yang sangat wajar. Bahkan tidak sedikit startup yang muncul dengan ide serupa atau mungkin sama persis antara satu dengan yang lain. Inilah alasan mengapa ketika seseorang ingin mendirikan sebuah startup harus didasari ide startup original terlebih dahulu. Paling tidak ide tersebut merupakan pemikiran yang lahir sebagai solusi akan sebuah masalah.

Dan jika Anda sedang berada pada masa pendirian startup,  ide dari 5 startup unik berikut ini mungkin bisa mencari referensi yang tepat.

1. JKMorning

Image dari Twitter.com

Image dari Twitter.com

Pada urutan pertama, ada sebuah startup dari negeri matahari terbit Jepang bernama JKMorning. Yang unik dari startup ini adalah menyediakan jasa untuk membangunkan seseorang. Meski terdengar unik, namun mungkin sebagian dari kita merasa ini merupakan hal yang biasa saja.




Namun, ternyata tidak hanya membangunkan orang, startup yang menyasar target market kaum pria ini, memberikan pelayanan untuk membangunkan para pria di pagi hari menggunakan jasa para gadis remaja.

Artikel lain: Inilah 4 Ide Startup di Indonesia yang Masih Jarang Terjamah, Cobalah!

Tentunya hal ini bisa membuat hari para pria tersebut menjadi ceria bahkan berimajinasi layaknya memiliki pasangan. Jadi, untuk para jomblo yang ingin memiliki pasangan, tentu startup ini menjadi pilihan yang sangat menarik bukan.

2. ParkCirca

Image dari Juggernart.com

Image dari Juggernart.com

Jika ide startup pertama masih Anda rasa kurang tepat, startup kedua bernama ParkCirca ini mungkin bisa menjadi solusi. Startup ini secara umum memberikan layanan pencarian lahan parkir. Masalah parkir memang sudah menjadi  problematika tersendiri di kawasan kota besar atau yang padat penduduk. Tak jarang bahkan kita harus menghabiskan waktu yang cukup lama hanya untuk mencari tempat parkir mobil.




Akhirnya muncul ide dari pengembang ParkCirca, yang mengkombinasikan antara pencarian lahan parkir dengan orang yang mempunyai lahan kosong untuk dijadikan tempat parkir. Jadi nantinya startup ini bekerja sama dengan dua pihak yakni pemilik lahan parkir, bisa berupa bahan kosong, halaman rumah, atau lokasi lain yang sekiranya bisa digunakan untuk memarkir mobil, dan pencari tempat parkir.

Kemudian para pencari parkir tinggal mengakses aplikasi untuk mengetahui lahan parkir yang sesuai dengan tempat yang ingin dituju. Dari itu akan dihubungkan dengan pemilik lahan yang tentunya akan mendapatkan sejumlah fee untuk lahan yang dipakai.

3. Bistip

Image dari Ayopreneur.com

Image dari Ayopreneur.com

Kali ini ada startup kreatif asli Indonesia yang bernama Bistip. Bistip yang merupakan singkatan dari “bisa titip”, menawarkan layanan kepada konsumen yang ingin membeli barang di luar negeri tetapi tidak bisa membelinya sendiri.

Jadi nantinya, startup ini akan menghubungkan seseorang yang sedang berpergian ke luar negeri dengan orang yang membutuhkan jasa untuk membeli sebuah barang di negara tertentu. Dari situ, ketika ada seorang pelancong yang pergi ke sebuah negara dan bersedia untuk dititipi pembelian barang, secara otomatis akan dihubungkan dengan sang penitip.

Dari situ, kesepakatan harga bisa didiskusikan antara orang yang membeli barang dengan orang yang dititipi. Ketika sudah terjadi kesepakatan, nantinya pengambilan barang dan pembayaran bisa dilakukan setibanya pembeli di Indonesia.

4. Manabo

Image dari Edtechreview.in

Image dari Edtechreview.in

Jika yang rekan-rekan tekuni adalah bidang pendidikan, maka ide startup yang ditawarkan oleh developer asal Jepang, Manabo ini mungkin bisa mencari inspirasi. Manabo menjadi salah satu penyedia sarana belajar digital yang dapat memberikan layanan tutorial atau guru pembimbing bagi para siswa yang akan mengikuti ujian masuk sekolah menengah atau universitas.

Dalam bentuk layanan aplikasi, kelebihan dari Manabo adalah memberikan fleksibilitas belajar bagi para pemakainya. Karena nantinya pengakses Manabo tidak terikat waktu tertentu ketika ingin belajar menggunakan layanan Manabo. Mereka bisa memilih sendiri kapan waktu serta materi mana saja yang ingin dipelajari. Selain itu, terdapat juga pilihan tutor yang sangat beragam dan bisa dipilih langsung oleh siswa.

Menariknya lagi, tidak hanya interaksi pembelajaran satu arah, Manabo juga menyediakan banyak media belajar lain seperti pesan teks, video chat hingga papan tulis virtual yang terdapat pada aplikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran. Karena variasi inilah, banyak siswa yang memilih Manabo karena dinilai lebih fleksibel dan menyenangkan.

5. ReserveASpotInHeaven

Image dari Dougduncan.info

Image dari Dougduncan.info

Bagi Anda yang memiliki karakter berbeda dengan yang lain, mungkin startup nyentrik yang satu ini bisa memberi pandangan lain dalam memulai sebuah bisnis. Bagaimana tidak startup Reserveaspotinheaven, menyediakan layanan untuk pemesanan tempat di surga. Wow!

Startup ini menyediakan produk yang diberi nama “Essential Travel Kit”, yang dapat menjamin nantinya  pemesan bisa mendapatkan satu tempat nyaman di surga. Lebih unik lagi karena konsumen juga akan mendapatkan sertifikat khusus, “boarding pass” menuju surga hingga instruksi agar mereka tidak terkejut ketika berada di surga nanti.

Baca juga: Validasi Ide Startup Anda Dengan Cara Ini

Tentu terdengar sangat aneh bahkan tidak masuk akal. Selain itu, startup ini juga sangat kontroversial dan dinilai justru mempermainkan kekuasaan Tuhan yang menjadi satu satunya yang dapat mengatur kehidupan manusia paska tiada.

Namun lebih dari itu, mungkin kita tidak harus sepenuhnya menerapkan konsep serupa yang nantinya justru akan menimbulkan kontroversi. Yang bisa dipelajari adalah, kreativitas dalam mengolah ide yang lain daripada yang lain. Pun pada kenyataannya, masih sangat banyak ide startup yang bisa kita gali dari permasalahan sehari-hari.

Bagaimana tertarik menerapkan salah satu ide startup di atas?

Artikel ini adalah hasil kolaborasi dengan tim iPrice



7 total comments on this postSubmit yours
  1. boleh juga idenya sekalipun lumayan nyeleneh

  2. Saya biasa bangun shubuh jam 3.00 setiap pagi….alangkah bahagianya jika yang membangunkan suara perempuan yang merdu jadi punya energi untuk memulai aktifitas mencari rejeki he3

  3. Wah, yang terakhir memang kontroversi banget. Definisi surga setiap agama kan biasanya berbeda.

  4. Itu yang terakhir, emang dia punya orang dalem? Hahahaha

    • Sepertinya udah punya lapak di Surga pak hahaha.

  5. Seandainya No.3 bisa dipakai buat orang yang udah pakai yang No.5

  6. Wkwkwk yang nomor 1 dan 5 gokil abis

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud