5 Pebisnis Online Sukses dari Indonesia, Inspirasi Untuk Anda!

Pebisnis-Online-Sukses-dari-Indonesia

Sebenarnya kita tidak perlu heran lagi dengan judul ini, karena sudah banyak kisah pengusaha yang sukses dari bisnis online. Tahukah Anda bahwa bisnis online di Indonesia sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, dan ada banyak pelopor yang telah membuka jalan dan ide-ide baru bagi kita.

Mereka yang sukses ini bahkan sudah merintis sejak tahun 90-an, wow! Pada saat itu mungkin internet belumlah terlalu diminati atau memang belum begitu dipahami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, tidak seperti sekarang ini.

Penasaran dengan daftar pebisnis online sukses asal Indonesia? Berikut saya sebutkan 5 diantaranya, semoga menginspirasi Anda ya!

Ini Dia Pebisnis Online Sukses Asal Indonesia

1. Hendrik Tio

Hendrik Tio adalah pendiri dan pemilik toko online yang sangat dikenal yakni Bhinneka.com. Tahukah Anda situs ini telah berdiri sejak tahun 1999? Sekarang toko tersebut bahkan bisa mengantongi omset mencapai 60 milyar setiap tahunnya.

Modal awal yang dikeluarkan oleh Hendrik Tio pada awalnya adalah sekitar Rp 100 juta. Fantastis, bukan? Pekerjaan Hendrik Tio selama satu dekade lebih ini tidak sia-sia.

Baca kisahnya: Hendrik Tio – Pendiri Bhinneka.com, Website Ecommerce Terbesar Di Indonesia

2. Anne Ahira

Anne Ahira adalah salah satu nama yang cukup mengundang kontroversi di ranah Internet marketing. Hal ini dikarenakan ada beberapa orang yang berujar bahwa Anne Ahira adalah seorang penipu dan meragukannya sebagai seorang pebisnis online.

Wanita yang lahir di Bandung ini memulai bisnis online-nya sejak tahun 2001 dan pada tahun 2005 dia mendirikan AsianBrain.com, yakni sekolah Internet Marketing yang dilakukan secara online. AsiaBrain.com sendiri memiliki banyak anggota dari seluruh Indonesia. FYI, Anne Ahira pernah diundang oleh pemerintah untuk mewakili Indonesia sebagai pembicara APEC pada tahun 2007.

Baca kisahnya: Anne Ahira – Pendiri Asian Brain Internet Marketing Indonesia

3. Andrew Darwis

Siapa tidak kenal Andrew Darwis dengan Kaskus.co.id yang merupakan situs komunitas paling besar di Indonesia. Masih muda dan bertalenta, Andrew Darwis merupakan pelopor Kaskus.co.id, luar biasa.

Baca kisahnya: Andrew Darwis, Pendiri Kaskus.co.id

4. Budiono Darsono

Budiono Darsono bisa dikatakan sebagai pelopor pendiri situs berita online pertama yang ada di Indonesia, yakni Detik.com. Siapa yang tidak mengenal Detik.com sekarang, sebagai salah satu portal berita terbesar di Indonesia?

Situs tersebut awalnya didirikan karena majalah Detik dibredel oleh pihak pemerintah Orde Baru karena dianggap berlawanan arus dengan pemerintah. Sementara itu, regulasi pemerintah mengenai media Internet belum banyak.

Baca kisahnya: Budiono Darsono ~ Pendiri Detik.com, Media Online Terbesar di Indonesia

5. Rudi Salim

Diawali dari bisnis pembiayaan transaksi penjualan online, Rudi Salim pun aktif di bisnis online khususnya di bidang game online. Usahanya berbuah hasil fantastis dengan didirikannya delapan cabang yang ada di delapan kota dengan omset 1,3 milyar per bulan. Tahukah Anda bahwa demi bisnis ini, Rudi harus mengorbankan kuliah, mobil dan bisnis karaoke milik keluarganya.

Baca kisahnya: Rudi Salim, Sukses Bangun Bisnis Unik Berkonsep Kredit Online

6. Suwandi Chow

Suwandi Chow adalah salah satu pebisnis online sukses Indonesia yakni bergerak di bidang konsultan website dan copywriting – yang sering membagikan berbagai informasi penting mengenai Internet Marketing. Dia juga sering menjadi pembicara di berbagai seminar dari eProfitMatrix.com, Underground Seminar di Indonesia dan juga berprofesi sebagai live translator bahasa Inggris ke Indonesia di berbagai acara Internet Marketing.

7. Habibie Afsyah

Meski memiliki keterbatasan fisik (difabel), Habibie Afsyah sukses berbisnis online lewat afiliasi Amazon.com. Sekarang Habibie dikenal sebagai tokoh bisnis online dan sering menjadi trainer dan telah menerbitkan buku. Habibie juga sukses memproduksi produk kuliner unik dengan brand sendiri, yaitu Mbah Sukun.

Baca kisahnya: Habibie Afsyah, Penyandang Difabel Yang Sukses di Internet Marketing

Selain nama-nama di atas, sebenarnya ada banyak sekali pebisnis online Indonesia yang sudah mengecap sukses dari usaha mereka di dunia maya. Beberapa nama yang disebutkan di atas hanya segelintir saja, mereka berasal dari beberapa latar belakang yang berbeda dan bahkan ada yang punya keterbatasan fisik. Mereka adalah pelopor dan menjadi tokoh dalam dunia bisnis online di Indonesia.

Dalam bisnis online, salah satu hal mutlak yang dibutuhkan adalah ketekunan – tidak langsung sukses sekarang, mungkin di masa depan. Ada banyak cara dan bidang yang bisa Anda tempuh sebagaimana contoh-contoh yang telah disebutkan di atas, mereka punya keahliah dan mau belajar di bidang masing-masing.

Bisnis online sangat luas cakupannya, yang penting kita masih mampu menghasilkan banyak ide kreatif dan mengeksekusi ide tersebut. Buat rencana yang jelas dan tekuni dengan sabar, pasti akan berhasil suatu saat nanti. Semoga artikel ini menginspirasi!

Marikxon

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

31 pemikiran pada “5 Pebisnis Online Sukses dari Indonesia, Inspirasi Untuk Anda!”

  1. dulu entah berapa tahun yang lalu saya baca artikel ini baru awal awal belajar Internet marketing nggak kepikiran bakalan bener bisa menghasilkan…
    sekarang nggak sengaja baca lagi alhamdulillah udah punya 2 karyawan…
    tulisan yang sungguh kuat…
    sukses terus buat marikson, salam hormat

    Balas
  2. Terimakasih untuk ulasannya mas Marikson, persaingan bisnis online memang semakin ketat,sehingga memunculkan jawara-jawara online yang di ular mas Marikson…artikle nya menginspirasi untuk lebih fokus di online.
    sukses untuk mas Marikson dan juga pengunjung artikel di sini.

    Balas
  3. yeeaaa ada andre darwis, panutan gw banget nih. semoga gw bisa kaya mereka semua. amiiinnnn

    Balas
  4. Meskipun Anne Ahira gak begitu saya kenal, tapi pernah baca blog dia dan tulisannya enak dibaca, jadinya lebih suka dia. Kalo Andrew Darwis bagus juga, cuman sepertinya sekarang Kaskus sepertinya lebih ‘semak’ dengan berbagai macam fitur yang ditawarkan, mungkin karena takut ketinggalan ya?

    Balas
  5. benar-benar sangat menginspirasi. Mereka meraih itu semua berkat kerja keras, cucuran keringat, tangis yang akhirnya menjadi tawa. Tidak ada kerja keras yang bakal menipu hasil, lebih keras usaha yang dilakukan, lebih banyak juga hasil yang bakal di tuai.

    ibarat menanam pupuk mawar, jika kita terus menyiraminya, maka hasil yang akan kita dapatkan begitu indah di kemudian hari.

    Balas
  6. wah… ini manfaat banget, sangat manfaat. Bisnis Online memang lagi booming sekarang, dan sekarang emang zamannya dunia digital. Tapi sayangnya belum banyak yang sadar dan mampu mengelola bisnis online baik. Semoga pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin maju krn pengusaha online..

    Balas
    • Maaf.. tapi setahu saya Anne Ahira dari keluarga yang tidak mampu. dan beliau berjuang dari kecil dengan cara membantu orang tuanya jualan pisang goreng. kalau tidak, buka saja artikel tentang beliau.

      Balas
  7. marixon kok gak masuk di atas sini mas??
    masukin geh itu lo jugfa salah satu orang sukses

    Balas
  8. Salut saya sama orang-orang diatas.. semoga saya bisa mengikuti jejak mereka dengan belajar tentang bisnis online dari website maxmanroe ini hehehe…

    Balas
  9. sangat menginspirasi, mereka sukses karena hasil kerja keras dan semangat kerja mereka yang tinggi

    Balas
  10. isinya memang orang-oraang hebat, mungkin mereka punya ilmu dan pengalaman juga :)

    semoga saja saya juga bisa seperti mereka :)

    Balas
  11. satu lagi pebisnis online top indonesia namanya Marikxon Manurung seharusnya masuk dalam daftar ini. masih jarang orang yg tahu tentang tokoh ini

    Balas
  12. Informasi tentang pebisnis online terkemuka dan sudah jadi pelopor bisnis online di Indonesia, sangat memberikan motivasi kepada saya untuk lebih banyak belajar lagi.
    Terima kasih

    Balas
  13. Keren penghasilanya tinggi mudah-mudahan saya juga bisa seperti mereka.amin.

    Balas
  14. informasi yang sangat inspiratif, membuat kita semakin yakin atas bisnis online yang bisa membuat kehidupan lebih baik, ditunggu update kisah sukses lainnya ya mas

    Balas
  15. Wah artikelnya ini sangat memotifasi saya gan, apa lagi yang habibi sebagai orang yang memiliki kekurangan di abnding dengan orang rata-rata yg normal tetapi bisa sukses di bidang internet marketing, sangat-sangat luar biasa
    thanks banget gan sharing ilmunya

    Balas
  16. Saya sudah baca tentang kisah perjuangan Anne Ahira dan Habibie Afsyah hingga sukses di bisnis online. Kisah keduanya sangat luar biasa dan menjadi inspirasi buat saya.

    Balas
  17. Makasih mas share infonya. semakin memacu untuk ikut sukses.
    sesukes anda juga mas…ditunggu terus tulisan inspiratif n tipsnya.

    Balas
  18. di update yg terbaru om..seperti tokopedia.com terus tiket.com..masuk ngga kriterianya??

    Balas
    • Sebenarnya banyak banget pebisnis online Indonesia yang sukes, tapi postingan ini lebih terfokus pada para pionir. Nanti akan diupdate, thank you masukannya :)

      Balas
      • Saya salut dengan dengan website mas Marikson…hampir banyak kata kunci dia kuasai…bagi tipsnya dong supaya bisa juga punya penghasilan online…hhehehehe…

        Balas

Tinggalkan Balasan