5 Langkah Mempermudah Proses Penyesuaian Diri Dalam Lingkungan Kerja Baru

menyesuaikan diri di lingkungan kerja baru

Image dari USnews.com

Ketika Anda memasuki dunia kerja dan lingkungan kerja baru, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Tentu saja ini terkait erat dengan penyesuaian diri Anda pada lingkungan baru. Akan menjadi masalah jika Anda tidak mampu segera menyesuaikan diri dalam lingkungan kerja yang baru. Ketika proses penyesuaian diri tidak berjalan dengan baik, maka akan sangat mengganggu kinerja Anda di tempat kerja baru Anda.

Dalam proses penyesuaian diri ini, ada beberapa hal yang sangat krusial dan perlu Anda ketahui. Ini lebih kepada bagaimana Anda menjalin sebuah komunikasi yang intens namun tidak berlebihan, sehingga akan membawa Anda ke dalam keadaan yang nyaman dan menikmati proses itu. Perhatikan beberapa poin di bawah ini.

1. Jangan Mengisolasi Diri di Lingkungan Kerja Baru

Sebagai seorang yang masih baru di lingkungan kerja, tidak ada cara yang lebih bagus dalam menjalin komunikasi kecuali dengan rajin bersosialisasi. Jangan menjadi orang yang mengisolasi diri meski Anda masih baru. Misalnya Anda terlalu pendiam, ini sangat tidak bagus.

Dalam bekerja, tentu saja Anda tidak akan bisa menjalankan semuanya sendiri. Karena dalam sebuah lingkungan kerja baru, pasti ada keterhubungan antara pekerjaan satu dengan pekerjaan lainnya. Kerjasama sangatlah penting di sini, bagaimana mau bekerjasama dengan baik jika Anda sendiri kurang bersosialisasi dengan teman kerja Anda. Mungkin ada sedikit rasa kikuk karena masih baru, namun jangan sampai rasa itu mengganggu profesionalitas kerja Anda.

Artikel lain: 10 Tips Cara Jadi Rockstar di Kantor, Coba Deh!




2. Jangan Sok Dekat Pada Rekan Kerja, Berinteraksilah Sewajarnya

Ini sebenarnya adalah kebalikan poin pertama. Menjadi orang pendiam memang buruk, namun menjadi orang yang terlalu agresif pada rekan kerja bisa memperburuk suasana. Artinya sebagai seorang yang masih baru di lingkungan kerja, Anda tidak perlu juga sok kenal dan sok akrab pada rekan kerja. Apalagi jika Anda berlagak seperti ingin membuat suasana asik, atau mencoba melucu, padahal Anda masih belum genap seminggu di tempat kerja baru.

Jika Anda terlalu aktif seperti itu, maka rekan kerja yang lain akan menganggap Anda seperti orang yang ingin mencari perhatian. Dan, suasana seperti ini sangat tidak baik untuk Anda sebagai seorang karyawan yang masih baru di lingkungan kerja.

3. Lebih Baik Bertanya Jika Tidak Tahu, Tidak Perlu Sok Tahu

Kadang, ada beberapa orang yang demi untuk bisa mendekat dengan orang lain mereka menjadi seorang yang sok mengetahui segala hal. Padahal ini sangat buruk, di manapun ligkungannya, sok tahu bukanlah sesuatu yang positif, apalagi dalam lingkungan kerja baru. Lebih baik diam dari pada menjadi orang yang sok tahu, selain berakibat buruk pada penilaian sikap Anda, juga akan buruk pada pekerjaan Anda sendiri.

Sebagai seorang yang baru, tentu Anda belum mengetahui segala hal terkait pekerjaan. Terkait pekerjaan sangatlah penting, jangan asal melakukan pekerjaan yang Anda tidak mengetahuinya. Lebih baik tanyakan atau konsultasikan dulu jika Anda tidak jelas atau kurang memahami pekerjaan Anda.

4. Jangan Lupa Mencatat, Jangan Mengandalkan Ingatan Saja

Ini berhubungan erat dengan job desk pekerjaan Anda sendiri, jika mungkin ada beberapa hal yang belum Anda pahami kemudian Anda tanyakan pada senior, maka catatlah. Jangan hanya mengandalkan ingatan saja, karena jika Anda sedang fokus pada hal lain maka kemungkinan lupa akan sangat tinggi.




Mungkin Anda bisa bertanya pada senior atau atasan lagi jika Anda lupa, namun perlu Anda sadari bahwa bertanya berulang-ulang pada masalah yang sama, hanya akan membuat senior dan atasan jengkel. Hal itu sebenarnya menunjukkan bahwa Anda kurang fokus dan tidak #profesional terhadap pekerjaan Anda. Jika hal ini terjadi, maka Anda akan mendapat penilaian buruk baik dari senior maupun dari atasan.

Baca juga: Tips Bekerja Dengan Rekan Kerja Yang “Bermuka Dua”

5. Fokus Pada Pekerjaan Saja Dulu, Jangan Pada Hal Lain

Sebagai seorang yang masih baru, hendaknya tidak usah berpikir pada hal lain terlebih dahulu. Fokus saja pada pekerjaan agar Anda bisa memaksimalkan job desk yang diberikan perusahaan pada Anda.

#Promosi mungkin sangat Anda butuhkan suatu saat nanti, namun untuk saat ini sebaiknya jangan dipikirkan dulu, lebih baik maksimalkan kerja Anda. Dengan bekerja dengan maksimal, promosi karir Anda tentu akan datang dengan sendirinya kepada Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud